Siap Hadapi Dunia Kerja, MAN 5 Sleman Selenggarakan Praktik Kerja Lapangan

Image
Fathna Sa'adati Choliliyah
Edukasi | Wednesday, 29 Jun 2022, 13:05 WIB

Siap Hadapi Dunia Kerja, MAN 5 Sleman Selenggarakan Praktik Kerja Lapangan

Sleman-- (MAN 5 Sleman) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman yang beralamat di Jalan Magelang Km 17 Ngosit Margorejo Tempel Sleman merupakan salah satu madrasah yang menyelenggarakan program lintas minat keterampilan. Selain mendapat layanan peminatan MIPA, IPS, dan Keagamaan, para peserta didik berhak memilih salah satu lintas minat Tata Busana, Tata Boga, atau Multimedia. Ketika menduduki akhir semeseter genap kelas XI, peserta didik wajib mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di berbagai dunia usaha dan industri di luar madrasah.

PKL MAN 5 Sleman Tahun Ajaran 2021/2022 diikuti oleh 91 peserta didik yang disebar di 31 Dunia Usaha Dunia Industri di Wilayah Sleman dan Magelang Jawa Tengah. Dilaksanakan selama dua pekan (20/06-02/07), agenda tersebut mengambil waktu liburan semester agar tidak mengganggu Pembelajaran Tatap Muka di Madrasah. Adapun program PKL Tata Busana bekerja sama dengan sembilan tempat usaha fashion, seperti rumah jahit, butik, dan pembuatan aksesoris. PKL Tata Boga bekerja sama dengan beberapa UMKM bergerak di bidang kuliner di antaranya katering, bakery, pengolahan salak, dan rumah makan. Sedangkan program Multimedia ditempatkan di dinas pertanian, balai desa, Kampung Kaos, percetakan, dan fotokopi.

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad mendukung penuh terselenggaranya PKL, “Era industri 4.0 ini membutuhkan sumber daya manusia yang siap akan tantangan, bukan pekerja yang statis dan tidak mau berkembang. MAN 5 Sleman berusaha menciptakan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan berkompetensi sesuai kebutuhan industri. Adanya PKL ini melatih para siswa untuk siap berkarya di dunia usaha, sehingga ketika lulus nanti, mereka sudah punya bekal yang cukup.”

“Saat pembelajaran di madrasah, siswa mendapatkan teori dan praktik di laboratorium keterampilan. Tujuan PKL ini agar para siswa MAN 5 Sleman bisa mempraktikkan secara langsung di lapangan materi-materi yang telah didapat di madrasah. Sebelum penerjunan ke lokasi, kami telah membekali peserta PKL terkait dengan hal-hal yang perlu dilaksanakan dan diperhatikan di tempat usaha.” Ujar Titik Susilawati, S.Pd., koordinator Program Keterampilan MAN 5 Sleman sekaligus guru Tata Busana. Saat pelaksanaan PKL, para guru keterampilan pun secara terjadwal memantau langsung kegiatan peserta didik di lokasi.

Salah satu peserta dari program Tata Boga, Lana Tri (XI IPS 2) mengaku senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ia ditempatkan di Nun Bakery, sebuah tempat usaha pembuatan roti dan kue yang terletak di Pandowoharjo, Sleman. Di tempat PKL, Lana bisa memperoleh ilmu baru yang tidak didapat di madrasah.

Semoga kegiatan PKL MAN 5 Sleman bisa berjalan dengan lancar hingga penarikan nanti, amin. (fat)

Guru pembimbing memantau langsung pelaksanaan PKL
PKL tata busana di rumah jahit
PKL Tata Boga di bakery
PKL Multimedia di tempat produksi kaos
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemenkumham Jateng Gelar Rapat Koordinasi tentang Pengesahan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2022

Image

Lapas Permisan Berkolaborasi Dengan Yayasan Mitra Alam Dalam Memberikan Pembimbingan Kepada WBP.

Image

Lomba Poster Nasional ESCO 2022

Image

Manfaat Beli Rumah di Pameran Properti, Bagus untuk Pemula!

Image

Rutan Palembang Kemenkumham Sumsel Didatangi Inspektur Wilayah V

Image

Pola Pikir Anak TK dan Metode Mengajar Guru TK

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image