Trik Belajar IELTS yang Ampuh!

Image
Khairil Fajrin
Edukasi | Tuesday, 19 Jul 2022, 17:04 WIB
Sumber: elesson.gnomio.com

Trik Belajar IELTS yang Ampuh!

Trik belajar IELTS yang ampuh sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan mengikuti kursus atau belajar bahasa Inggris untuk IELTS di lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris yang sudah banyak tersebar di kota bahkan di desa. Dengan mengikuti kursus dan belajar IELTS di Pare Kampung Inggris, kamu akan dengan mudah mendapatkan pelatihan serta bimbingan yang tepat. Namun itu tidak mudah mengingat tidak semua orang bisa mengunjungi desa tersebut.

Nah bagi kamu yang mungkin tidak seberuntung itu mungkin bisa mengikuti trik belajar IELTS yang ampuh berikut ini. Namun sebelum kamu mulai mempelajari triknya, sekilas tentang IELTS berikut ini bisa membangkitkan sedikit pengetahuan kamu tentang apa itu IELTS.

Sekilas tentang IELTS

IELTS ialah singkatan dari International English Language Testing System. Dalam tesnya, kamu akan mendapatkan 4 sesi tes, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. IELTS menjadi salah satu persyaratan jika kamu ingin mendapatkan beasiswa atau melanjutkan kuliah di luar negeri. Tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional ini menggunakan aksen Britania Inggris atau British.

Ujian IELTS biasanya berlangsung selama 2 jam 45 menit. Sedangkan hasil ujian IELTS diberikan dalam skala skor mulai dari 1 hingga 9. Skor 1 merupakan nilai tes terendah, sedangkan skor 9 merupakan hasil tes paling epic.

Perlu kamu ketahui, untuk bisa mengikuti tes IELTS asli kamu diwajibkan untuk mengeluarkan biaya yang tidak hanya mahal, tapi mahal banget! Untuk sekali tes IELTS kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 3.000.000. Untuk sekali tes IELTS itu juga belum tentu kamu bisa mendapatkan skor yang kamu inginkan atau dengan kata lain: skor yang tinggi. Oleh sebab itu, trik belajar IELTS ampuh berikut ini bisa membantu kamu untuk mengatur strategi sebelum mengikuti tes IELTS yang asli.

Trik Belajar IELTS yang Ampuh untuk Pemula

1. Mulai Membiasakan Membaca Artikel dalam Bahasa Inggris

Kebiasaan ini untuk melatih kemampuan bahasa Inggris dan menambah pengetahuan sebelum tes. Kebiasaan ini akan terasa sangat penting, karena dalam tes IELTS ada ujian writing dan speaking yang berhubungan dengan isu yang sedang trending saat ini.

2. Mulai Membiasakan Menulis Bahasa Inggris

Kebiasaan ini bisa kamu mulai dengan menulis keseharian kamu atau dalam kata lain diary. Bisa juga menulis cerita singkat, puisi, quote ataupun tulisan-tulisan yang lain. Sambil menulis, kamu juga bisa mengkoleksi beberapa kosa kata baru dalam bahasa Inggris yang selanjutnya kamu teruskan menjadi kalimat. Kebiasaan ini patut kamu coba jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam tes IELTS, karena dalam IELTS ada tes writing yang digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Untuk memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang baik dan benar, dibutuhkan latihan yang tidak bisa instan.

3. Mulai Biasakan Diri untuk Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris dalam Berbagai Aksen

Untuk melatih kemampuan listening dan agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba mendengarkan percakapan dalam berbagai aksen seperti Amerika, Inggris dan Australia dari radio atau podcast.

4. Mulai Membiasakan Diri Berbicara dalam Bahasa Inggris

Salah satu tes yang dianggap paling menakutkan dan sulit adalah tes speaking. Dalam tes ini, kamu akan berbicara secara dua arah untuk menguji kemampuan kamu dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Untuk meningkatkan kemampuan dan bisa berbicara dengan grammar dan aksen yang tepat, kamu perlu melatih kemampuan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan berbicara menggunakan bahasa Inggris khususnya pada orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih baik dari kamu.

Trik Sukses Menghadapi Tes IELTS yang Ampuh untuk Pemula

Selain trik belajar IELTS yang ampuh, kamu juga wajib mengetahui trik sukses menghadapi tes IELTS berikut ini. Pastikan kamu tidak meninggalkan satu poin pun agar bisa mendapatkan skor IELTS yang tinggi!

1. Atur Strategi Belajar yang Tepat

Sebelum tes IELTS yang akan kamu hadapi dalam waktu dekat, kamu wajib mengatur strategi belajar yang tepat. Dalam tes IELTS, kamu harus melalui serangkaian tes, mulai dari tes listening, reading, writing, dan speaking. Untuk memaksimalkan kemampuan tersebut, ada baiknya jika kamu memiliki strategi belajar yang tepat (poin-poin dari trik belajar IELTS yang ampuh di atas).

Atau dalam hal ini kamu bisa mengatur strategi belajar secara berurutan sesuai skill atau kemampuanmu. Misalnya, jika kamu sedang belajar materi listening maka cobalah untuk langsung menjawab pertanyaan yang sudah kamu dengar. Dengan strategi belajar seperti ini, kamu akan terbiasa untuk menjawab pertanyaan sehingga tidak akan bingung ketika menjalani ujian IELTS yang asli.

2. Sediakan Sumber Belajar

Untuk meningkatkan dan kemampuan dalam menjawab IELTS, ada baiknya kamu menyediakan sumber belajar yang tepat seperti buku yang membahas berbagai hal tentang tes kemampuan bahasa Inggris tersebut.

Salah satu buku yang bisa kamu gunakan sebagai sumber belajar untuk tes IELTS ini adalah “Collins for IELTS”. Dalam buku ini kamu akan mendapatkan banyak materi belajar yang berkaitan dengan tes IELTS, mulai dari reading, speaking, listening, vocabulary hingga grammar.

3. Persiapan Penuh

Perlu kamu ketahui, saat ujian IELTS berlangsung kamu hanya diperbolehkan untuk membawa tanpa pengenal atau KTP saja. Oleh sebab itu, jika ingin sukses dalam menjawab semua pertanyaan, kamu perlu melakukan persiapan dengan matang.

Sebelum mengikuti tes IELTS, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk semua sesi yang akan diujikan yaitu listening, reading, writing dan speaking. Ada baiknya kenali bagian mana yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu pada tes tersebut sehingga bisa lebih fokus untuk mempersiapkan pada bagian yang menjadi kekurangan agar hasilnya lebih maksimal.

4. Baca Petunjuk dengan Benar

Setiap soal dalam tes IELTS biasanya memiliki perintah dan instruksi yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum memulai untuk menjawab pertanyaan, pastikan untuk membaca petunjuk dan perintah soal dengan benar. Pasalnya jika kamu sampai salah menjawab dan tidak sesuai dengan perintah yang diberikan, pastinya akan mengurangi skor atau nilai.

Itulah tadi beberapa trik IELTS yang ampuh yang bisa kamu terapkan atau mungkin kamu rekomendasikan ke teman-teman kamu yang juga ingin menghadapi tes IELTS dalam waktu dekat. Sebagai penutup, setelah kamu menerapkan semua trik di atas pastikan juga bahwa kamu sudah siap secara materi. Karena materi yang diujikan dalam tes IELTS nanti cukup sulit dan bertahap, alangkah baiknya jika kamu mengikuti kursus atau belajar IELTS secara khusus di tempat-tempat kursus khusus IELTS.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau gak di sana, ya di sini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image