Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Membanggakan, Anak TKI ini Menyandang Gelar Duta Pendidikan Literasi Jawa Timur

Eduaksi | Monday, 27 Jun 2022, 19:14 WIB
Ade Sukandi Novita Finalis Putri Pendidikan Jawa Timur 2022 saat acara Grand Final di Grand City, Surabaya.

Retizen Republika.co.id. Ade Sukandi Novita yang biasa akrab dipanggil Wiwin ini benar-benar mutiara Indonesia yang membanggakan kedua orangtuanya. Anak yang dilahirkan dari Sabah, Malaysia ini telah sukses menyandang gelar bergengsi dalam ajang Grand Final Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2022 sebagai Duta Pendidikan Literasi Jawa Timur dimana harus bersaing dengan 30 peserta finalis lainnya di Babak Final.

Putri Ade adalah sebutan bagi dirinya setelah berhasil menjadi salah satu Duta Pendidikan Jawa Timur ini dikenal sebagai anak yang pandai dan kerap meraih prestasi dari sejak kecil dimana saat itu dia pernah bersekolah dari Humana (setara SD) dan CLC (Sekolah SMP di Sabah) selalu menjadi juara dalam berbagai lomba, seperti Olimpiade maupun Cerdas Cermat di Sabah, Malaysia. Saat ini, Putri Ade yang merupakan Alumni SMA Muhammadiyah 1 Ngawi tersebut telah berkuliah di salah satu kampus terkenal di Propinsi Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya dengan mengambil jurusan pendidikan fisika.

Kegiatan Pemilihan Putra dan Putri Pendidikan Jawa Timur 2022 ini dimulai dari Bulan Januari - Maret 2022 yaitu tahap pendaftaran/administrasi, Bulan Maret - Mei 2022 itu seleksi tahap 1 dan seleksi tahap 2. Kemudian pada tanggal 24 - 25 Juni pelaksanaan grand finalnya.

Secara teknis, penyelenggaraan Putra Putri Pendidikan Jawa Timur 2022 ini terbilang cukup ketat dan sangat selektif oleh pihak Panitia dari Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia. Pertama, awal proses dari event tersebut adalah seleksi administrasi yang dibuka sejak Januari - Mei 2022. Lalu dilanjutkan dengan seleksi tahap 1 yaitu tes tulis yang dilaksanakan secara online dan seleksi tahap dua yang dilaksanakan secara offline dan online. Lalu setelah itu dilaksanakan tahap semifinal di BG Junction Surabaya. Dan yang lolos ke final ada 12 kategori remaja baik putera dan 12 kategori remaja puteri, dan 15 kategori umum putera, 15 kategori umum puteri

Seperti yang dilansir oleh kontributor, Putri Ade mengaku bahwa keikutsertaan ini tidak lepas dari motivasi yang dia bangun. Putri Ade saat mengikuti pemilihan tersebut adalah karena ingin mencari pengalaman dan juga dari latar belakang saya sendiri sebagai anak TKI saya ingin membuktikan bahwa kami juga bisa berprestasi. Dan ini juga menjadi bukti tambahan bahwa prestasinya tidak bisa dipandang sebelah mata, karena di even sebelumnya, Putri Ade juga pernah menjadi Wakil II Diajeng Kabupaten Ngawi dalam Pemilihan Dimas Diajeng Kabupaten Ngawi pada waktu yang lalu.

Selain itu, Putri Ade menyampaikan kesannya saat mendapatkan gelar ini tentunya bangga, juga tidak menyangka bahwa saya akan mendapatkan gelar sebagai Duta Pendidikan Literasi Jawa Timur karena menurut saya teman-teman yang lain juga sangat hebat dan tentunya berprestasi. "Alhamdulillah bisa mencapai titik sukses sampai saat ini dengan doa-doa dari Orang Tua, teman-teman juga, jawabnya".

Putri Ade saat menerima gelar sebagai Duta Pendidikan Literasi Jawa Timur dari pihak panitia Paguyuban Putra Putri Pendidikan Jatim di Grand City Mall, Surabaya.

Setelah dinobatkan sebagai Duta Pendidikan Literasi Jawa Timur 2022, Putri Ade akan melakukan tugasnya sebagai Delegasi Jawa Timur dalam pengembangan literasi. Rencana selanjutnya setelah ini adalah dia telah tergabung dalam paguyuban Putra Putri Pendidikan Jawa Timur, dan tentunya akan melaksanakan program kerja dari paguyuban sendiri dan juga merealisasikan advokasi advokasi ke kehidupan masyarakat.

Sukses terus untuk Ade Sukandi Novita, semoga prestasi ini bisa menjadi cambuk semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi dan terus menjadi salah satu anak TKI yang menginspirasi dunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image