Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ibnu nih

Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Edukasi | Friday, 22 Jul 2022, 17:11 WIB
Sumber: Pixabay

Selepas pandemi covid 19 kehidupan memang berangsur membaik, banyak sendi-sendi kehidupan yang mulai berjalan normal, seperti pendidikan dan ekonomi. Bicara mengenai pemulihan ekonomi maka tidak dapat dilepaskan dari peluang kerja yang semakin terbuka. Akan tetapi hari ini mencari kerja tidak bisa hanya bermodal gelar sarjana, hal ini tidak lain karena sudah terlalu banyak fresh graduate yang dihasilkan oleh universitas. Seperti halnya pada hukum piramida semakin banyak pesaing dengan kualitas yang sama maka akan semakin sedikit peluang yang bisa didapat, sementara semakin tinggi suatu kualitas peluangnya akan semakin tajam dana terarah. Akan tetapi hal ini tidak dapat diartikan bahwasanya untuk mendapat pekerjaan yang layak kamu harus memiliki gelar lebih dari strata 1. Hari ini seseorang dinilai berintegritas bukan dari tingginya pendidikan yang ia selesaikan akan tetapi dari kemampuan apa saja yang ia bisa terapkan di kehidupan sehari-hari.

Berikut merupakan skill yang harus dimiliki fresh graduate:

Skill Komunikasi

Komunikasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam bertukar informasi. Di dunia kerja komunikasi memiliki peran penting untuk mensukseskan suatu goal yang sedang ingin dituju. Cara komunikasi yang kurang baikdapat membawa kerugian perusahaan menuju kebangkrutan? Dengan demikian, komunikasi yang efektif adalah alat penting bagi setiap perusahaan. Komunikasi yang efektif juga dapat membina hubungan kerja yang baik antara staf dan atasan yang akan meningkatkan moral dan efisiensi. Dalam konteks pekerjaan, komunikasi yang dimaksud mencakup komunikasi verbal dan non-verbal. Komunikasi yang terjalin dengan baik pada awal pekerjaan turut membuat impresi yang berkesan bagi orang-orang baru di perusahaan. Skill komunikasi sendiri sebenarnya bisa dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum kalian menjadi sorang fresh graduate, salah satu cara memperdalam skill komunikasi adalah dengan aktif mengikuti banyak kegiatan. Dengan mengikuti banyak kegiatan kalian akan terbiasa bertemu dengan banyak orang maka secara tidak langsung kemampuan berkomunikasi kalian akan semakin membaik,

Kemampuan Beradaptasi

Sebagai seorang fresh graduate kamu pasti sedang mempersiapkan lembaran baru, kamu harus mampu menyesuaikan diri di dunia kerja. Perusahaan perlu membuat perubahan yang cepat (dan terkadang drastis) agar tetap kompetitif. Maka kalian harus membiasakan diri dengan deadline dan tekanan-tekanan yang akan ditugaskan kepadamu. Kemampuan beradaptasi menjadi penting karena akan menentukan kinerjamu terlebih apalagi jika kamu bekerja bersama tim dalam mencapai target. Dalam dunia kerja, Anda akan menghadapi berbagai macam kondisi dan situasi yang tidak selalu menyenangkan, yang tidak dapat dihindari. Kamu akan bertemu dengan bermacam-macam karakter dan latar belakang yang tentunya tidak semua karakter tersebut dapat diperlakukan sama. Maka dari itu fleksibilitas dalam diri merupakan skill yang dapat menunjang diri di dunia kerja. adaptasi yang baik adalah kuncinya. Kemampuan ini dapat memudahkanmu saat sudah bekerja. Kamu akan mampu ditempatkan dalam tim baru dengan berbagai tanggung jawab baru yang menyertainya. Jika kamu berhasil beradaptasi, maka kamu akan selangkah lebih maju

Kreatif dan inovatif

Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan berpikir adalah kemampuan istimewa yang hanya diberikan tuhan kepada manusia. Hal tersebutlah yang membedakan antara manusia dan binatang, kemampuan berfikir juga lah yang menjadikan manusia memiliki nilai lebih dibandingkan dengan manusia lainya. Cara berfikir kratif dan inovatif dan didukung dengan penguasaan hard skill pasti akan menunjang karirmu.

Kemampuan Bahasa Inggris

Kamampuan berbahasa Inggris bisa dikatakan sebagai kemampuan lanjutan dari kemampuan berkomunikasi. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik pasti sangat menunjang kegiatan kerja, mengingat hari ini kita telah memasuki persaingan global dengan keterbukaan ekonomi, dengan keterbukaan tersebut bahasa Inggris merupakan jalan keluar yang dapat digunakan sebagai penghubung dunia internasional. Atas dasar tersebut mengapa banyak perusahaan yang mensyaratkan sertifikat TOEFL atau IELTS untuk para pelamar kerja. maka dari itu selagi sempat, perkaya kemampuan bahasa Inggris kalian dengan cara mengambil kursus atau belajar bahasa Inggris secara otodidak. Sebagai fresh graduate yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bisa dibuktikan dengan sertifikat pasti akan menambah daya jualmu di dunia kerja.

Komputerisasi dan Digital savvy

Kemajuan teknologi yang semakin cepat dan berkembang memaksa kita untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut, salah satunya yaitu kemampuan mengoprasikan komputer. Tantangan yang berkembang yang di inginkan perusahaan saat ini tidak hanya kemampuan komputer dasar, seperti Microsoft Word, Excel, dan Powerpoint, melainkan kamu juga harus menjadi seorang yang digital-savvy. Artinya perkembangan di dunia digital penting untuk kamu ikuti. Misalnya saja kamu harus pandai menggunakan internet dan sosial media, karena banyak perusahaan yang hari ini memanfaatkan platform tersebut untuk kepentingan marketing, brand awareness dan engagement dalam menyasar target pasar mereka. Bekali diri kamu dengan pengetahuan tersebut, sebagai fresh graduate, ini akan menjadi poin penting untuk rekruter mempertimbangkan posisi kamu. Apalagi kalau kamu melamar ke perusahaan yang bergerak di dunia digital.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image