Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Semangat Ku

Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Berbuka Puasa

Kuliner | Thursday, 28 Jul 2022, 11:40 WIB

Yang di tunggu saat bulan suci ramadhan tiba adalah makanan spesial dan langka yang kita tidak temukan di bulan lainnya. Bukan karena sulit di dapat, namun makanan spesial bulan puasa hanya di buat dan cocok di sajikan ya saat bulan puasa ini. Makanan seperti kolak, kolang - kaling,dan kicak contohnya,yang paling cocok dan nampol jika di makan saat berbuka puasa.. Selain itu, seribu satu macam menu makanan lain di bulan spesial ini hanya muncul terjadi satu tahun sekali.

Makanan yang cocok untuk buka puasa ada banyak yang bisa kita masak dan olah. Bagi yang suka jajan, tentu berburu makanan berbuka jadi hobi baru tuh selama bulan puasa. Menunggu waktu berbuka memang pas buat pergi ngabuburit atau hangout bersama teman atau keluarga. Istilah ngabuburit sendiri, merupakan kata yang di ambil dari Bahasa Sunda yang artinya menunggu magrib atau menunggu buka puasa.

Istilah ngabuburit ini hanya ada saat bulan ramadhan saja. Namun selain istilah ngabuburit, ada juga bukber yang merupakan kepanjangan dari buka bersama. Buka bersama alias makan bersama di temani kuliner enak memang nyenengin banget. Gak heran ya mengapa bulan puasa selalu di tunggu setiap tahunnya.

Kuliner apa saja yang mungkin cocok buat buka puasa kamu? Bosan dengan yang biasa kamu bisa mencoba kuliner yang baru. Tapi yakin kamu mau melewatkan kuliner yang cuma hadir saat bulan puasa ini? Walaupun cuman kolak, namun setahun ini kamu bakalan kangen makan penganan itu jika kamu melewatkannya.

Lalu apa makanan buka puasa yang mungkin kamu belum pernah nyoba di bulan puasa ini, yuk kita intip makanan yang cocok untuk buka puasa di bawah ini menurut Tiarway.com . Makanan yang biasa kita jumpai di bulan lainnya tak berasa spesial, lain halnya jika kita memakannya pas saat berbuka dari seharian menahan lapar, apalagi makanan yang jarang kita makan.

1. Kolak Pisang Candil

Kamu sudah tidak asing dengan menu sejuta umat di bulan puasa ini. Namanya kolak pisang candil. Penganan yang terbuat dari pisang dan candil dengan kuah santan dan gula merah yang manis, bikin acara puasa kamu komplit.

Jika melewatkan makanan satu ini, tentunya serasa ada yang kurang, ya.

Makan kolak pisang paling cocok saat berbuka, apalagi kolak pisang yang merupakan buatan rumah atau buatan mama kamu. Jika kamu ingin kolak pisangmu spesial, kamu bisa menambahkn pelengkap yang spesial yang bikin kolak pisangmu jadi nampol. Contohnya, sagu mutiara, kolang kaling atau labu. Di jamin super sedap!

2. Manisan kolang - kaling

Kolang - kaling selalu laris di bulan puasa. Makanan yang berasal dari buah kolang - kaling ini begitu melimpah ruah pada bulan puasa saja. Kolang -kaling sering di olah menjadi campuran es buah, kolak, atau di jadikan manisan.

Manisan kolang - kaling ini bisa di bilang menu wajib yang harus ada di bulan puasa. Paling menyegarkan makan manisan di saat berbuka. Tak hanya buat berbuka puasa, kolang - kaling di daerah Jakarta khususnya masyarakat Betawi mempunyai tradisi untuk membuat manisan kolang -kaling untuk lebaran.

3. Kicak

Kicak merupakan penganan khas Yogyakarta yang juga spesial ada di bulan ramadhan. Makanan tradisional yang berbahan utama ketan ini mempunyai rasa manis yang gurih karena di tambah parutan kelapa. Kuliner ini bisa di sebut jajanan pasar yang tak lekang oleh waktu. Selalu di buru tak hanya saat ramadhan saja lho. Paling cocok makan kicak saat berbuka puasa di temani teh manis hangat.

4. Bubur Sumsum

Berbuka dengan makanan yang manis memang di sunnahkan, apalagi banyak makanan manis yang bisa kita olah atau beli di saat bulan puasa. Tak perlu bingung dengan mau berbuka apa hari ini, karena ada banyak olahan penganan manis di saat bulan puasa. Salah satunya, bubur sumsum. Bubur sumsum terkenal biasa di makan saat berbuka puasa. Bubur manis ini terbuat dari bahan utama tepung beras dan santan yang di olah menjadi bubur.

Cara membuatnya mudah. Kedua bahan tersebut di godok hingga mengental membentuk bubur. Dengan kuah kinca gula merah dan santan kelapa, bubur sumsum siap di sajikan. Di makan hangat saat berbuka tentu cocok dan nikmat.

5. Mie Glosor

Kuliner asal Bogor yang menggugah selera. Menu favorit yang cocok saat berbuka dan spesial hanya ada di bulan ramadhan. Mie glosor terbuat dari mie kuning yang di olah dan di masak dengan potongan kol. Paling nikmat makan mie ini dengan tambahan sambal kacang yang pedas dan gurih. Selain itu, sebagai pelengkap, mie glosor bisa di temani gorengan bakwan yang garing dan renyah.

6. Pakat

Makanan asal Medan yang bisa di temui di kota Medan. Kuliner khas Tapanuli yang bahan olahannya yang unik, yaitu dari rotan muda. Rotan muda ini di bumbui balado atau di bakar terlebih dahulu sebelum di masak dengan santan. Pakat cocok di makan saat berbuka sebagai ta’jil sebelum kamu makan berat seperti nasi dan lainnya.

