Paparkan Adiwiyata Tim Matsanaba Gunakan Fasilitas Papan Digital

Image
Ely Widayati
Gaya Hidup | Wednesday, 29 Jun 2022, 13:14 WIB

dalam kurun waktu satu tahun persiapan madrasah Adiwiyata telah dilakukan dengan maksimal. Pada hari Selasa 28/06/22 digelar penilaian madrasah adiwiyata yang di tinjau oleh tim verifikasi yang terdiri dari 5 orang perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kemenag , Disdikpora Kabupaten Bantul. Kelima tamu istimewa hari itu disambut dengan hangat. Kepala madrasah dan jajarannya secara kompak menyalami para tamu dan mengarahkan ke sebuah kelas.

Sampai di kelas VII C itu sebuah meja panjang dengan taplak meja berjumbai biru tersedia untuk tim penilai didampingi oleh kepala madrasah sebagai pimpinan lembaga. Pewara secara formal namun terkesan santai membacakan serangkaian kegiatan diantaranya pembukaan dilanjutkan dengan sambutan, presentasi, visitasi ke lapangan, penyampaian hasil tinjauan ke lapangan, penyerahan kenang-kenangan hasil karya siswa, sesi foto dan penutup.

Kepala madrasah Mafrudah menyambut gembira atas hasil memuaskan dari tim yang menyatakan lolos ditingkat Kabupaten Bantul dan berhak maju ke level provinsi di tahun yang akan datang. "Insya Alloh madrasah kami siap melaju ke babak selanjutnya karena kegiatan ini sejak dulu sudah ada namun perlu diberdayakan dan di poles untuk digerakkan semuanya", jelas Mafrudah.

Paparan presentasi yang disampaikan oleh Joko Setiawan sebagai Ketua II Tim menggunakan layar sentuh yang pengoperasiannya melalui olah digital. Sejak dicanangkannya MTsN 6 Bantul sebagai madrasah digital, optimalisasi penggunaan papan digital terus menjadi urgensi dalam kegiatan pembelajaran di kelas digital.

Dalam paparannya Joko menjelaskan dengan menggunakan Microsoft power point yang dipadu dengan gambar gambar sebagai bukti fisik pada tiap komponen. Lebih lanjut bukti fisik dari berbagai macam kegiatan juga terkoneksi dengan video yang dihubungkan dengan internet melalui kanal YouTube.

Dalam presentasi awalnya Joko menampilkan keunggulan dan inovasi produk unggulan yaitu 3 M (Marmalade Markisa Matsanaba). Sebuah produk yang terbuat dari buah markisa dari kulit, biji, hingga daging buahnya bisa dimanfaatkan sebagai selai roti.

Proses pemaparan dari gambar pohon buahnya yang ditanam disekitar madrasah cukup dengan menyentuh ikon slide gambar secara otomatis akan tampil, demikian juga apabila disentuh link pembuatan produk 3 M maka otomatis papan digital itu akan mencari sumber tautan video. Proses ini melibatkan perangkat papan digital terkoneksi dengan internet. Kemampuan dan kecakapan digital sumber daya manusia menjadi sangat urgen dalam rangka kelancaran program madrasah digital

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Pendidik dan pemerhati sosial

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Image

Lapas Permisan Berkolaborasi Dengan Yayasan Mitra Alam Dalam Memberikan Pembimbingan Kepada WBP.

Image

Lomba Poster Nasional ESCO 2022

Image

Manfaat Beli Rumah di Pameran Properti, Bagus untuk Pemula!

Image

Rutan Palembang Kemenkumham Sumsel Didatangi Inspektur Wilayah V

Image

Pola Pikir Anak TK dan Metode Mengajar Guru TK

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image