Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image adira fairuz

Tips untuk Memaksimalkan Performa Sound System

Info Terkini | Thursday, 30 Jun 2022, 10:01 WIB
Source : Freepik

Kami sering menerima telepon dari perusahaan yang telah memasang sistem suaranya oleh orang lain yang memberi tahu kami bahwa kualitas suaranya tidak sebagus atau seperti yang mereka harapkan. Kadang-kadang kita menemukan bahwa pemasangan dilakukan oleh 'teman' seseorang atau peralatan itu dibeli dari pengecer kotak besar dan lebih cocok untuk lingkungan rumah dan bukan lingkungan perusahaan atau gereja.

Jika Anda menemukan bahwa kualitas suara Anda tidak sejernih kristal, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan/dicari:

Temukan Speaker dengan Benar

Penempatan speaker yang tepat sangat penting untuk mendapatkan suara terbaik dari speaker Anda. Pertimbangkan kamar Anda - di mana penonton duduk? Apakah ada blok (tiang, layar, dll) antara penonton dan lokasi pembicara? Apakah setiap pembicara memiliki jarak yang sama dari audiens Anda? Cobalah untuk tidak menempatkan speaker di sudut. Apakah semua pembicara 'bertujuan' untuk memaksimalkan kinerjanya?

Kurangi Interferensi

Mikrofon dan sistem impedansi rendah dan seimbang lebih tahan terhadap interferensi dari sumber luar seperti sinyal RF (frekuensi radio) dan frekuensi elektro-magnetik. Dengan menggunakan kabel dan peralatan yang terlindung, Anda dapat mengurangi 'peredaman' suara lain melalui sound system.

Evaluasi dan Sesuaikan Semua Komponen Nirkabel

Terkait dengan interferensi, evaluasi dan penyesuaian setiap/semua komponen nirkabel memastikan kinerja yang andal. Perangkat ini secara rutin terpapar ke dunia di sekitar mereka dari sudut pandang RF. Meskipun ini tidak merugikan mereka dengan cara apa pun, mereka selalu harus memutuskan apa yang 'baik' untuk diterjemahkan dan dikirim ke sistem audio. Sebagian besar unit adalah gesit frekuensi yang berarti bahwa saluran komunikasi dapat diubah jika saluran tidak berfungsi dengan baik.

Periksa Grounding Peralatan/Evaluasi semua Pengkabelan

Kemungkinan sistem Anda memiliki steker ground tiga cabang. Pastikan dicolokkan ke stopkontak listrik yang disambungkan dengan benar dan diarde. Idealnya outlet yang melayani peralatan suara Anda harus memiliki tempat khusus sendiri. Sementara beberapa sistem relatif sederhana, sistem apa pun dapat ditenggelamkan dengan kabel atau konektor yang bermasalah.

Mengelola Ekualisasi dan Amplifikasi

Tujuan dari ekualisasi adalah membuat suara yang didengar seseorang dari speaker sedekat suara yang masuk ke mikrofon. Ekualisasi terbaik dilakukan dengan kombinasi mendengarkan suara yang terdengar ? Dan melalui perhitungan rinci yang memperhitungkan sejumlah item (paling baik dilakukan oleh teknisi suara).

Mengelola Ekualisasi dan Amplifikasi

Tujuan dari ekualisasi adalah membuat suara yang didengar seseorang dari speaker sedekat suara yang masuk ke mikrofon. Ekualisasi terbaik dilakukan dengan kombinasi mendengarkan suara yang terdengar ? Dan melalui perhitungan rinci yang memperhitungkan sejumlah item (paling baik dilakukan oleh teknisi suara).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image