#RambutkeCharged Meningkatkan Minat Beli Konsumen

Image
Mariah Huzaefah
How To | Tuesday, 19 Jul 2022, 00:08 WIB
sumber: yt PanteneIndonesia

Belum lama ini muncul istilah rambut capek atau seperti yang kita ketahui rambut yang sering terasa kering bahkan seperti rambut rusak. Hal ini ramai di perbincangkan oleh para pengguna instagram, awalnya istilah rambut capek sering disebut oleh seorang influencer yaitu Keanu Agl . Keanu mencoba mencurahkan keresahannya yang memiliki rambut capek dalam video insta storynya. Hingga akhirnya istilah rambut capek tersebut menjadi tren dan banyak di perbincangkan, namun karena adanya tren ini juga dengan hadirnya sosok Keanu justru memberikan afirmasi baru bahwa Pantene adalah produk yang inklusif. Di mana pria punjuga juga menggunakan produk pantene dan juga bisa mendapatkan rambut yang ke-charged seperti perempuan. Untuk mengatasi masalah rambut capek tersebut dapat di atasi dengan menggunakan produk terbaru pantene yaitu Miracle Hair Supplement untuk mendapatkan rambut yang ke charged. Dari pengalaman pribadi Keanu sendiri sehingga ia mengedukasi masyarakat akan pentingnya suplemen rambut untuk menjaga kesehatan rambut . pada 210 Februari 2022 . video Pantene Miracle Hair Supplement x Keanu sudah di tonton lebih dari 22,5 juta kali. Sosok Keanu yang ikonis tidak hanya berdampak pada jumlah views video tersebut, melainkan dengan adanya video dan edukasi dari keanu masyarakat pun sadar bahwa rambut juga membutuhkan suplemen dan itu sangat penting untuk kesehatan dan keindahan rambut. Semenjak ramai nya tren tersebut penjualan Hair Supplement sangat meningkat artinya konsumen sudah mulai teredukasi dan tertarik untuk membeli. Bahkan produk tersebut sampai sold out di mana mana mulai dari miimarket dan toko toko lainnya. Peluncuran produk ini juga mengajak semua orang untuk mengubah kebiasaan perawatan rambut, yang semula hanya keramas pakai sampo, sekarang jadi menambahkan suplemen rambut sebagai bagian dari kebutuhan haircare routine sehari-hari. Ada dua varian dari produk pantene terbaru yaitu Miracles Biotin Strength & Collagen Repair Daily Supplement Conditioner dan Miracles Biotin Strength & Collagen Repair weekly Supplement Hair Mask. Varian pertama berfungsi menghidrasi rambut dari dalam dan memperbaiki hingga ujung rambut. Sedangkan varian kedus berfungsi mentransformasi rambut kering dan rusak menjadi sehat , berkillau dan kuat. Adanya iklan yang di tayangkan Pantene dan juga di upload di Youtube Pantene Indonesia yang berjudul “Miracles Hair Supplement Baru ! - Bye #RambutCapek Hello #RambutKeCharged” memiliki respond yang porsitif dari netizen, bahkan banyak yang mengatakan bahwa “ baru kali ini niat banget search iklan bahkan ga pernah nge skip setiap iklan itu lewat “.

Kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa, terkadang menggunakan seorang selebriti atau tokoh terkenal sebagai endorser. “Atribut-atribut yang mereka miliki seperti keahlian, keterampilan, pengetahuan, pengalaman, kecerdasan, sifat, kecantikan, keberanian dan prestasi dapat dijadikan point penting untuk memikat (calon) konsumen” (Pradhan, et al, 2014); (Fleck, et al, 2012). “Image selebriti bagi seorang konsumen dapat diukur berdasarkan kesesuaian dan kemampuan selebriti untuk menarik perhatian” (Miller dan Allen, 2012). Setiap selebriti memiliki banyak arti, termasuk status, kelas, jenis kelamin, usia serta kepribadian dan gaya hidup. Kredibilitas dan daya tarik saja tidak cukup untuk menjelaskan bagaimana celebrity endorsement dapat berfungsi untuk mentransfer nilai sebuah produk atau perusahaan (Charbonneau dan Garland, 2010); (Jain, 2011).Berbagai asosiasi yang diingat konsumen diharapkan dapat membentuk citra tentang merek di dalam benak konsumen. “Citra yang baik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan konsumen, karena konsumen dengan sadar atau tidak sadar akan memilih suatu produk yang memiliki brand image yang positif, sehingga tercipta persepsi yang baik di mata konsumen, dan akan mempengaruhi minat beli konsumen” (Zafar, 2010).

