Cara Ampuh Belajar IELTS

Image
Add aja
Eduaksi | Tuesday, 19 Jul 2022, 15:29 WIB
sumber: pexels.com

Mungkin tes IELTS terdengar sulit bagi kita yang masih pemula, terlebih tes IELTS jarang dipergunakan di negara kita. Akan tetapi bukan berarti sesuatu yang sulit tidak bisa kita kuasai, kita bisa belajar IELTS dengan metode-metode yan bisa kita buat sendiri, kali ini saya akan membagikan sebuah metode yang ampuh dalam belajar IELTS agar kamu bisa mendapatkan nilai IELTS yang tinggi.

Akan tetapi sebelum itu, kamu mesti pahami dulu apa itu IELTS. Apa sih IELTS itu? IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. Dalam tes ini kamu akan mendapatkan 4 sesi tes/ujian, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. IELTS adalah salah satu syarat yang harus kamu penuhi apabila kamu ingin mendapatkan beasiswa atau melanjutkan kuliah di luar negeri. Tes kemampuan bahasa Inggris dengan standart internasional ini menggunakan aksen Britania Inggris atau British.IELTS ialah singkatan dari International English Language Testing System. Dalam tesnya, kamu akan mendapatkan 4 sesi tes/ujian, yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking.

Sitem penilaian dalam tes IELTS menggunakan rentang angka 1-9, di mana 1 merupakan nilai yang terendah dan 9 adalah nilai tertinggi. Skor ini didapatkan dengan mengambil skor rata-rata pada tiap aspek yan diujikan. Maka jika salah satu aspek mendapatkan poin yang rendah, akan berpengaruh besar pada nilai akhir yang akan didapatkan.

Dalam tes IELTS terdapat dua jenis tes yaitu Academic IELTS dan General Training. Academic IELTS digunakan untuk menuji kemampuan bahasa Inggris yang digunakan oleh para pelajar yang ingin kuliah di luar negeri baik melalui pendaftaran jalur beasiswa atau non beasiswa. Sedangkan general IELTS merupakan pengujian kemampuan bahasa Inggris yang digunakan untuk keperluan bekerja di luar negeri.

Untuk cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk belajar IELTS bisa kamu lihat di bawah ini:

Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris dengan aksen British

Kamu bisa melatih listeningmu dengan belajar mendenarkan dialog dengan bahasa Inggris yang menggunakan aksen Britsh. Salah satu rekomendasi yang bisa saya berikan adalah film Harry Potter, dalam film tersebut terdapat percakapan-percakapan menggunakan aksen British yang bisa kamu gunakan sebagai latihan. Selain itu kamu bisa mendengarkan lagu-lagu penyanyi yang berasal dari Inggris, berlatih lewat lagu dan bernyanyi akan mengembangkan kemampuan pronunciation kamu.

Menulis Dengan Bahasa Inggris

Kamu bisa berlatih dengan menuliskan kegiatanmu sehari-hari, atau kamu bisa membuat buku harian dengan bahasa Inggris. Kita semua tahu jika belajar bahasa Inggris memerlukan praktik yang haus sering kamu lakukan. Dengan sering melakukan praktik, lambat laun kemampuan kamu akan berkembang, tidak lupa juga kamu harus rajin melakukan evaluasi terhadap kesalahan dan kekurangan kamu selama belajar.

Berlatih Berbicara dalam Bahasa Inggris

Speakin adalah tes yang dianggap paling sulit, pasalnya selain kamu harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kamu juga harus percaya diri untuk berbicara dengan menguanakan bahasa Inggris. Kamu bisa praktek berbicara bahasa Inggris dengan orang yang sudah mahir dalam speaking, karena selain sebagai partner berlatih juga sebagai orang yang akan mengevaluasi speaking kamu

Baca Berita berbahasa Inggris

Untuk berlatih reading kamu bisa memulai untuk membaca berita dalam bahasa Inggris. Sebuah berita pastinya memuat informasi dan terhadap unsur 5 w 1 h. Kamu bisa menemukan setiap unsur tersebut setelah membaca berita berbahasa Inggris. Atau kamu bisa membaca bacaan yang lebih kamu sukai seperti informasi, biografi, ataupun dongeng. Akan tetapi tetap dengan mencari unsur 5 w 1 h yang terdapat di dalamnya.

