Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Medium Info

Gelar Lomba Debat, Prodi Pendidikan Ekonomi UM Metro Ingin Mahasiswa Miliki Kemampuan Ini

Edukasi | Monday, 18 Jul 2022, 11:59 WIB
Dok Program Studi Pendidikan Ekonomi UM Metro

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro menyelenggarakan Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi dengan tema "Aspirasi untuk Kemajuan Pendidikan dan Kedaulatan Ekonomi" yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 di Aula Gedung HI Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Metro.

Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro angkatan tahun 2019, 2020 dan 2021. Dengan jumlah peserta 24 mahasiswa dibagi menjadi 8 tim. Selain diselenggarakan secara luring terbatas di Aula Gedung HI Kampus 1 UM Metro, Lomba Debat Isu-isu Pendidikan dan Ekonomi ini juga disiarkan secara Live Streaming di Channel YouTube Pendidikan Ekonomi UM Metro.

Menurut Ibu Triani Ratnawuri, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi, "Lomba debat merupakan wadah untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan diri mahasiswa, kemudian menuntut wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik, dan kemampuan berargumentasi. Kemampuan bahasa yang baik akan meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional, sedangkan kemahiran dalam berargumentasi akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual."

"Lomba debat ini juga untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri dan akhirnya tentu peningkatan kualitas lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi," ungkap Triani.

Fajri Arif Wibawa, S.Pd,., M.Pd. selaku pembina Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) menyampaikan pada prakata sebelum Lomba Debat ini dimulai, "Lomba debat ini merupakan salah satu stimulus untuk mahasiswa prodi pendidikan ekonomi untuk mencapai profil lulusan, di mana prodi pendidikan ekonomi memiliki 3 profil lulusan yaitu 1) sebagai calon pendidik/guru ekonomi, kewirausahaan ataupun IPS 2) sebagai calon wirausaha muda dan 3) sebagai praktisi-praktisi pendidikan ekonomi."

"Harapannya dengan adanya lomba debat ini mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan diri mahasiswa, kemudian meningkatkan wawasan yang luas, kemampuan berbahasa yang baik, dan kemampuan berargumentasi, bekerja sama tim, yang tentu saja dalam penyampaian yang baik. Terima kasih untuk para sponsor yang telah mendukung acara ini Bank Eka, Rumah Makan Mulya, Primamedia Percetakan Banner dan Toko Mulya Taqwa," ujar Fajri.

Yang menjadi juara dalam lomba debat isu-isu pendidikan dan ekonomi ini yaitu Juara 1 adalah tim 3 beranggotakan Abdillah, Ajeng, Novita Sari, Juara 2 adalah tim 5 beranggotakan Ayu, Ajib, Nuraida, Juara 3 adalah tim 7 beranggotakan Sayu, Tirta, Monica dan Juara Harapan adalah tim 8 beranggotakan Juan, Eka, Anggun. Para juara mendapatkan piagam penghargaan, piala, dan uang tunai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image