Sensansi Baru, di Sungai Opak Naik Perahu

Image
Sutanto
Wisata | Tuesday, 05 Jul 2022, 14:13 WIB

Sembari melihat megahnya jembatan Kretek 2, saat ini pengunjung dapat menikmati indahnya panorama sepanjang sungai opak dengan naik perahu. Untuk biayanya tak usah khawatir karena cukup murah. Sekitar setengah jam di atas perahu kita akan dibawanya mulai dari bawah jembatan baru sampai muara mangrove Baros.

Sensasui baru itulah yang ditawarkan oleh masyarakat pengelola destinasi wisata alam Kali Opak, dusun Karang Tirtohargo Kretek Bantul satu tahun belakangan ini.

Feri, salahsatu pengemudi perahu menjelaskan munculnya destinasi wisata ini bersamaan dengan dibukanya jembatan Kretek 2.

"Destinasi ini murni swadaya masyarakat, belum ada subsidi dana dari kalurahan, kapanewon maupun kabupaten. Sebenarnya warga masyarakat sangat berharap pemerintah ataupun wakil rakyat dapat memberikan pendampingan kepada kami, sehingga kedepannya destinasi ini semakin banyak dikunjungi wisatawan," imbuh Feri, Sabtu (2/7/2022).

Sampai saat ini destinasi wisata tersebut memang belum dikelola Pokdarwis, jadi masih dikelola masyarakat. Saat ini pengelola wisata diketuai Muji, dan rencananya di 2022 akan dibentuk kelompok sadar wisata sebagai wadah pengelolaan destinasi wisata.

Terdapat 2 buah perahu yang siap mengantarkan para pengunjung melihat panorama sepanjang sungai mulai dari dusun Karang sampai Mangrove Baros ditempuh dalam waktu 30 menit. Dari bawah jembatan baru sampai muara Mangrove Baros. Perahu dapat menampung 20 penumpang dilengkapi dengan pelampung sebagai pengaman meski ombaknya tidak besar.

Feri menambahkan, perahu beroperasi mulai jam 07.30 sampai 18.00 sementara buka Sabtu, Minggu dan hari libur. Menjelang maghrib banyak pengunjung yang ingin naik perahu sambil melihat matahari terbenam. Jadi kalau diluar waktu tersebut harus konfirmasi lewat WA terlebih dahulu.

Fasilitas yang ada di lokasi meliputi 2 buah toilet, musala, beberapa warung makan dan ruang pertemuan terbuka sederhana. Musala dibangun dari partisipasi masyarakat dan donator lain, sedangkan warung dibangun dari menyisihkan hasil menyewakan perahu.

Salahsatu pengunjung dari Sanden, Sutanto mengaku cukup puas dengan layanan di destinasi wisata tersebut. Dengan biaya terjangkau dapat menikmati panorama di sepanjang sungai opak sambil melihat megahnya bangunan jembatan Kretek.

"Jika di seputar lokasi fasilitas semakin lengkap, saya yakin tempat ini akan semakin ramai. Apalagi ombaknya juga tidak besar. Jadi hati ini menjadi tenang saat berada di atas perahu. Mungkin kedepan pihak pengelola bisa melakukan promo ke sekolah di Kabupaten Bantul agar cepat tersosialisasi," pungkas Tanto.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Celep RT.07 DK.02 Srigading Sanden Bantul DIY

Guru Harus Terus Belajar

Jathilan, Ikon Dusun Ceme

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image