Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

Dukung Alumni, PInPKU Umsida Adakan Walk-In Interview PT Mega Marine Pride

Edukasi | Thursday, 21 Jul 2022, 14:23 WIB

Sidoarjo – Mendukung alumni mahasiswa agar mampu berkarir dengan cepat, Pusat Informasi dan Pengembangan Karir dan Alumni (PInPKU) Umsida bersama PT Mega Marine Pride mengadakan Walk-In Interview di Kampus 1 Umsida, Sidoarjo, Kamis (14/7). Terdapat 5 posisi yang dibuka untuk alumni mahasiswa, yaitu Section Head IT, Asisstant SPV QC, Assisstant SPV Produksi, Staff IT Programmer, dan Manager IT.

Human Resource (HR) Recruitment PT Mega Marine Pride Siti Aisyah menyebut walk-in Interview diadakan di Umsida karena adanya kebutuhan perusahaan industri akan tersedianya tenaga kerja baru. “Satu adalah target dari perusahaan dan yang kedua itu karena Umsida juga dekat dari perusahaan. Selain itu, Walk-In Interview dilakukan di sini karena di Umsida itu ada Prodi THP (Teknologi Hasil Pangan) yang kami inginkan sesuai,” ujarnya.

Siti menyebut kualifikasi tenaga kerja ditentukan oleh user dan pengimplementasiannya di lapangan. Namun ada beberapa kualifikasi yang perlu menjadi catatan alumni mahasiswa di antaranya memiliki pengalaman minimal 1 tahun untuk posisi Asisstant SPV QC, Assisstant SPV Produksi berpengalaman di atas 3 tahun, mampu menguasai Bahasa Inggris, memiliki kemampuan dalam mengatur waktu, dan memiliki background pendidikan yang sesuai dengan posisi yang dibuka.

Akan tetapi, lanjut Siti, tidak menutup kemungkinan alumni mahasiswa dengan lintas jurusan untuk memiliki kesempatan yang sama. “Kalau jurusannya tidak sesuai dengan yang kita inginkan, tapi ternyata dia masuk kualifikasi, berarti dia sudah pernah bekerja di bidang yang sama, itu bisa kita pilih,” jelasnya.

Alumni Prodi Akuntansi Umsida tersebut menyebut dalam Walk-In Interview ini, HR Recruitment juga memperkenalkan perusahaan itu sendiri seperti apa. Sehingga harapannya nanti, ketika masuk ke tahap seleksi wawancara dengan user, calon pekerja mampu menyelesaikan tahap tersebut dengan baik. “Ini kan masih konteks perkenalan, intinya menggali potensi-potensi yang memang sesuai kualifikasi kita, kalau bisa masuk ini kan harapan saya itu bisa menarik, jadi promosinya itu di awal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang PInPKU Hamzah Setiawan SKom MKom mengatakan kegiatan Walk-In Interview seperti ini dapat menjembatani alumni untuk bisa diterima bekerja sekaligus mendekatkan perguruan tinggi dengan dunia kerja. “Sehingga kebutuhan-kebutuhan dunia kerja, kita di perguruan tinggi bisa saling mendukung,” tuturnya.

Hamzah menjelaskan bahwa proses melamar kerja itu tidak hanya dibutuhkan IPK saja, melainkan justru pengalaman magang, bekerja dan organisasi. “Saya tekankan kepada mahasiswa itu ada 2 yang dibutuhkan perusahaan, sertifikat kompetensi dan sertifikat magang, penting itu nilai plus dibandingkan dengan yang lainnya,” ucapnya. Senada dengan hal tersebut, Siti juga menambahkan pengalaman organisasi menjadi pertimbangan oleh tim HR Recruitment dalam memilih calon pelamar.

Dengan demikian, keduanya mengungkap kedepannya kerja sama antara Umsida dengan PT Marine Pride bisa dilakukan lebih luas lagi untuk beberapa posisi lainnya apabila tahap Walk-In Interview kali ini bisa membuahkan hasil. (Shinta Amalia/Etik).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image