Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Buahnya Iman adalah Surga, Diampuni Segala Dosa, dan Dikeluarkan dari Siksa Api Neraka

Agama | Thursday, 28 Jul 2022, 06:18 WIB
Buah Iman adalah Surga, Diampuni Segala dosa, dan Dikeluarkan Siksa dari Api Neraka.

Keimanan merupakan pondasi dari semua amal, amal akan diterima oleh Allah SWT kalau disertai dengan keimanan, ternyata buah dari Iman dimasukan kedalam surga, diampuni segala dosa dan dikeluarkan dari siksa api neraka. Rasulullah SAW pernah ditanya oleh sahabat mengenai tentang Iman.

Rasulullah menjawab pertanyaan sahabat. Iman itu adalah: Iman Kepada Allah, Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah , Iman Kepada Kitab- Kitab Allah SWT, Iman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT, Iman Kepada Hari Akhir, Iman Kepada Qodo dan Qodar yang baik dan jelek. Pengertian Iman di jelaskan dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Muslim.

Iman secara bahasa Alyakinu adalah yakin atau percaya. Secara istilah membenarkan dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan. Iman satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara hati, lisan dan perbuatan. Keimanan bukan hanya dalam hati saja tetapi dibuktikan dengan lisan dan perbuatan. Contoh Iman kepada Allah SWT.

Iman kepada Allah SWT harus diyakini dengan hati bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang harus disembah dan di ibadahi, lisan mengucapkan dengan perkataan yang diperintahkan Allah SWT seperti berzikir, istighfar, dan perkataan yang baik bernilaikan ibadah dan menguatkan keimanan.

Begitu juga perbuatan harus benar-benar sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah SWT dan Rasul-Nya, seperti melaksanakan sholat, puasa, zakat, haji, umroh, berbakti kepada orang tua, membantu orang lain, bersodaqoh dan perbuatan yang diperintahkan sehingga memperkuat keimanan.

Ternyata keimanan yang di miliki oleh sesorang yang tertancap dalam hati akan berbuah surga: Rasulullah Saw bersabda” Allah akan memasukannya kedalam melalui salah satu dari delapan pintu surga mana yang dikehendakinya” . (dikeluarkan oleh Al-Bukhari (3435), dan lafaz ini miliknya, dan muslim(28) dan riwayat kedua milik Muslim).

Dalam riwayat lain: “ Barang siapa yang bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah Rasul Allah, niscaya Allah haramkan Neraka atasnya.”(dikeluarkan oleh Muslim (29)).

Hadis diatas menunjukan bahwa buah iman adalah surga bahkan bisa memasuki pintu sebelah mana saja yang dia kehendaki tanpa menyekutukannya dan mengakui Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

Orang banyak maksiat penuh dengan dosa akan diampuni oleh Allah SWT. Dikisahkan dalam Hadist Rasulullah SAW “ Dari Abbas bin Abasah Ra berkata,”Ada seseorang laki-laki datang menemui Nabi SAW orang itu telah sangat tua dan bertelekan pada tongkatnya, Ia berkata,”Waku hai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki dosa dan sering berbuat maksiat, apakah aku dapat diampuni?”beliau berkata,”Bukankah engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah?” ia menjawab,”Benar, dan aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah SWT,” Beliau berkata,” Dosa-dosa dan perbuatan maksiatmu telah diampuni.”(dikeluarkan oleh Ahmad (19432) lafaz ini miliknya, dan Ibnu Abi Duniya dalam “Husnuzh Zhon billah (144)).

Bukan saja dimasukan kedalam surga. Hadis diatas menjelaskan dosa-dosa dan maksiat yang begitu banyak maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya. Buahnya iman bukan hanya dimasukan kedalam surga dan diampuni dosanya ditambah lagi Allah SWT akan mengeluarkannya dari api neraka.

Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang di riwayatkan dari Anas bin Malik Ra bersabda,” Akan keluar dari Neraka siapa saja yang mengucapkan tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan didalam hatinya terdapat kebaikan sebesar biji jemarrut. Akan keluar dari Neraka siapa saja yang mengucapkan tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan didalam hatinya terdapat kebaikan sebesar biji gandum. Dan akan keluar dari Neraka siapa yang mengucapkan tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT, dan didalam hatinya terdapat kebaikan sebesar biji sawi”(dikeluarkan oleh al-Bukhari (44).

Dalam hadis diatas menjelaskan ketika dalam hatinya masih ada iman mengucapkan laa ilaha illallah tiada tuhan yang wajib disembah dan kebaikan sebesar biji jamarrut, biji gandum, dan biji sawi, maka akan berkesempatan dan berpeluang dikeluarkan dari api neraka.

Penjelasan-penjelasan di atas mengenai Hadis keimanan yang kokoh tidak tergoyahkan dan tidak menyekutukan Allah SWT berhak untuknya dimasukan kedalam surga, diampuni dosa dan dikeluarkan dari api neraka.

Irman Muhamad Ridwan, SHI MPdI

Guru PAI SMPN 2 Cibadak

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image