LP Narkotika Samarinda Himbau WBP Untuk Menjaga Kesehatan Lewat Penyuluhan PHBS

Image
Lapas Narkotika Kelas IIA Samarinda
Info Terkini | Wednesday, 06 Jul 2022, 10:22 WIB

SAMARINDA - Tim Kesehatan (Nakes) Lapas Narkotika Samarinda menggelar penyuluhan tentang bahaya penyakit HIV/AIDS dan sosialisasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Rabu, (6/7)

Dari Wikipedia HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit. HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). AIDS adalah stadium akhir dari infeksi HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Menurut Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan PHBS merupakan kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

WBP mendengarkan penjelasan dokter Lapas terkait PHBS. Sumber Foto Humas Lapas Narkotika Samarinda

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas Lapas Narkotika Samarinda merasa sangat perlu untuk memberikan penyuluhan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait HIV/AIDS dan PHBS khususnya pada hari ini penyuluhan kepada WBP kiriman baru yang masih dalam masa pengenalan lingkungan. Sebanyak 55 orang WBP mengikuti kegiatan penyuluhan dengan serius yang disampaikan oleh dr. Ivana selaku dokter umum Lapas Narkotika Samarinda dan didampingi oleh Tim Klinik Pratama Lapas Narkotika Samarinda. Kegiatan penyuluhan ini dielenggarakan untuk menambah pengetahuan WBP tentang penyakit menular khususnya HIV/AIDS serta pentingnya untuk melaksanakan budaya hidup yang bersih dan sehat.

dr. Ivana sedang menjelaskan kepada WBP Bahaya HIV. Sumber foto Humas Lapas Narkotika Samarinda

Hidayat Kalapas Narkotika Samarinda menyampaikan "dalam rangka memberikan layanan prima dibidang kesehatan kepada WBP Lapas Narkotika mengoptimalkan peningkatan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan PHBS. Lapas Narkotika Samarinda berkesinambungan memberikan penyuluhan agar pengetahuan WBP dan perilaku kesehatan di dalam Lapas dapat terselenggara dengan baik". Ucap Hidayat

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Akun resmi retizen Lapas Narkotika Samarinda

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Selayang Pandang Strategi Pembelajaran Sosial Emosional di Sekolah

Image

Kalapas Batang Hadiri Peresmian Closed House FPP Universitas Diponegoro

Image

Fatmawati: antara Cinta dan Poligami

Image

Sistem Pengelolaan Humas dikantor BPBA Aceh

Image

Kepala Rutan Jepara Hadiri Arahan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng

Image

Pengalaman beralih ke Tembakau Alternatif

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image