Perbandingan Praktek Pembangunan di Indonesia

Image
Keysha Janaleya
Politik | Wednesday, 06 Jul 2022, 13:49 WIB

PENGERTIAN

Pembangunan ialah sebuah proses perkembangan dalam memajukan pembangunan untuk mencapai kemajuan supaya menjadi lebih bear dan cara berproses pada perubahan yang bermanfaat dalam sosial sertaekonomi pada rakyat supaya terciptanya suatu perkembangan pembangunan yang mampu dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga akan menjadi lebih baik.

Pada masa perkembangan pembangunan yang ada di indonesia memiliki beberapa tujuan yang harus di laksanakan agar mencapai pembangunan yang di impikan oleh masyarakat.

Berikut merupakan tujuan pembangunan:

1.Pemerataan pembangunan yang terdapat di dalam beberapa sector

Tujuan yang pertama ini mengungkapkan perihal berbagai sumber daya alam yang terdapat pada indonesia namun sumber daya alam tad belum tentu mampu memenuhi sumber kebutuhan rakyat, maka dari itu perlu di adakan nya pemerataan pembangunan supaya rakyat mampu sejahtera.

2. Menciptakan kesejahteraaan di masyarakat

Hal ini ialah tujuan yang sangat krusial serta bermanfaat bagi rakyat, sebab mampu memajukan dariberbagai aspek kehidupan seperti pada pendidikan mampu melalui proses pengajaran supaya pendidikan yang terdapat di indonesia mampu maju sebab setiap anak anak itu berhak menerima pengajaran yanglayat sehingga mampu menjadi generasi yang baik, kesehatan serta ekonomi rakyat.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara pada pembangunan

Salah satu tujuan ini sangat bermanfaat bagi rakyat dan anak anak, sebab rakyat wajib mampu berperan aktif didalam pembangunan supaya membawa perubahan perkembangan untuk membantu rakyat supayalebih Makmur hidupnya serta mampu berjalan lebih baik lagi.

4. Untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang berkualitaa pada proses pembangunan

Tujuan ini perlu di dukung lebih oleh rakyat agar pembangunan menjadi lebih lancar dan bisa di laksanakan dengan baik, proses ini merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk melaksanakan pembangunan serta pemberlakukan kebijakan.

Praktek pembangunan di masa orde lama

Pembangunan pada orde baru ini, pemerintah membuka landasan perencanaan supaya terciptanya kesejahteraan dan damai dalam rakyat, pada rencana pembangunan di Indonesia pada waktu masa orde lama lebih mengutamakan sector ekonomi menggunakan urgensi waktu supaya persoalan masala bisaselesai dengan baik agar tercipta nya kesejahteraan infrastruktur, bila tidak adanya rencana itu maka tidakakan terwujudnya pembangunan yang stabil. Perencanaan pembangunan di tahun 1965 sempat terhenti sebabsituasi politik yang meningkat serta kurang nya upaya pada kesejahteraan masyarakat Indonesia. Di masa itu juga perekonomian yang terdapat pada Indonesia mengalami penurunan seperti pemerintah yang tidakmampu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat nya dan menjadi terbatas sebagai akibatnya kebutuhan itu menjadi langka serta harga nya menjadi melonjak mahal.

Adapun penyebab keadaan ekonomi keuangan negara sangat buruk pada masa awal kemerdekaan yaitu :

- Inflasi yang sangat tinggi karena peredaran banyak mata uang yang tidak terkendali.

- Sejak November 1945, telah terjadi blokade ekonomi oleh Belanda untuk menutup pintu perdagangan luar negeri Indonesia.

Praktek pembangunan di masa orde baru

Pembangunan di saat masa orde baru ini pemerintahan memberdayakan pada rakyat serta menciptakaan peluang pekerjaan. Pemerintah di masa ini jarang sekali mengganti kebijakan ekonomi terutama pada aturan negara serta kebijakan ekonomi ini sudah di topang oleh stabilitas politik dari pemerintah. Munculnya ketimpangan sosial yang sangat menonjol telah menyebabkan munculnya keresahan sosial. Karena pada saat itu, pemerintah fokus pada perekonomian negara.

Langkah Langkah yang di tempuh oleh pemerintahan pada masa orde baru dalam bidang ekonomi yaitu :

-membuat relugasi tentang penekanan laju inflansi

-kembali bergabung dengan IMF

-menerapkan repelita dan revolusi hijau

Pada awalnya pembangunan di masa orde baru mempunyai tujuan untuk melaksanakan pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945, namun pembangunan masa orde baru ini memiliki penyimpangan penyimpangan seperti:

1.Pembantaian pada warga

Seperti contoh nya pembantaian pada oknum PKI.

2.Penggusuran

Penyimpangan pada hal ini mengambalih tanah masyarakat seperti akan di jadikan pabrik serta waduk.

3.Korupsi

Dalam masa orde baru ini kebijakan pada ekonomi trus dijalankan namun pertumbuhan ekonomi tidak stabil serta tidak mempunyai pembangunan yang adil.

Praktek pembangunan di era reformasi

Pembangunan pada saat era reformasi telah di tandai lengser nya suharto, dalam perencanaan pembangunan ini sudah terlalu sentralistis dan telah di anggap tidak bisa lagi untuk diteruskan, dalam pembangunan ini ada tuntutan untuk menguatkan masyarakat, sehingga pembangunan ini sungguh sungguh dilakukan untuk rakyat. Pada saat era reformasi ini masyarakat mempunyai kebebasan serta partisipasi untuk berbicara dan menyampaikan aspirasi nya, selain kebebasan berpendapat, kebebasan pers juga diperbolehkan. Dalam proses pembangunan nasional ini sudah demokratis untuk melaksanakan peran masyarakat. Reformasi pembangunan dikendalikan langsung oleh rakyat dan kebijakan pembangunan berbasis demokrasi yang didengar oleh, melalui, dan untuk rakyat, seperti pada masa Orde Baru, siapapun bisa memajukan kehidupan ekonomi Indonesia.

Di era reformasi memiliki empat perubahan yang sangat penting dalam rencana pembangunan yaitu :

1.Peran kepada badan perencanaaan pembangunan nasional yang kini sudah dibatasi sejak masa orde baru.

2.Pemberlakuan otonomi daerah sehingga itu yang menjadi penyebab setiap daerah akan bebas memilih rencana pembangunan nya sendiri.

3.Sistem pada pemilihan presiden yang di lakukan secara langsung dan sistem pemilihan pada kepada daerah yang di lakukan secara langsung juga.

4.Peran parlementer, di tingkat pusat maupun daerah yang berperan dalam pembangunan.

SUMBER REFERENSI

https://www.duniapengertian.com/2019/03/pengertian-pembangunan-serta-contohnya.html

https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-pembangunan-nasional-indonesia/

https://www.academia.edu/10123954/Pembangunan_di_Indonesia_pada_masa_Orde_Baru

https://media.neliti.com/media/publications/152076-ID-perencanaan-pembangunan-di-indonesia-pas.pdf

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Image

Video Kreatif Keren Tanpa Asap Rokok Lapas Perempuan Palembang Juara 1 pada HUT Yayasan Jantung Seha

Image

Apa sih itu Kebidanan? Apakah Bidan Berperan dalam Komsel kepada Pasien

Image

Bersama AFKSI, FK UMP Gelar Webinar Penanganan Stunting

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image