Tips Sebelum Ujian IELTS

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam tes IELTS, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan apalagi jika masih pemula dan belum memiliki pengalaman mengikuti tes IELTS sama sekali. Meskipun demikian kamu tetap bisa berusaha untuk mendapatkan skor yang tinggi dengan tips berikut:

Lakukan Persiapan

Saat ujian IELTS berlangsung, peserta hanya diperbolehkan membawa tanpa pengenal atau KTP saja. Hal ini sebagai antisipasi terhadap segala bentu kecurangan, jika kamu ingin berhasil dalam menjawab semua pertanyaan tes, kamu perlu melakukan persiapan dengan matang.

Sebelum mengikuti tes IELTS, ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk semua sesi yang akan diujikan yaitu listening, reading, writing dan speaking. Ada baiknya kenali bagian mana yang menjadi kelebihan dan kekurangan kamu pada tes tersebut sehingga bisa lebih fokus untuk mempersiapkan pada bagian yang menjadi kekurangan agar hasilnya lebih maksimal.

Sediakan Sumber Belajar

Kamu bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam menjawab IELTS dengan menyediakan sumber belajar yang tepat seperti buku yang membahas berbagai hal tentang tes kemampuan bahasa Inggris tersebut. Salah satu buku yang bisa kamu baca sebagai sumber belajar IELTS adalah “Collins for IELTS”. Dalam buku ini kamu akan mendapatkan banyak materi belajar yang berkaitan dengan tes IELTS mulai dari reading, speaking, listening, vocabulary hingga grammar.

Buat Teknik Belajar yang Tepat

Dalam tes IELTS, terdapat berbagai ujian yang harus kamu lalui mulai dari listening, reading, writing hingga speaking. Untuk memaksimalkan pembelajaran, ada baiknya jika kamu memiliki teknik yang belajar yang tepat. Kamu bisa belajar berdasarkan aspek yang paling mudah, dan selanjutnya bisa kamu urutkan hingga aspek yang paling sulit. Buat jadwal belajar dan disiplin dengan jadwal yang sudah kamu buat. Tidak lupa juga untuk melakukan evaluasi.

Baca Petunjuk dengan Benar

Setiap soal dalam tes biasanya memiliki perintah dan instruksi yang berbeda-beda. Maka, sebelum memulai untuk menjawab pertanyaan, pastikan membaca petunjuk dan perintah soal dengan benar. Jika kamu menjawab tidak sesuai dengan petunjuk pengerjaan, maka akan sia-sia tes dan pembelajaran yang sudah kamu lakukan selama ini akan sia-sia.

Jadi kamu perlu mempersiapkan banyak hal sebelum ujian IELTS kamu dimulai, persiapkan dirimu dengan matang, agar kamu tidak merasa sia-sia. Tes IELTS sendiri pun harganya juga terbilang mahal, jadi akan sangat disayangkan jika kamu gagal hanya karena tidak melakukan persiapan apapun. Jadi tetap belajar, walau bagaimanapun ketekunan kamu akan membuahkan hasil.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau nggak gini ya gitu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Permisan Nusakambangan Diserbu Lanal Cilacap

Image

Membangun ekosistem industri halal yang kuat dan merata di indonesia

Image

Bantuan Pendanaan Startup Oleh Pemerintah Indonesia Untuk Para Mahasiswa

Image

Ceramah Agama Habib Hadi Asegaf di Ponpes AT-TAUBAH LAPAS KELAS I MALANG

Image

Esay APBN 2022

Image

Black Market Polemik Pengusaha Elit

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image