Indikator Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Dalam Perspektif Pembangunan

Image
Siti sobariyah
Politik | Tuesday, 05 Jul 2022, 10:34 WIB

Pertumbuhan ekonomi merupakan indicator penting didalam kehidupan suatu Negara. Cepat atau lambatnya pertubuhan ekonomi pada suatu negara dipengaruhi beberapa faktor. Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi ditentukan dan dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi dan non ekonomi. Dan pertumbuhan ekonomi indonesia juga merupakan proses perubahan yang terus menerus menuju perbaikan termasuk usaha meningkatkan produk memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Memperhatikan peningkatan penduduk, mem[erhatikan biaya hidup masyarakat, Setiap pembangunan ekonomi memiliki tujuan yang ingin dicapai adalah terciptanya masyarakat adil dan makmur yang merata metrial speritual berdasarkan pancasila.

Adapula faktor-faktor yang mempengaruhi pertumubuhan ekonomi diIndonesia:

Pelaksanaan pembangunan nasional tidak selalu berjalan dengan mulus, karena dalam pelaksanannya banyak masalah yang menjadi penghambat, selain sumber daya manusia ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penggunan nasional lainnya yang terangkum.
1. Kurangnya infrastruktur yang diperlukan Salah satu faktor yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi di daerah indonesia mengalami ketimpangan, Sebut saja Jawa lebih maju dari daerah indonesia timur, karena jawa merupakan pusat pemerintahan dan memiliki infrastruktur yang memadai. Sementara di timur sana, infrastruktur baru mulai dikebut beberapa tahun belakangan ini padahal sumber daya alam disana sangatlah melimpah dan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menambah pertubuhan ekonomi indonesia. Pemerintahan Jokowi di periode 2014-2019 kemarin sangat mementingkan pembangunan infrastruktur. Jalan tol, pelabuhan, sampai bandara baru dibangun guna menunjang aktivitas kegiatan ekonomi. Semakin bagus infrastrukturnya, maka semakin rendah biaya produksi yang akan dikeluarkan oleh sektor industri. Misalnya dengan adanya Tol Jawa yang membentang dari ujung Jawa Barat sampai Jawa Timur telah membantu mempercepat sektor industri dalam proses pendistribusian barang.

2. Produktivitas penduduk yang rendah Tertingginya indonesia dibidang produktivitas yang masih rendah dan tingkat pertumbuhan penduduk masih cukup tinggi, membuat sumber daya manusia indonesia cenderung menjadi bebanyang menghambat laju pertumbuhan indonesia. Seiring dengan perubahan zaman, situasi ekonomi membaik, sistem ekonomi pasar menjadi dominan, dan persaingan antar perusahaan sejenis semakin ketat. Seperti yang diklaim perusahaan, perusahaan diharapkan dapat terus tumbuh dan menghasilkan laba yang memuaskan. Perusahaan harus mampu mengikuti perkembangan ekonomi agar mampu bersaing, dan perusahaan harus memikirkan kualitas dan terus menerus meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya. Ada dua faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
3. Kesenjangan sosial Kesenjangan sosial ini menimbulkan ketidakadilan dan status dalam masyarakat. Perbedaan mencolok terletak pada kapasitas ekonomi dan status sosial masyarakat yang tinggal di wilayah tertentu. Bentuk kesenjangan sosial ini membuat kelas bawah sulit mengakses hasil pembangunan di bidang pendidikan dan ada pula Kesenjangan pemerataan pendapatan, kemungkinan kerja, usaha kesehatan, ketakseimbangan pemodernan antar lingkungan menerbitkan antipasi sosial. Kesenjangan pemerataan pendapatan, kemungkinan kerja, usaha kesehatan, ketakseimbangan pemodernan antar lingkungan menerbitkan antipasi social ,contoh kasus dalam kesenjangan social dilihat dari perspektif ekonomi antara si kaya dan si miskin, PNS dan masyarakat umum. Penyebab utama ketimpangan sosial adalah kurangnya kesempatan kerja yang berujung pada kemiskinan.

4. Persaingan dan proteksi negara lain Persaingan dan proktesi negara lain dalam bidang perdagangan, persaingan semakin ketat dalam komoditas ekspor, serta tindakkan proteksi negara lain merupakan hambatan pengembangan ekspor indonesia. Kekurangan modal dan teknologi juga menjadi pemicu terhambatnya persaingan perdagangan secara internasional. Seperti Menaikkan tarif biaya masuk untuk membatasi masuknya barang impor, Campur tangan pemerintah dalam mengatur dan menetapkan penggunaan devisa, Adanya kuota impor (pembatasan jumlah masuknya barang impor tertentu kesuatu negara dengan tujuan melindungi produksi dalam negeri), Adanya larangan impor.
5. Pengangguran Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya. Karena sedikitnya lapangan pekerjaan Pengangguran selalu menjadi masalah yang sulit dipecahkan Di semua negara. Karena jumlah penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun, menyebabkan peningkatan jumlah pencari kerja dan pada saat yang sama angkatan kerja akan meningkat. Jika Anda tidak dapat mulai bekerja. Ketika mereka memasuki lapangan pekerjaan, Pengangguran adalah di atas segalanya, situasi ekonomi, Kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada pembangunan nasional dan sektor Ekonomi tidak berwujud, pendidikan rendah, kurangnya kualifikasi, Terbatasnya jumlah lapangan kerja yang tersedia lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pencari kerja, Keterampilan pencari kerja tidak sesuai dengan pasar tenaga kerja maka penganggurang salah satu factor penghambat pertumbuhan ekonomi.

6. Iklim dan keadaan alam Sumber daya manusia yang menghambat pembangunan juga menjadi faktor penentu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Negara bisa menggenjot peningkatan kualitas sumber daya manusia agar lebih terampil dan terlatih, Kualitas sumber daya manusia yang terampil dan terlatih akan berguna untuk mendongkrak produktivitas bisnis. Jika banyak bisnis berkembang, tentu pertumbuhan ekonomi juga akan terdongkrak. Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembangunan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampuan sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Karena orang hanya mengandalkan persediaan sumber daya alam yang cukup. Dengan arti Masyarakat akan meremehkan dan tidak mau kerja keras jika semua merasa tak terpenuhi.

Dalam buku Ekonomi Pembangunan (2017), Karya Patta Rapanna dan kawan-kawanDalam buku Sosiologi Pwembangunan (2016) oleh Adon Nasrullah Jamaludinhttps://lifepal.co.id/media/faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan-ekonomi/https://money.kompas.com/read/2021/06/23/173000026/ini-faktor-faktor-yang-bisa-memengaruhi-pertumbuhan-ekonomi?page=allhttps://www.liputan6.com/bisnis/read/3391752/7-faktor-bisa-hambat-pertumbuhan-ekonomi-ri-apa-sajahttps://www.gurupendidikan.co.id/faktor-pertumbuhan-ekonomi/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image