7. Bongko Kopyor

Bongko kopyor merupakan makanan ta’jil yang manis. Khas dari kota Gresik, bongko kopyor ini juga mudah di temukan saat bulan puasa. Di sajikan di atas daun pisang, kamu bisa menikmati kuliner ini saat berbuka puasa dengan isian yang lengkap. Daging kelapa muda yang gurih, potongan nangka dan roti tawar yang gereges di mulut. Nikmat!

8. Ketan Bintul

Penyuka ketan wajib mencoba ketan yang satu ini. Ketan bintul namanya. Olahan ketan dengan serundeng ini merupakan kuliner khas Serang Banten asalnya, namun juga banyak di temui di berbagai daerah lainnya dengan nama yang berbeda. Gurih dan asin dari ketan dan serundeng menyatu di mulut. Cocok untuk berbuka puasa dan mengenyangkan pastinya.

9. Sate Susu

Penggemar sate bisa mencoba makan sate susu yang merupakan makanan khas puasa dari Bali. Makanan ini merupakan favorit saat bulan puasa tiba. Olahan sate susu ini terbuat dari daging bagian susu sapi yang di bumbui dengan bumbu khas Bali. Gurih dan lezat.

Penyuka sate tak melulu harus makan sate ayam atau kambing, kamu wajib mencoba sate gurih yang satu ini. Tentunya tak perlu ke Bali. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep yang ada. Di Bali, sate susu ini bisa di jumpai di pasar kaget atau pinggir jalan saat menjelang berbuka puasa tiba.

10. Bubur Manado

Sesuai dengan namanya, bubur ini berasal dari khas Manado. Namun kamu juga bisa menjumpainya di banyak daerah karena kepopulernya membuat bubur Manado sudah merambah ke mana-mana. Dengan ciri khasnya, bubur Manado berbeda dengan di banding bubur lainnya. Ia merupakan olahan bubur jagung yang di lengkapi berbagai jenis sayuran yang komplit. Selain bergizi, tentunya menu yang satu ini merupakan santapan lezat yang cocok di jadikan menu berbuka puasa.

11. Kurma

Kurma tentu banyak di cari saat bulan ramadhan tiba. Tidak hanya muncul dan laris saat bulan puasa saja, kurma di cari karena selain manis juga memiliki gizi yang banyak untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Tidak hanya untuk berbuka, kurma juga cocok untuk di makan saat sahur supaya berpuasa memiliki energi yang cukup untuk keesokan harinya.

12. Kolak Biji Salak

Biji salak merupakan penganan yang juga biasanya hanya ada di bulan puasa. Makanan berupa olahan dari ubi dan tepung kanji ini di buat berbentuk biji salak dengan kuah santan dan gula merah. Salah satu menu yang mudah di masak dan seolah wajib ada saat bulan puasa. Jika bosan dengan kolak pisang, maka kolak biji salak bisa menjadi pilihan menu buka puasa berikutnya.

13. Serabi

Makanan manis seolah tak ada habisnya. Khas Jawa Barat, serabi juga merupakan penganan yang di bakar dan banyak di incar para umat berpuasa. Dengan kinca manis sekaligus varian rasa unik nan menggoda, serabi cocok jadi penganan buka puasa kamu.

14. Sop Buah

Sop buah mesti ada di menu berbuka kamu. Rasanya yang istimewa, manis dan menyegarkan barangkali menjadi alasan orang banyak memilih sop buah untuk menu berbuka. Selain buah - buahan yang segar, tambahan rumput laut, agar -agar dan susu kental manis berasa komplit banget di lidah. Cocok banget di makan setelah berpayah - payahan menahan dahaga sekaligus lapar. Dingin, segar di tenggorokan, kenyang di perut juga, deh.

15. Bubur Sagu Mutiara

Menu ta’jil selanjutnya yang cocok di makan saat berpuasa adalah bubur sagu mutiara. Sagu mutiara yang berupa butiran -butiran seperti candil kecil ini enak banget di sandingkan dengan kuah gula dan santan. Sebagai pelengkap, di tambahkan es juga menjadi tambah nikmat.

16. Es Pisang Ijo

Buat anda yang bingung bertanya - tanya, ini makanan atau minuman? Jawaban yang tepat adalah bisa keduanya. Es manisnya menyegarkan, pisang ijonya mengenyangkan. Es pisang ijo paling nampol di makan saat berbuka puasa. Pengganti kolak pisang yang sama - sama berbahan dasar pisang. Jika sudah bosan dengan kolak pisang yang biasa, maka es pisang ijo patut di coba.

Pisang berselimut dengan campuran kacang, agar -agar, sirup buah dan susu kental manis bakal sedap rasanya di tambah es serut segar. Dingin dan enak.

17. Timun Suri

Makanan yang mendadak paling di cari saat ramadhan apalagi kalau bukan timun suri. Si buah sejenis melon ini laris di buru untuk di jadikan olahan ta’jil atau makanan buka puasa. Timun suri paling cocok di jadikan campuran es campur, atau sop buah. Buah pelengkap ini merupakan buah pelengkap yang bikin makanan berasa komplit enaknya.

Makanan di atas memang cocok di makan saat bulan puasa. Tak hanya di jumpai saat bulan puasa saja, namun memang paling nikmat di santap sehabis berbuka puasa. Komplit rasanya puasamu seharian dengan kuliner khas bulan puasa di atas. Jangan lupa kamu mencicipi semuanya ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image