Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Tingkatkan Kompetensi Guru, FTK Idaqu Gelar Webinar Nasional

Info Terkini | Saturday, 13 Nov 2021, 19:27 WIB

Pembelajaran di abad 21 ini, seluruh ilmu sudah bisa didapatkan secara mandiri dengan menggunakan internet maka seorang guru harus memiliki strategi, pendekatan, model, teknik, dan metode dalam pembelajaran agar memenuhi kriteria guru kompeten.

Dalam rangka meningkatkan para calon guru di Institut Daarul Qur’an Jakarta (Idaqu) khususnya mahasiswa prodi PGMI dan BKPI, Fakultas Tarbiyah menggelar Webinar Nasional “Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Abad 21”. Webinar yang digelar pada Sabtu (13/11) ini turut mengundang Slamet Hidayat, M.Pd. selaku akademisi di SILN Malaysia.

Webinar ini dibuka langsung oleh Rektor Idaqu, Ustadz Anwar Sani dalam sambutannya menyatakan bahwa dibandingkan hanya sibuk beribadah demi diri sendiri masih lebih baik apabila kita mengajarkan ilmu kepada orang lain. Karena amalan dari belajar dan mengajarkan ilmu merupakan amalan yang mulia dan sangat diperhitungkan oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Selepas sambutan dari rektor Dekan Fakultas Tarbiyah Idaqu, Ustadzah Putri Nurina mengatakan “Komponen penting dalam pembelajaran pada abad 21 itu adalah pendidikan karakter, karena dimana-mana nilai suatu murid yang paling pertama adalah karakternya atau akhlaknya.”

“Lalu komponen yang kedua adalah kompetensi atau kemampuan. Anak didik haruslah berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Lalu yang ke tiga adalah literasi, Ada 6 literasi dasar yang harus dikuasai, yaitu Literasi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial dan budaya.” lanjutnya.

Kemudian webinar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ustadz Miftachudin selaku Kaprodi PGMI, Slamet Hidayat, M.Pd. dari SILN Malaysia dan Ustadzah Leny Wahyuningsih selaku Kaprodi BKPI.

Sebelum webinar ini ditutup juga sempat dilakukan pembacaan MoA (Memorandum Of Agreement) atau kerjasama antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Idaqu dengan SDN Pegambiran 2 Cirebon.

Semoga dengan adanya webinar nasional dan pembacaan MoA, bisa meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Idaqu dan SDN Pegambiran 2 Cirebon, sehingga dapat meningkatkan literasi sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Untuk yang ingin melihat pembahasan lengkapnya bisa melihat siaran ulang Webinar Nasional “Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Abad 21” di channel youtube Institut Daqu

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image