Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ferry Kurniawan

Gerakan Literasi Lapak Baca Ralaska

Edukasi | Saturday, 02 Jul 2022, 14:14 WIB

Kelompok Pengabdian Masyarakat 05 Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) inisiasi peningkatan gerakan literasi desa. Dalam Pengabdian Masyarakat pelaksanaan yang mengusung tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi”, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) adakan lapak baca sebagai bentuk pembangunan desa yang sadar literasi.

Program tersebut dilakukan selama kurang lebih dua bulan di Desa Randualas, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun berhasil menarik partisipasi masyarakat, khususnya anak-anak. Masyarakat turut memberikan apresiasi kepada kelompok ini, dan berharap dapat menjadi contoh pembangunan bagi desa-desa lainnya di Madiun. Dengan adanya lapak baca, anak-anak diharapkan dapat memudahkan dalam mengakses pengetahuan baru. Bahkan sebelumnya, anak-anak mengakui jika sulit mengakses pengetahuan dan kekurangan kegiatan sepulang sekolah.

Dokumen Pribadi

“Iya mas, desa belum ada perpus dan di sekolah kurang menarik, jadi biasanya cuma main saja kalo pulang sekolah. Kalo disini seru, bisa kumpul sama teman-teman lain juga”, terang Aura selaku warga Desa Randualas pada Minggu (05/06/2022).

Program lapak baca ini berawal dari adanya siswa kelas 4 SD yang belum bisa membaca dan terbatasnya koleksi perpustakaan sekolah. Dalam program tersebut, dilakukan di Pendopo Balai Desa setiap Minggu pagi selama pengabdian berlangsung.

Ferry Ridho Kurniawan selaku koordinator kegiatan menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya Lapak Baca di Randualas adalah untuk memudahkan akses pengetahuan anak-anak diluar pendidikan formal dan mengisi kekosongan waktu sepulang sekolah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangun kabiasaan minat baca pada tingkat lebih baik lagi, meningkatkan pengetahuan masyarakat. Capaian yang diperoleh dari kegiatan ini ditandai dengan munculnya inisiatif maupun rasa ingin tahu dari anak-anak yang hadir, selain itu juga kehadiran Lapak Baca dapat meningkatkan relasi antara pelajar SD 01, 02, 03, dan 04 Randualas. Kendala yang dihadapi selama menghadirkan Lapak Baca yaitu, kurangnya partisipasi anak-anak maupun masyarakat, hal ini dikarenakan luasnya wilayah desa yang tidak dapat diakomodir sedangkan posko bertempat di daerah sentral.

Dokumen Pribadi

Kelompok Pengabdian Masyarakat 05 UTM ini beranggotakan yaitu . Ikhwan Sulistya Budi, Ilham Ramadan, Nadiya Eva Diyah A.R, Hariatin Widiya Diningrum, Devis Aprerilia Astuti, Nina Indriawati, Anis Erlinda, Anis Setiyowati, Nahnu Anshorulloh, Rio Prasetyawan, Ferry Ridho Kurniawan, Bryan Rangga Fristialfian, Berliana Rahayu, Ulyana ‘Indah, dengan Dosen Pembimbing Lapangan yakni Bapak Dr. Lucky Dafira Nugroho, SH.MH.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image