Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sheilamida nanda muhaeni

Analisis Tindakan Fraud Dalam Manajemen Perusahaan

Info Terkini | Saturday, 13 Nov 2021, 21:40 WIB

Dalam dunia akuntansi, fraud merupakan tindak kecurangan yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau lebih. Pada setiap pengelolaan keuangan perusahaan, pasti akan selalu ada yang tindak kecurangan laporan keuangan atau niat buruk seseorang dalam menyalahgunakan keuangan perusahaan.

Terdapat berbagai cara dalam mencegah tindakan fraud tersebut seperti memberikan SOP anti korupsi dan membuat analisa keuangan dengan baik. Atau juga bisa menggunakan aplikasi akuntansi dengan basis cloud untuk menyimpan data keuangan yang disertai dengan otorisasisi khusus yang baik agar datanya aman.

Khususnya pada perusahaan tindakan fraud bisa terjadi dalam beberapa bentuk yang secara umum seperti mengubah biaya advertising dengan harga yang berbeda dari yang berlaku umum dengan alasan tertentu,membuat event atau ajang promosi dengan mengundang selebritis secara berlebihan sehingga terkesan lebih pada keinginan mempopularitaskan diri dari manajer marketing tersebut bukan pada usaha untuk menaikan angka penjualan produk.

Perusahaan yang memiliki risiko kerugian keuangan karena tindakan kecurangan yang terjadi dapat mengungkapkan siapa pihak yang melakukan kecurangan tersebut yang selanjutnya akan dimintai pertanggungjawabannya untuk mengganti kerugian perusahaan. Selanjutnya agar memiliki dampak efek jera maka perlu diambil tindakan baik administratif maupun hukum terhadap pelaku kecurangan.

Terkait dengan tindak lanjut secara hukum atas kecurangan yang ditemukan, maka perusahaan harus memiliki pertimbangan yang menyeluruh mencakup aspek keuangan perusahaan dan aspek legal terkait dengan regulasi terhadap karyawan maupun terhadap perusahaan.

Dengan demikian, efektifitas pengungkapan kecurangan yang terjadi pada perusahaan akan memberikan nilai tambah terutama untuk recovery kerugian yang terjadi, penyempurnaan sistem pengendalian dan menjadikan pelaku potensial lainnya urung melakukan kecurangan. Pada gilirannya, tindakan ini akan memberikan dampak positif bagi nilai perusahaan karena akan memungkinkan perusahaan untuk memperbaiki management dengan peningkatan kinerja perusahaan baik dari aspek ekonomisnya pengadaan, effisiennya proses bisnis dan efektifitasnya program kerja perusahaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image