Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 19105050023 19105050023

KKN TEMATIK KOLABORASI SAMOSIR

Sastra | Tuesday, 19 Jul 2022, 10:34 WIB

KKN TEMATIK KOLABORASI SAMOSIR MELAKSANAKAN SERAH TERIMA MAHASISWA KKN KEPADA KEPALA DESA TAMBUN SUKKEAN

Untuk memperkuat visi keberagaman dari Kementerian Beragama, penerjunan KKN Kolaborasi luar Jawa yang bertepatan di Kabupaten Samosir kali ini mengusung tema “Pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia Melalui Program Pembangunan Wisata Halal, Moderasi Beragama, dan Pengentasan Stunting” dengan mempertemukan tiga perguruan tinggi yakni Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara serah terima mahasiswa KKN diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Juli 2022 di Lokasi KKN Ruang Kantor Urusan Agama Kecamatan Onan Runggu Desa Tambun Sukkean dihadiri oleh sejumlah pejabat di antaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Samosir, Bp. Tawar Tua Simbolon SPAK., MPdK., Kepala Kantor KUA Kec. Onan Runggu, Bp. Yunaedi Sitorus, Kepala Desa Tambun Sukkean Bp. Lenator Samosir, Kabag IAKN Tarutung Bp. Lindon Jhonson Tambunan, Dosen Pendamping Lapangan UIN Sumatera Utara Bp. Muhammad Putra Dinata, M.Pd., dan Perwakilan Senat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Kamsi.

Pada acara serah terima tersebut Kakan Kemenag Kabupaten Samosir, Bp. Tawar Tua Simbolon SPAK., MPdK., menitip pesan bahwa sebelum kedatangan adik-adik mahasiswa KKN masyarakat telah merajut spirit toleransi yang baik sebagai bentuk moderasi beragama. Toleransi, kekeluargaan, serta kearifan lokal yang sudah ada harus dijaga jangan sampai terusik. Mahasiswa KKN harus memainkan peran dan fungsi yang mampu mendorong kemajuan dan persatuan di tengah-tengah masyarakat secara kongkret meskipun itu sederhana dan kecil.

Pihak desa sangat menyambut baik dan berterima kasih atas kedatangan KKN dari ketiga universitas. Dengan mengusung tiga tema besar yakni moderasi beragama, pariwisata halal, dan pengentasan stunting diharapkan ketiga universitas dapat memberi dampak yang bermanfaat serta dapat membantu desa dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image