Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas UMKT

Identitas Kampus Islami, UMKT Selenggarakan Sosialisasi Pedoman Kampus Islami

Edukasi | Wednesday, 20 Jul 2022, 19:47 WIB
Sosialisasi Pedoman Kampus Islami (Foto: Ade Ismail Ramadhan)

umkt.ac.id, Samarinda - Identitas sebagai Kampus Islami merupakan sebuah tujuan kampus Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) menyelenggarakan Sosialisasi Pedoman Kampus Islami. Sosialisasi digelar di ruang rapat gedung C UMKT Samarinda pada Rabu (20/7/22)

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan UMKT dalam menciptakan lingkungan kampus yang islami dan berakhlak mulia. Melalui Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahaan UMKT (AIK), pedoman ini disusun sesuai kebutuhan zaman sehingga akan relate dengan kebutuhan yang ada.

umkt.ac.id

 

Hadir dalam sosialisasi Ketua Lembaga Al Islam dan Kemuhammadiyahaan (AIK) Prof. Harun beserta jajaran, di ikuti oleh Dosen pengampu mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai peserta.

Ketua AIK menyampaikan bahwa peran dosen kemuhammadiyahan menjadi hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) sebagai contoh nyata hidup islami di lingkungan UMKT. "Dosen AIK wajib menjadi contoh dan mewarnai akhlak islami di kampus ini, teman - teman ini adalah hidden curriculum yang dicontoh langsung oleh mahasiswa" Jelas Prof Harun Kepala Lembaga AIK UMKT.

Ditemui ditempat yang sama, Sekretaris AIK UMKT Fitroh Asriyadi juga menambahkan bahwa Pedoman Hidup Islami ini akan berintegrasi dengan jadwal mata kuliah, sehingga kedepan mata kuliah diseluruh program studi akan berhenti 10 menit sebelum adzan zuhur dan ashar berkumandang.

Materi oleh Ketua AIK UMKT (Foto: Ade ismail Ramadhan)

"Bapak Ibu sekalian, kedepan sudah kita integrasikan agar pedoman hidup islami di kampus kita bisa maksimal. Nanti tidak akan ada mata kuliah yang berjalan saat waktu sholat, sehingga kita bisa bersama sama melaksanakan sholat secara berjamaah tanpa khawatir tertinggal mata kuliah" Ucap Fitroh.

Dengan adanya Pedoman ini, diharapkan kedepan UMKT mampu menjadi bagian kampus yang mendorong tujuan Muhammadiyah yaitu menciptakan masyarakat islam yang sebenar - benarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image