Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Add aja

Hal-Hal yang akan Kamu Dapatkan Jika Kamu Bisa Berbahasa Inggris

Eduaksi | Monday, 25 Jul 2022, 15:41 WIB
Sumber: pexels.com

Bahasa merupakan media komunikasi yang paling sering kita gunakan. Selain itu bahasa jua media paling komunikasi paling tua dan alami dari manusia. Dari jaman dahulu pun, oran berkomunikasi menggunakan bahasa, meskipun bahasa tersebut sangat kuno dan purba. Bahasa bagaikan sebuah simbol-simbol yang memiliki makna tertentu sehingga kita bisa menyampaikan maksud kita kepada orang lain. Tidak hanya manusia, hewan juga memiliki bahasa loh, hewan berkomunikasi menggunakan suara mereka masing-masing dengan perbedaan intonasi yang mereka miliki. Komunikasi pada hewan bisa berupa sinyal bahaya, tanda kemarahan, dan ajakan untuk berkembang biak.

Setiap negara bahkan setiap wilayah memiliki bahasa mereka masing-masing, Indonesia saja memiliki berbagai macam bahasa tergantung pada daerah dan suku mereka. Begitu pun negara-negara lain, pastinya mereka memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa kita, seperti Cina, Jepang, Spanyol dan lain-lain dengan perbedaan bahasa ini pastinya sulit jika berkomunikasi dengan orang yang beda negara. Ujung-ujungnya akan menggunakan bahasa isyarat, itu juga merupakan bahasa loh. Akan tetapi dunia menetapkan satu bahasa yang digunakan oleh setiap negara dalam berkomunikasi secara internasional yaitu bahasa Inggris.

Sebagai anak muda yang masih memiliki banyak waktu dan energi, saya rasa belajar bahasa Inggris adalah hal yang wajib. Dengan perkembangan teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini, kita perlu mengikuti kemajuan yang ada agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Belum lagi nantinya akan ada perubahan-perubahan yang membawa dunia menuju era yang baru, karena dunia akan terus berkembang. Dengan memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris, kita akan mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

Percaya Diri

Satu yang pasti, kemampuan bahasa Inggris akan membuat kamu lebih percaya diri. Setiap kemampuan akan memberikan kepercayaan diri tersendiri untuk setiap orang. Kamu akan lebih percaya diri jika datang ke tempat wisata di Bali misalnya, kamu akan lebih percaya diri jika berbicara dengan bule atau ditanyai suatu hal.

Terbukanya Kesempatan Belajar ke Luar Negeri

Siapa yang tidak ingin belajar ke luar negeri, pastinya kita semua memiliki keinginan untuk pergi ke luar negeri untuk sekedar jalan-jalan. Apalagi kita bisa belajar di sana, pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri memiliki kesempatan untuk masuk kampus ternama di dunia, dan belajar dengan profesor-profesor ahli bersama orang-orang terpilih dari seluruh mancanegara. Tapi keinginan ini harus kamu kubur dalam-dalam jika kamu tidak bisa berbahasa Inggris. Pasalnya untuk bisa kuliah ke luar negeri, kamu harus melengkapi persyaratan yang salah satunya adalah hasil tes uji bahasa Inggris TOEFL atau IELTS.

Memiliki Kesempatan Dalam Memiliki Pengetahuan yang Luas

Jika kamu sedang atau pernah berkuliah, pastinya kamu pernah merasakan tugas mengerjakan sebuah makalah atau jurnal. Dalam membuat makalah atau jurnal, kamu memerlukan referensi sebagai dasar dari asumsi yang kamu tulis. Referensi ini biasanya adalah buku atau jurnal-jurnal ilmiah. Terkadang kita tidak bisa mendapatkan referensi yang kita inginkan dari buku-buku dalam negeri, alhasil kamu harus mencari buku atau jurnal internasional yang ditulis dalam bahasa Inggris. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris, tentunya hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah bagi kamu.

Bisa Memiliki Teman dari Seluruh Dunia

Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, ini akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Dengan begitu kamu bisa memiliki banyak teman dan membangun relasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Bahkan kamu bisa menjadikannya konten Youtube, kita tahu bahwa sekarang ini banyak aplikasi media sosial dengan jangkauan yang luas, Ome TV misalnya. Kamu bisa membuat konten hiburan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Terlihat Keren

Kamu tahu bagaimana anak Jaksel berbicara? Ya mereka mencampurkan bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Tapi nyatanya hal ini dinilai keren di kalangan anak muda. Hal ini membuktikan bahwa pengetahuan bahasa Inggris akan menjadikan kita lebih terlihat keren. Apalagi di sosial media, seperti Instagram misalnya, banyak quotes dan caption yang ditulis dengan bahasa Inggri. Jika postingan dan caption di media sosial yang kamu miliki kamu tulis juga dengan bahasa Inggris, maka akan terlihat lebih keren.

Itulah beberapa hal yang akan kamu dapatkan jika kamu memiliki keahlian bahasa Inggris. Tulisan ini hanyalah sebagai motivasi untuk mengambangkan kemampuan yang telah kita pelajari sejak sekolah dasar, yang mayoritas orang masih belum menguasainya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image