Memahami Pentingnya Moralitas dan Etika dalam Bisnis

Image
Yanti WD
Bisnis | Monday, 15 Nov 2021, 01:15 WIB

Apa itu moral? Moral itu sendiri adalah suatu norma yang sifatnya kesadaran dari diri kita akan suatu kewajiban yang harus di jalankan, mana yang baik dan buruk untuk melakukan sesuatu atau keharusan untuk meninggalkan suatu perbuatan tertentu yang dinilai masyarakat melanggar norma atau hukum. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai suatu kewajiban dan norma moral sekaligus menyangkut keharusan mauupun kewajibab untuk bersikap bersopan santun. Baik berupa sikap sopan santun maupun penilaian baik buruk terhadap sesuatu. keduanya sama –sama dapat membuat manusia beruntung dan bisa juga merugikan manusia. Dalam hal ini itu terdapat kesadaran terhadap suatu perbuatan dengan memadukan kekuatan nilai intelektualitas dengan nilai – nilai moral.

Definisi etika: Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

Di dalam beretika atau di dalam berbisnis ada beberapa ketentuan sikap yang harus di perhatinkan seperti tepat waktu dalam menghadiri rapat, menyebutkan nama klien dengan baik dan ramah. Dan juga Memberi suatu ucapan terima kasih atau maaf kepada klien. Hal-hal seperti ini merupakan suatu penerapan dari beretika dalam berbisnis dalam islam.

Etika bisnis mengunggah kesadaran dan memperhatikan batasan-batasan para pelaku bisnis untuk menjalankan yang baik dan tidak melakukan hal hal yang merugikan banyak pihak yang terkait dalam bisnis tersebut. Ketatnya persaingan bisnis menyebabkan beberapa pelaku bisnis kurang memperhatikan etika dalam bisnisnya sehingga bisa menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. Karna itulah masing-masing dari elemen suatu organisasi atau perusahaan tersebut harus bisa dapat menjaga etikanya sehingga kepercayaan dalam kerja akan dapat terjaga dengan baik.

Moralitas dan etika bisnis ini dapat dilaksanakan pada beberapa aspek. Saling menjaga kepercayaan dan kerjasama akan berpengaruh sangat besar terhadap reputasi perusahaan tersebut baik dalam lingkungan mikro maupun makro oleh karena itu menjaga nilai moral daan etika dalam berbisnis sangatlah penting.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Membuat QR Code Untuk WIFI DI Coffeshop

Image

Wilayah yang Kental dengan Pendidikan di Indonesia

Image

HUT RI ke-77, Sebanyak 259 Narapidana Rutan Jepata Terima Remisi Umum 3 Diantaranya Langung Bebas

Image

Tiga Keuntungan Investasi Reksa Dana yang Tak Banyak Diketahui Orang

Image

PSMTI DIY Menggelar Donor Darah, Peringati HUT RI ke-77

Image

PENELITIAN SEPUTAR PENCARIAN KATA KUNCI INTERIOR KAMAR

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image