Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Gandeng MGMP Banjarnegara, Magister IPS UMP Gelar Workshop Digital Marketing

Eduaksi | Friday, 22 Jul 2022, 08:21 WIB
Gandeng MGMP Banjarnegara, Magister IPS UMP Gelar Workshop Digital Marketing

Program Magister Prodi Pendidikan IPS Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerjasama dengan MGMP Pemasaran se-SMK Kabupaten Banjarnegara bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 9 Banjarnegara gelar Workshop digital marketing dalam kurikulum merdeka, Senin, 27/06/2022.

Acara yang diikuti sebanyak 17 guru itu dilaksanakan di SMK N 1 Bawang berlangsung selama 4 hari 27-30 Juni 2022. Acara dihadiri langsung Kepala Sekolah SMK 1 Bawang Dra. Widyastuti, M.M. dengan menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya. Ia adalah Dr. Sriyanto, Kaprodi Magister Pendidikan IPS UMP.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah 9 Banjarnegara, Dra. Dwi Yuliati Mulyaningsih, M.M. melalui Muhammad Afif Syarifuddin,S.Sos. mengatakan, kurikulum merdeka setiap jenjang pendidikan perlu mempersiapkan diri agar dapat melaksanakan proses pembelajarannya dengan baik.

“Ciri khas kurikulum merdeka adalah masing-masing sekolah dan siswa difasilitasi dalam melakukan proses pembelajaran,” jelasnya.

Kaprodi Magister Pendidikan IPS UMP Dr. Sriyanto dalam paparannya mengatakan, kurikulum merdeka menuntut pengembangan kompetensi setiap guru dan siswa agar mampu mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saat ini pemanfaatan teknologi dalam setiap kehidupan merupakan keniscayaan. Internet di era digital ini sudah menjadi kebutuhan bagi semuanya, termasuk diantaranya bisnis dan pemasaran,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Dr Sriyanto, dalam pemasaran sudah sewajarnya beralih ke digital marketing, yang memiliki keuntungan menjangkau lebih cepat dan luas, hemat biaya, dapat menyasar konsumen sesuai dengan tingkat pendidikan dan kebutuhannya.

Acara juga menghadirkan praktik mengembangkan pemasaran yang dibimbing langsung oleh UMKM Kabupaten Banjarnegara, melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, email.

Ketua MGMP Pemasaran, Umi Baroroh, S.E, M.M. (SMK N 1 Bawang) mengatakan, pelatihan digital marketing untuk guru pemasaran sangat dibutuhkan untuk menghadapi pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka di SMK Program Keunggulan (PK).

“Guru harus benar-benar mempersiapkan diri dengan ilmu marketing online meliputi elemen digital branding, digital onboarding, digital operatin dan digital marketing. Kami berharap UMP yang memfasilitasi kegiatan ini terus bersinergi dan berkesinambungan dengan MGMP Pemasaran melanjutan dengan program baru untuk peningkatan kompetensi guru pemasaran,” jelasnya.

Salah satu peserta, Niniek Margianti, S,E., M. Pd. mengatakan, manfaat dari Workshop tersebut memberikan bekal bagi guru pemasaran digital di SMK.

“Dari sini nantinya akan membimbing siswa dalam pembelajaran. Acara-acara seperti ini sebaiknya terus dilakukan agar kami selalu mendapatkan informasi yang up to date dan terkini,” jelasnya. (*/Tgr)

Artikel asli bisa dilihat DISINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image