Berhentilah dari 10 Hal Ini, Pasti Hidupmu Bahagia

Image
Trimanto B. Ngaderi
Gaya Hidup | Monday, 18 Jul 2022, 14:24 WIB

BERHENTILAH DARI 10 HAL INI, HIDUPMU PASTI BAHAGIA

Akhir-akhir ini bertambah banyak kebiasaan kita (habitual action), terlebih dengan semakin beragamnya platform media sosial yang ada. Seakan-akan kita punya kesibukan baru. Seolah-olah kita punya banyak aktivitas. Kita terlihat sibuk, atau sekedar mengaku sedang sibuk. Kebiasaan atau aktivitas yang cukup menguras waktu, tenaga, dan pikiran kita.

Namun yang jarang kita sadari adalah apakah aktivitas kita itu penting atau tidak. Apakah kebiasaan kita itu bermanfaat atau tidak. Kita jarang memikirkan hal ini. Kita jarang mempertimbangkan hal ini. Jangan-jangan kesibukan kita tanpa membuahkan hasil tertentu. Atau jangan-jangan kesibukan kita tanpa adanya pencapaian tertentu.

Banyaknya hiburan yang kita lihat di media sosial belum tentu membuat kita merasa senang. Banyaknya tontonan yang kita lihat belum tentu membuat kita terhibur. Banyaknya game yang kita mainkan tak menjamin membuat kita menjadi bahagia. Atau dengan kata lain, banyaknya hiburan tak berbanding lurus dengan kebahagiaan.

Malah yang terjadi bisa sebaliknya. Kita merasa bosan, jenuh, jumud. Hati kita tetap terasa kering dan kosong. Jiwa kita merasa suwung dan sunyi di tengah keramaian hiruk-pikuk media sosial. Pikiran menjadi beku dan statis sehingga malas untuk berpikir dan merenung. Bahkan, bisa membuat kita menjadi “setengah gila” jika sampai ketagihan konten tetentu. Dengan demikian, yang terjadi bukanlah rasa senang dan bahagia, akan tetapi bertambahnya penderitaan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan 10 hal berikut ini, agar kehidupan Anda kembali normal, agar kebahagiaan kembali menghampiri Anda.

1. Berhenti follow teman/artis

Berhentilah melakukan follow atau add friend di berbagai media sosial, terutama di IG. Semakin banyak melakukan follow, terutama mereka yang orang kaya, artis, atau public figure hanya akan semakin membuat kita merasa iri, rendah diri, tidak PD, tidak bersyukur, dan sikap negatif lainnya. Baiknya sih unfollow mereka, bagus lagi kalau kita menonaktifkan akun kita.

2. Berhenti dikit-dikit upload

Apabila sudah masuk kategori candu, inginnya selalu update status. Segala hal yang kita lakukan pinginnya kita upload semua, sampai kepada hal-hal remeh sekalipun. Kita sedang apa, lagi di mana, atau mau apa. Intinya tangan ini terasa gatal jika tidak share. Di sisi lain, tipe orang seperti ini juga mengalami penyakit FOMO (fear of missing out) dan KEPO (knowing every particular object).

3. Berhenti begadang scroll medsos

Tidak sedikit yang menghabiskan malam hanya untuk membuka notifikasi medsos, membalas chat, memberikan komentar, termasuk sekedar scroll status, story, atau postingan orang lain. Hal ini hanya membuang waktu dan membuat kita kurang tidur sehingga keesokan harinya membuat kita tidak produktif. Tanggalkan HP dan tidurlah lebih awal.

4. Berhenti menyerah sebelum memulai

Di era digital ini dibutuhkan orang-orang yang memiliki tipe pantang penyerah, orang-orang yang punya prinsip “aku bisaaa , aku pasti bisa!!!”, bukan orang yang yang gampang mengeluh, gampang mencari alasan, mudah berapologi.

5. Berhenti berharap disukai banyak orang

Sebuah harapan yang mustahil terwujud. Jangan sampai kita melakukan sesuatu hanya sekedar untuk menyenangkan orang lain, sehingga sering bersikap pura-pura, memaksakan diri, atau bahkan menipu diri sendiri.

6. Berhenti menyia-nyiakan waktu

Lakukanlah hal-hal yang penting dan bermanfaat, hal positif dan produktif. Hindari melakukan sesuatu yang mubadzir, tidak berguna, bahkan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

7. Berhenti membeli karena keinginan/gengsi

Teman beli ini, ikut. Teman belanja di marketplace, ikut beli juga. Orang lain punya barang tertentu, dia harus punya juga, dan seterusnya. Keinginan jika dituruti tidak akan pernah ada habisnya. Karena keinginan pendorongnya adalah hawa nafsu.

8. Berhenti berhalusinasi (berharap yg mustahil)

Berhentilah menjadi orang lain. Berhentilah menginginkan sesuatu di luar kemampuan dan kapasitas kita. berhentilah bermimpi sesuatu yang memang tidak mungkin bisa kita jangkau. Jadilah orang yang realistis.

sumber: https://techetron.com

9. Berhenti merasa insecure

Banyaklah bergaul, perbaiki komunikasi dengan orang lain.

10. Berhenti di like banyak orang

Postinglah sesuatu, kemudian lupakan. Berharap banyak like, berharap banyak komentar hanya akan semakin membuat kita kecewa. Sebab kita telah menggantungkan kebahagiaan kita berdasarkan like atau comment.

Demikian, semoga bermanfaat.

(Tulisan ini terinspirasi dari postingan di Quora).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Writer, Blogger, Social Worker

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image