Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Pelatihan Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban Diselenggarakan oleh PPSDM Migas untuk PT CPPI Bat

Info Terkini | Monday, 04 Jul 2022, 10:11 WIB

Ikat Beban atau disebut juga Rigging adalah proses pergerakan beban berat dengan menggunakan tali (baik itu kawat, baja, manila, rantai, hoists, dan peralatan special lainnya). Seorang rigger atau juru ikat beban wajib mempunyai sertifikasi kompetensi karena pekerjaan rigging mempunyai potensi bahaya yang tinggi. Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) secara regular mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban.

PPSDM Migas dan PT Citra Pembina Pengangkutan Industrie (CPPI) Batam bekerja sama mengadakan pelatihan yang dilanjutkan sertifikasi kompetensi Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban yang diselenggarakan pada tanggal 17 sampai 28 Juni 2022 dengan Sri Waluyo Handayani sebagai Course Leadernya.

Waluyo menjelaskan bahwa materi yang diberikan selama pelatihan tentunya akan mendukung peserta untuk dapat merefresh pengetahuannya tentang pelatihan ini.

“Salah satu materi yang diberikan adalah perlunya identifikasi beban dengan cara mengukur dimensi beban (panjang, lebar, tinggi dan bentuk), mengetahui berat beban, menentukan titik berat beban dan mengetahui sifat beban,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan pelatihan ini untuk memberikan bekal kepada peserta diklat tentang teori praktis operasi pesawat angkat unit mobil crane dan juru ikat beban termasuk tentang keselamatan kerja di lingkungan industri migas. Pelatihan ini ditujukan untukTenaga kerja operator kran mobil dan juru ikat beban. Dengan memberikan materi diantaranya Pemeriksaan dan Pemeliharaan Kran, Pengetahuan K3 Industri Migas, Pengoperasian dan Keselamatan Kerja Kran, Praktek Operasi, Dasar - Dasar Rigging dan Alat Bantu Angkat Beban, dan Mekanika Teknik dan Load Chart.

Sebagai informasi tambahan, PT CPPI Batam adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan barang-barang industri merupakan bagian dari Citra Grup Batam sehingga kemampuan dan kompetensi tentang Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban mutlak diperlukan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image