Banyak produsen memilih menggunakan selebriti sebagai endorser untuk menarik

hati konsumen sebagai bentuk promosi penjualan. Agar endorser dapat menarik perhatian audience, maka diperlukan beberapa kriteria. Selebriti yang dibutuhkan oleh produsen ialah selebriti yang memiliki popularitas tinggi dan citra yang baik pada masyarakat, karena dengan popularitas yang tinggi serta citra yang baik di mata masyarakat. Celebrity endorser mampu menciptakan target pasar yang begitu besar dan dapat meningkatkan citra suatu produk. Pada era modern seperti ini banyak masyarakat yang menjadikan selebriti yang diidolakannya sebagai trendsetter. Oleh sebab itu, selebriti dengan popularitas yang tinggi dan citra yang baik di mata masyarakat, mempunyai banyak penggemar yang nantinya dapat dijadikan sebagai target pasar. Persaingan bisinis yang begitu pesat menuntut perusahaan mampu bertindak cepat

dan tepat dalam menghadapi persaingan bisnis. Perusahaan harus bisa bersaing secara

kompetitif dalam menciptakan dan mempertahankan konsumen agar loyal, salah satunya

melalui persaingan merek. Merek tidak hanya mengkomunikasikan suatu nama produk saja melainkan dengan merek juga dapat memberikan citra bagi pemakainya serta memberikan persepsi dalam benak konsumen akan suatu produk tersebut. Merek tidak hanya di sertakan nama, melainkan logo atau simbol agar lebih mudah di ingat oleh konsumen. Citra merek yang tinggi dapat menumbuhkan minat beli konsumen. Menurut Shimp (2003: 460) celebrity endorser adalah menggunakan artis sebagai bintang iklan di media-media, mulai dari media cetak, media sosial, maupun media televisi. Tidak hanya itu, selebriti digunakan karena berbagai atribut yang melekat pada dirinya diantaranya daya tarik, talenta, dan lain sebagainya.Menurut Shimp (2003: 464), para eksekutif periklanan menuntut agar citra selebriti, nilai dan perilakunya sesuai dengan kesan yang diinginkan untuk merek yang diiklankan. Sedangkan menurut Shimp (2003: 275) meyakinkan kecocokan di dalam benak pelanggan dengan pemilihan berbagai daya tarik

dalam iklan yang memposisikan produk agar dianggap cocok dengan keyakinan pasar sasaran. “Dimensi celebrity endorser yang terdiri daya tarik (attractiveness), keahlian (expertise) dan kepercayaan (trustworthiness) dapat meningkatkan ekuitas merek suatu produk” (Sivesan, 2013);(Sola, 2012). Kondisi ini memperlihatkan daya tarik, kepercayaan serta keahlian seorang selebriti menjadikan produk/merek semakin dikenal dan mampu meningkatkan penggunaan produk/merek tersebut. “Dukungan selebriti pada sebuah merek mampu memposisikan produk tersebut dibenak konsumen yang menjadi tahapan penting dalam proses pengambilan keputusan” (Martey & Frempong, 2014); (Jain, 2011).

Menurut Chuan Chu dkk (2018) dalam penelitian Herdian dan Hani menjelaskan bahwa iklan bisa membentuk persepsi konsumen saat akan memilih suatu produk atau merek. Iklan dapat diukur melalui informasi atau pengetahuan tentang produk,adanya daya tarik bagi konsumen, nilai inovasi, keterjangkauan dan pemenuhan kkebutuhan pengguna.

