Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ilham Alfiyanur

Sumber daya manusia sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan pembangunan

Politik | Sunday, 03 Jul 2022, 21:37 WIB
surabaya.proxsisgroup.com" />
Sumber gambar : surabaya.proxsisgroup.com

Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor pendukung untuk menggapai keberhasilan dari suatu pembangunan yang berada di suatu daerah maupun Negara, maka dari itu dengan memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas dalam hal pengetahuan, keterampilan, maupun kemampuan seseorang dalam bekerja dengan baik atau secara profesional maka akan menimbulkan keberhasilan dalam suatu pembangunan.

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas maka harus adanya pelaksanaan rekrutmen pegawai, penempatan pegawai, dan pengembangan pegawai dengan baik. Pelaksanaan rekrutmen pegawai merupakan proses mencari atau menerima para pelamar untuk bekerja dalam instansi tersebut dengan melalui tahap seleksi dokumen, psikotes dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan ketentuan dari instansi tersebut. Setelah diterima, maka akan diangkat menjadi sebuah pegawai dan diberikan penempatan sesuai dengan kebutuhan instansi untuk menjalani pekerjaan tersebut dan tahap selanjutnya yaitu melaksanakan pengembangan terhadap pegawai baru dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam instansi sehingga pegawai baru yang diterima dapat sesuai dengan yang diinginkan instansi tersebut dan berharap pegawai baru dapat memberikan kontribusi lebih untuk sebuah instansi.

Selain sumber daya manusia yang berkualitas, manajemen sumber daya manusia juga merupakan bagian dari suatu faktor pendukung terhadap keberhasilan dari suatu pembangunan. Menurut Marwansyah (2010), manajemen sumber daya manusia merupakan sebagai pendayagunaan sumber daya manusia di dalam organisasi, yang dilakukan melalui beberapa fungsi yaitu perencanaan sumber daya manusia, perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia, perencanaan dan pengembangan karier, pemberian kompensasi dan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta hubungan industrial.

Fungsi manajemen dalam sumber daya manusia adalah untuk mendayagunakan sumber daya yang dimiliki secara maksimal agar sumber daya manusia dapat bekerja dengan baik terhadap pekerjaan yang ia lakukan. Sumber daya manusia sendiri adalah individu yang bekerja sebagai penggerak dalam sebuah kelompok, organisasi maupun instansi yang memiliki kemampuan atau potensi di dalam kelompok, organisasi atau instansi pada suatu wilayah tertentu yang bekerja untuk keperluan dari tujuan kelompok, organisasi maupun instansi dengan segala potensi atau kemampuannya seperti kuantitas dan kualitas dari setiap individu.

immfakultasdakwah.blogspot.com" />
Sumber gambar : immfakultasdakwah.blogspot.com

Pembangunan nasional adalah proses perubahan yang sudah dipersiapkan untuk memperbaiki berbagai aspek kehidupan masyarakat melalui strategi, kebijakan, dan rencana meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, seperti pertahanan, ekonomi, politik, pendidikan dan teknologi, infrastruktur, kelembagaan dan budaya. Sumber daya manusia merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggapai tujuan bangsa dan pertumbuhan ekonomi yang menjadi salah satu faktor untuk menilai keberhasilan pembangunan dari suatu negara. Dalam UUD 1946, tujuan pembangunan nasional bisa dikatakan khusus yang mencakup mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, dan berperan serta dalam mewujudkan perdamaian.

Paradigma pembangunan yang sedang berlangsung ialah pertumbuhan ekonomi yang dapat diukur dari pembangunan manusia yang dapat dilihat dari tingkat kualitas hidup manusia di masing-masing Negara. Keberhasilan suatu pembangunan manusia tidak luput dari kinerja pemerintah yang berperan dalam menciptakan regulasi bagi terciptanya tertib sosial. Karakteristik yang cukup penting dalam pembangunan adalah adanya kemajuan, perkembangan, perbaikan, pertumbuhan, dan juga strategi.

Melalui sumber daya manusia yang unggul, dan berkualitas akan berdampak positif dan memiliki kontribusi terhadap peningkatan daya saing dan kemajuan bangsa, dan juga mendukung pembangunan nasional. Dalam hal ini yang menjadi latar belakang pengaruh dari kualitas sumber daya manusia itu sendiri yaitu sistem pendidikan yang baik serta bermutu maka dari itu diperlukan hal yang berkaitan dengan kualitas pendidikan, serta relevansinya dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja agar dapat terciptanya sumber daya manusia yang berkompeten.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image