Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Cara Mudah Membuat Artikel untuk Kebutuhan Konten Kreator, Blogger Wajib Tahu !!!

Teknologi | Tuesday, 26 Jul 2022, 09:51 WIB

Mencari pundi-pundi rupiah di zaman digitalisasi seperti saat ini memang dapat dikatakan sangatlah mudah. Terlebih lagi bagi kamu yang mempunyai keahlian dalam dunia penulisan artikel. Untuk menghasilkan karya yang berkualitas maka kamu bisa menggunakan software Tool Spinner artikel.

Ada banyak Tool Spinner yang berhasil diciptakan developer menggunakan teknologi minimalis dan fitur yang terkini, yaitu kecerdasan buatan dengan tujuan untuk membantu pengguna agar bisa membuat konten yang lebih cepat dan unik.

Cara Membuat Artikel untuk Kebutuhan Konten Kreator

Sebagai konten kreator, maka kamu harus memiliki ide dan kreativitas yang cemerlang agar dapat menghasilkan konten yang benar-benar unik dan berguna bagi setiap para pembacanya. Salah satu konten yang tidak kalah populernya yaitu adalah artikel.

Seperti yang diketahui dalam menulis artikel harus bisa menuangkan ide gagasan pikiran serta pengalaman dari sang penulis. Artinya bahwa pesan yang disampaikan tersebut harus mempunyai tata bahasa yang tersusun secara sistematis.

Bagi kamu yang masih dalam tahapan pemula dan berkeinginan untuk menulis artikel sebagai konten kreator yang menghasilkan, maka kamu dapat mengetahui beberapa tips yang ada di bawah ini:

1.Penentuan Ide Tema dan Topik

Pada poin pertama, supaya kamu bisa menghasilkan konten kreator berupa artikel, kamu harus menentukan ide topik beserta tema yang ingin kamu buat terlebih dahulu. Penentuan ide menjadi langkah awal yang sangat penting.

Mengingat bahwa seringkali penulis kekurangan ide. Bahkan tidak merasa percaya diri dengan ide yang sudah dimilikinya. Cara termudah agar kamu bisa menemukan ide cemerlang, kamu bisa membaca maupun menonton film untuk mengasah imajinasi.

Secara tidak langsung, membaca juga bisa melatih kreativitas untuk bisa memperoleh ide tulisan yang baru. Pengguna juga bisa mencatat setiap ide yang tiba-tiba muncul, karena ide bisa datang kapanpun dan dimanapun tanpa diketahui.

Sekecil apapun ide yang kamu peroleh tersebut tetap kembangkan gagasan tersebut supaya dapat menjadi sebuah ide yang unik dan menarik. Melalui ide kecil yang kamu peroleh tersebut bisa diolah dan dikembangkan melalui ide kreativitas yang kamu miliki.

2.Penyusunan Kerangka Artikel

Penyusunan kerangka artikel dapat dilakukan bagi pemula kerangka artikel itu sendiri bisa membantu setiap menulis agar dapat mengetahui garis besar dari apa yang sudah ditulisnya. Tidak hanya itu saja, penyusunan kerangka artikel juga mempunyai fungsi supaya penulis tidak hilang arah.

Dengan begitu, ketika penulis berhenti di tengah jalan, maka mereka bisa mengingat kembali melalui kerangka yang sudah dibuatnya.

3.Mencari Referensi

Menulis artikel yang dijadikan sebagai konten kreator sebenarnya sangat mudah. Terlebih lagi banyaknya aplikasi Tool Spinner artikel yang sudah berkembang pesat. Akan tetapi kamu tetap harus mencari referensi untuk dijadikan sebagai rujukan secara kredibel.

Kamu tidak hanya menuliskan sebuah fiksi berdasarkan dari imajinasi saja, namun juga membutuhkan referensi atau sumber yang terpercaya. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membaca hasil penelitian maupun buku-buku yang relevan sesuai tema artikel yang ingin kamu tulis.

Penggunaan referensi ini ternyata juga berguna untuk membantu kamu agar membuat pembaca merasa percaya dengan apa yang sudah kamu tuliskan.

4.Penulisan Singkat Namun Berisi

Penulisan artikel jangan bertele-tele, namun harus singkat, padat dan berisi. Terutama pada bagian paragraf pertama yang sangat berpengaruh terhadap pembaca untuk melanjutkan membaca atau melewatkannya.

Dalam penulisan paragraf pembuka, sebaiknya tidak terlalu panjang, paling tidak satu sampai tiga paragraf saja. Buatlah kalimat yang menarik supaya dapat memancing pembaca untuk tetap melanjutkan ke halaman berikutnya sampai selesai.