“Ketepatan memilih sumber pesan (endorser) dapat didasarkan pada atribut

yang melekat pada endorser tersebut” (Shimp, 2010);(Fleck et al., 2012). “Penggunaan

komunikator celebrity endorser yang memiliki karakteristik akan dapat mempengaruhi sikap (attitudes) atau tanggapan konsumen yang positif terhadap produk tersebut, sehingga konsumen akan mempertimbangkannya dalam proses pembelian dan diharapkan secara langsung mempengaruhi perilaku melalui alam bawah sadar”(Pradhan et al., 2014);(Rifon & Choi, 2012);(Shafiq, & Zia-ur-rehman, 2011). “Rangsangan yang diperoleh oleh konsumen diharapkan mampu mempengaruhi sikap atau perilaku untuk membeli tanpa ada paksaan, sehingga apabila konsumen merasa senang atau ingin pada produk mereka dan mempunyai kemampuan untuk membeli, pada akhirnya akan melakukan pembelian terhadap produk yang diinginkan di masa yang akan dating” (Shimp, 2010).

Adanya iklan Pantene #rambutcapek membuat banyak masyarakat membuka mata dan menyadari bahwa rambut memang sangat penting untuk dijaga kesehatan dan memang rambut sangat butuh dengan suplemen untuk menjaga rambut tersebut. Tidak hanya karena itu iklan tersebut juga sangat ramai dikarenakan bintang iklan nya yaitu seorang influencer ternama yang memang sangat dikenali banyak orang karena sikapnya yang begitu lucu sehingga banyak yang senang dan merasa terhibur setiap kali melihat insta story Keanu Agl bahkan ketika melihat iklan tersebut. Karena Keanu dikenal orang yang sering sangat ceria dan sering ngelawak juga membawa kebahagiaan setiap orang terdekatnya. Tidak hanya itu ia juga sering membuat insta story seperti sedang marah dan mengeluarkan unek-unek nya itu yang sangat sering membuat para pengguna instagram yang mengikuti Keanu Agl merasa terhibur dan senang. Sama seperti di Iklan Pantene tersebut, Keanu Agl terlihat sedang marah dan resah dikarenakan rambut nya yang ia katakan merupakan rambut capek , namun ketika diberi solusi oleh Pantene rambut nya pun terlihat sehat , berkilau kembali , dan terlihat begitu indah . istilah nya rambut nya ke charged kembali kemudian pada iklan tersebut Keanu terlihat tersenyum kembali dan senang karena akhirnya ia menemukan solusi agar rambutnya tidak terlihat capek lagi. Karena sebelum menggunakan solusi dari Pantene ia juga menggunakan solusi dari teman-teman followers instagram nya . bahkan ada yang menyarankan untuk menggunakan santan namun solusi tersebut tidak memberikan hasil begitu pun dengan solusi lainnya yang diberikan oleh followers instagram nya tidak ada yang berhasil. Dari berbagai solusi yang ia temukan, baru dengan solusi yang diberikan oleh Pantene yang bisa membuat rambut nya kembali sehat. Dan solusi itu betul-betul berhasil maka dari itu ia pun merekomendasi kan kepada followers instagram nya untuk menggunakan supplemen baru yang ada pada produk terbaru pantene. Dan akhirnya para followers instagram Keanu yang sudah menggunakan produk tersebut mulai membuat insta story #RambutkeCharged dan menandai KeanuAgl pada insta story tersebut kemudian di repost oleh Keanu dan juga memberikan #RambutkeCharged. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya seorang Keanu yang merasakan perubahan pada rambutnya namun para followers instagram Keanu yang juga mencoba produk tersebut ikut merasakan perubahan pada rambutnya. Dan banyak yang mengatakan bahwa rambutnya terasa begitu sehat,lembut, dan tidak kasar .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mencari Pemimpin Visioner PMII Cabang Tangerang

Image

Kuliah Kerja Profesi untuk Mendukung Kerja Sama Dunia Usaha dan Dunia Indsutri

Image

Bersiaplah Menyambut Hiruk Pikuk Pesta Demokrasi

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image