Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

Dosen Umsida Merancang Strategi Bisnis Rumah Sakit Berbasis IT

Info Terkini | Wednesday, 27 Jul 2022, 17:09 WIB

Pentingnya Perencanaan Strategi Bisnis pada Rumah Sakit, dosen magister Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Dr. Rita Ambarwati S, SE MMT CIQaR CIQnR CPHCM, adakan riset tentang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) di salah satu Rumah Sakit Muhammadiyah.

Dosen magister prodi manajemen ini menerangkan, bahwa dalam riset yang dilakukannya ini melibatkan tiga dosen dan sepuluh mahasiswa. Penelitian tersbut berlangsung selama enam bulan sejak Februari – Juli 2022.

“Riset ini merupakan riset yang didanai LPDP, namanya riset keilmuan yang melibatkan kolaborasi dosen dan tim mahasiswa dari beberapa keilmuan,” ujarnya pada Republika, Selasa (26/7).

Sebagai ketua tim riset, Rita menjelaskan bahwa tujuan riset tersebut dilakukan karena belum banyak penelitian yang membahas tentang rencana strategi SI/TI di rumah sakit. Padahal ditengah kondisi pandemi lalu yang disebabkan karena adanya Covid-19, rumah sakit dan klinik kesehatan mengalami persaingan yang tinggi.

“Pihak rumah sakit harus memiliki keunggulan bersaing dalam hal kesiapan rumah sakit, seperti memberikan layanan pasien rawat jalan dan inap secara digital, tanpa harus banyak dokumen dan berinteraksi langsung,” terangnya.

Ia menambahkan, “Riset ini menggunakan mixed methods yakni kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan survei, wawancara, observasi, dan dokumentasi,” imbuhnya.

Pada temuan risetnya, sambung Rita, “Selama ini pihak rumah sakit sudah berupaya semaksimal mungkin guna melakukan peningkatan layanan kesehatan agar dapat memiliki keunggulan bersaing, akan tetapi dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) sangat kurang baik dalam segi kuantitas dan kualitasnya,” tandasnya.

Karena itu, lanjutnya, pentingnya perencanaan strategi bisnis sistem informasi dan teknologi ini, nantinya akan dapat membantu manajemen rumah sakit agar dapat mengurangi masalah akibat keterbatasan SDM dan tingginya biaya operasional.

Ia berharap, “Rekomendasi dari hasil riset ini dapat membantu manajemen dan stake holder rumah sakit untuk menentukan renstra bisnis SI/TI sehingga dapat menjadikan rumah sakit Muhammadiyah memiliki keunggulan bersaing, sehingga mampu bersaing secara global,” pungkasnya. (Alfaro Mohammad Recoba)

*Humas Umsida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image