Kemudian kamu juga perlu menulis isi artikel menggunakan kalimat yang efektif, sehingga lebih mudah dipahami pembaca.

5.Hindari Pengulangan Kata

Hindari terlalu sering pengulangan kata dengan tujuan untuk memperpanjang artikel maupun memperbanyak jumlah kata. Hal ini sangat dilarang, karena berpotensi justru membuat kalimat yang kamu buat tersebut sulit dimengerti, bahkan membosankan.

Kamu dapat menuliskan informasi dengan kata-kata yang jelas. Dengan begitu, maka pembaca bisa menemukan pemahaman secara maksimal yang berhubungan dengan ide tulisan yang telah kamu tulis.

6.Penambahan Gambar Atau Ilustrasi

Supaya tampilan lebih menarik dan membuat orang lain ikut terjun merasakan dengan tulisan apa yang kamu buat, sebaiknya tambahkan dengan gambar atau ilustrasi. Keberadaan dari gambar atau ilustrasi bisa membuat pembaca merasa tertarik, karena bagian visualnya juga menarik.

Bisa juga dengan menambahkan grafik maupun tabel untuk memudahkan pembaca agar memahami hal-hal yang sudah disampaikan pada tulisan artikel tersebut. Memang, terkadang ada beberapa hal yang lebih mudah dipahami apabila diproyeksikan melalui bentuk grafik atau tabel.

7.Membaca Artikel Ulang

Setelah kamu menyelesaikan tulisan artikel, maka langkah selanjutnya yaitu dengan membaca ulang isi artikel yang sudah kamu buat. Pada tips ini wajib kamu lakukan dengan tujuan untuk bisa mengkaji ulang, apakah kalimat yang kamu tulis tersebut sudah sesuai atau tidak.

Terlebih lagi bagi kamu yang sering kali menggunakan Tool Spinner artikel. Tetap saja, kamu harus melakukan evaluasi tulisan, mengoreksi untuk menghindari kalimat yang janggal, typo atau yang tidak sesuai dengan EYD. Pembacaan ulang artikel ini bisa dipastikan hasilnya benar-benar sempurna.

8.Pembuatan Judul

Banyak orang yang beranggapan bahwa pembuatan judul menjadi poin utama. Akan tetapi, judul tidak serta merta harus ditulis di awal, karena penulisan judul juga bisa dilakukan di akhir. Beberapa orang bisa menemukan judul setelah menentukan ide dan membaca ulang artikelnya.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa untuk pembuatan judul ini harus memperhatikan unsur SPOK. Dengan begitu, maka kalimat yang ada pada judul tersebut bisa dimengerti dengan jelas. Buatlah judul hanya dalam satu tarikan nafas saja.

9.Penggunaan Kata Kunci

Supaya kamu dapat menghasilkan artikel dengan ramah terhadap mesin pencari di Google, terbaca oleh manusia dan unik, maka kamu harus menentukan kata kunci artikel yang ingin kamu buat. Penggunaan dari kata kunci ini lebih memudahkan orang lain yang menjadi target sasaran kamu.

Namun untuk pembuatan kata kunci pastinya tidaklah dilakukan secara sembarangan. Melainkan kamu juga harus mempunyai keahlian dalam menentukan kata kunci yang paling sesuai dengan mesin pencari di Google.

10.Menggunakan Bantuan Tool Spinner

Kamu perlu untuk menggunakan Tool Spinner artikel yang sangat berguna untuk mengubah artikel yang sudah ada sebelumnya. Spinner artikel itu sendiri bukan berarti menghasilkan artikel baru yang ditulis secara mandiri, melainkan melalui tools ini.

Cara kerja dari artikel Spinner ini sangatlah sederhana, karena kamu hanya membutuhkan beberapa kumpulan artikel pada spin agar menjadi artikel baru melalui tool yang sudah kamu pilih.

Namun perlu diketahui, bahwa artikel baru dari spinner ini, maka tulisan yang dihasilkan belum tentu unik. Sementara unik dan tidaknya artikel tergantung dari frasa yang terdapat di dalam tool tersebut. Sebab itulah kamu juga perlu mengecek kembali artikel yang telah dihasilkan dari mesin Spinner.

Kelemahan jika menggunakan Tool Spinner artikel ini yaitu apabila banyak artikel yang kamu peroleh, maka semakin kurang memuaskan juga hasilnya. Disarankan penggunaan artikel Spinner hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image