Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Alfi

Penyebab Kemunduran Dinasti Abbasiyah 2

Sejarah | Tuesday, 19 Jul 2022, 13:50 WIB

Lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang penyebab kemunduran Dinasti Abbasiyah

3. Kemerosotan Perekonomian

Pada awal masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah termasuk dalam pemerintahan yang kaya. Perekomian masyarakay sangat baik tetapi setelah terjadi kemunduran terhadap pemerintahan mperekomian masyarakat juga menngalami kemunduran yang sangat drastis. Penyebab dari kemunduran perekonomian disebabkan oleh kondisi politik yang tidak stabil.

4. Munculnya beberapa aliran sesat dan fanatisme terhadap agama

Hal ini terjadi karena pada saat itu cita-cita orang Persia tidak sepenuhnya tercapai sebagai penguasa, kekecewaan yang merekarasakan menyebabkan kemunculan gerakan yang dikenal sebagai gerakan Zindiq, dengan cara memprogandakan ajaran Muisme, Zeroasterisme dan Mazdakisme yang menggoda rasa keimanan para Khalifah.

B. Faktor Eksternal

1. Perang Salib

Kekalahan tentara Romawi telah menanamkan benih permusuhan dan kebencian orang-orang Kristen terhadap ummat Islam. Kebencian itu semakin bertambah ketika Dinasti Saljuk telah menguasai Baitul Maqdis yang menerapkan beberapa peraturan yang dirasakan sangat menyulitkan orang-orang Kristen yang akan melakukan ziarah kesana. Maka dari itu, pada tahun 1095 M, Paus Urbanus II menyerukan kepada kaum Kristen Eropa utnuk melakukan perang suci, yang kemudian dikenal sebagai Perang Salib.

2. Serangan Mongolia ke Negeri Muslim dan berakhir di Dinasti Abassiyah

Bangsa Mongolia merupakan bangsa yang terdiri dari kabilah-kabilah yang berada dikawasan terjauh di China. (603-624 H)

Sebagai awal penghancuran Baghdad dan Khilafah Islam, orang-orang Mongolian menguasai negeri-negeri Asia Tangah Khurasan dan Persia dan juga menguasai Asia Kecil. Kemudian dilanjutkan dengan penyerangan Hulagu Khan yang menghancurkan tembok ibukota dikarenakan Khalifah yang tetap enggan memberikan terhada ultimatum yang telah diberikan sebelumnya. Lalu sepuluh hari kemudian Hulagu beserta pasukannya menghancurkan kota Baghdad dan membakarnya. Pembunuhan berlangsung selama 40 hari dengan korban sekitar dua juta orang. Dan akhir dari babak akhir dari Dinasti Abbasiyah ditandai dengan terbunuhnya Khalifah al-Musta’shim.

AKHIR KEKUASAAN DINASTI ABBASIYAH

Puncak kehancuran kota Baghdad terjadi pada tahuan 1258 M, kehancuran ibu kota mengiringi hilangnya hegemoni Arab dan berakhirnya sejarah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.

Beberapa dampak khusus kekejaman serangan Mongol terhadap peradaban Islam:

1. Dampak terhadap Politik

Kekosongan khaliafah tentunya sangat melemahkan Islam. Terlebih pada saat itu Islam sedang diapit oleh dua kekuatan yaitu tentara salib di barat dan pasukan Mongol di timur. Sehingga peradaban umat Islam seakan tenggelam.

2. Dampak terhadap Sosial

Kekejaman yang dilakukan pasukan Mongol tentu tidak dapat dilupakan dengan begitu mudah oleh umat Islam. Pembunuhan masal, pembantaian bayi dan anak-anak, pemerkosaan dan penjarahan. Tentunya sangat meninggalakan trauma tersendiri bagi umat Islam masa itu.

3. Dampak terhadap Pendidikan dan Keilmuan

Mungkin ini adalah damapak terhebat yang ditimbulkan akibat serangan tentara Mongol. Bagaimana tidak Baghdad pada masa itu merupakan pusat peradaban dan kelimuan pada saat itu. Banyak karya-karya keilmuan yang dihasilkan, akan tetapi dilenyapkan begitu saja oleh tentara Mongol dengan cara dibakar dan dihanyutkan. Buku-buku yang dikarang oleh para ahli selama ratusan tahuan ini diangkut dan kemudian dihanyutkan ke dalam sungai Dajlah, sehingga air sungai berubah warnanya menjadi hitam karena tinta yang telah larut kedalam air.

4. Dampak terhadap Agama

Kehancuran pemerintahan Islam Abbasiyah sekaligurs menandai mundurnya peradaban Islam. Dampak dari ini semakin melluasnya pengaruh agama Kristen. Bisa dilihat bagaimana keberpihakan Hulagu khan kepada tentara salib. Hulagu sendiri lebih menyukai warga Kristen daripada Islam.

Demikian dari sedikit cerita tentang sejarah runtuhnya Dinasti Abbasiyah. Wallahu ‘alam bishowab. Apabila teman-teman memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan ingin memberikan masukan silahkan komen. Terimakasih..

#sejarahdinastiabbasiyah#runtuhnyadinastiabbasiyah#penyebabruntuhnyadinastiabbasiyah#dampakruntuhnyadinastiabbasiyah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image