Yuk Kenali Fungsi Rem dan Jenisnya untuk Motor

Image
web seo
Eduaksi | Wednesday, 06 Jul 2022, 22:29 WIB

Minyak rem memegang peranan penting pada mobil. Meski bukan merupakan komponen inti kendaraan, namun keberadaan minyak rem memang berpengaruh signifikan terhadap kinerja rem kendaraan. Minyak rem yang rendah pada mobil

pasti dapat mempengaruhi sistem pengereman dan membahayakan pengemudi. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui fungsi minyak rem, jenisnya dan cara kerjanya, yang dijelaskan pada uraian di bawah ini. gpsku

Fungsi minyak rem

Gesekan antara bantalan rem dan cakram adalah aktivitas sistem pengereman mobil. Gesekan yang konstan dapat menyebabkan kerusakan, terutama dalam kondisi kering.

Fungsi minyak rem ini untuk melumasi kedua komponen tersebut. Minyak rem ini bisa membuatnya lebih tahan panas dan meminimalisir kerusakan. Selain itu, minyak rem juga berfungsi untuk memandu sistem hidrolik.

Jenis Minyak Rem Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis minyak rem dengan spesifikasi dan fitur unik

? Saat ini, ada empat jenis minyak rem yang beredar di pasaran. Jenis-jenisnya adalah:

1.DOT3

Pertama, ada jenis minyak rem DOT3 yang mengandung poliglikol eter yang menyerap air. Bentuknya tidak berubah meski dicampur dengan air.

Oli DOT3 ini mudah ditemukan di pasaran. Sayangnya, minyak rem ini dapat merusak cat dan karet alam serta menimbulkan karat jika tidak diganti secara berkala.

2nd DOT 4

DOT 4 Minyak rem sering digunakan pada mobil tua. Namun, titik didihnya lebih baik daripada DOT 3. Sistem pengereman suhu tinggi ini tidak menurunkan kinerja minyak rem DOT4.

Sayangnya, kekurangan minyak rem ini sulit menyerap air, dapat menimbulkan korosi dan merusak cat, serta cenderung mahal.

3. DOT 5

Selanjutnya ada minyak rem DOT5 berbahan silikon. Keunggulan oli ini dibanding pendahulunya adalah cocok untuk semua jenis kampas rem, menyerap air dan tidak menyerang cat.

Namun, kinerja pelumasan DOT 5 dianggap rendah, sehingga diperlukan lebih banyak daya untuk mengerem. Selain itu, jenis minyak rem ini tidak cocok untuk mobil dengan fungsi pengereman ABS.

4. DOT5.1

Minyak Rem DOT5.1 versi terbaru terbuat dari glikol. Minyak rem ini memiliki kualitas terbaik dan memiliki titik didih yang tepat agar tahan lama.

Selain itu, DOT 5.1 cocok untuk semua formulasi kampas rem, bahkan di mobil terbaru. Cara Kerja Minyak Rem

Tujuan pengolesan minyak rem

adalah untuk mencegah gesekan yang berlebihan antara bantalan rem dan cakram. Cara kerjanya adalah piston dan master silinder bekerja sama. Selain itu, energi mekanik ditambahkan ke gesekan minyak rem, yang menciptakan panas dan dapat menghentikan roda sebagai respons terhadap tekanan tromol. Tahukah Anda fungsi minyak rem

? Untuk itu, penting untuk memeriksa dan mengganti minyak rem secara rutin. Minyak rem memiliki umur kurang lebih 2 tahun atau 40.000 kilometer. Jadi, ketika saatnya tiba, segera ganti. baca juga pajak honda monkey disini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Majene Gelar Dzikir Bersama Warga Binaan di Hari 10 Muharram

Image

KEMENKUMHAM CATAT 2 REKOR MURI PADA LOMBA ESPORTS

Image

5 Jenis Sepeda Gunung yang Perlu Kamu Ketahui

Image

Today, Hari Kucing Sedunia

Image

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Image

Cara Daftar Go Massage Anti Ribet

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image