Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Rahmadina

Indikator Keberhasilan Ekonomi di Indonesia

Gaya Hidup | Monday, 27 Jun 2022, 17:17 WIB
Sumber Photo : Pinterest

Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peranan pemerintah sebagai mobilisator, Pembangunan sangat strategis dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator untuk melihat hasil pembangunan yang telah dilakukan dan juga berguna untuk menentukan arah pembangunan di masa yang akan datang. Perubahan-perubahan tersebut bukan saja merupakan keuntungan bagi pemerintah daerah, tetapi juga bagi kehidupan masyarakat luas dalam meningkatkan kesejahteraannya. Di era globalisasi sekarang ini, pembangunan perekonomian harus melibatkan semua pihak, terutama peran pemerintah yang harus lebih dominan dikarenakan pemerintah mempunyai aturan-aturan serta kemampuan yang mendukung terhadap tumbuh dan berkembang perekonomian suatu daerah, sehingga pembangunan ekonomi daerah berkembang yang pada akhirnya tingkat pendapatan penduduk meningkat, kesempatan kerja bertambah, daya beli meningkat dan masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan perekonomian tersebut. Tujuannya yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekankan laju inflasi, mengurangi pengangguran dan mengurangi kemiskinan.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Membaiknya atau berkembangnya ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh indikator di dalamnya, yaitu :

1) Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita menjadi indikator ukuran keberhasilan pembangunan ekonomi. Intinya jika pendapatkan perkapita semakin tinggi dan mengalami kenaikan, maka itu juga akan membuat stabilitas ekonomi lebih baik. Sehingga masyarakat juga akan semakin terjamin.

2) Bidang Kesehatan

Kesehatan juga sangat berpengaruh kepada perekonomian. Dengan mudahnya akses dalam bidang kesehatan, maka taraf kehidupan masyarakat juga akan semakin tinggi. Sehingga bisa dipastikan bahwa kesehatan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

3) Urbanisasi

Urbanisasi menjadi salah satu indikator pembangunan ekonomi karena jika penduduk di sebuah Negara pindah dari desa ke kota, maka hal tersebut menandakan bahwa kesejahteraan dan kemakmuran akan muncul.

4) Struktur Ekonomi

Indikator selanjutnya dari pembangunan ekonomi adalah struktur ekonomi. Ketika pembangunan ekonomi mengalami perkembangan, maka struktur ekonominya juga akan mengalami perkembangan.

5) Sektor Pendidikan

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yang paling penting lainnya adalah dibidang pendidikan. Semakin banyak warga Negara yang cerdas, maka pembangunanya juga akan semakin bagus sebagaimana contohnya seorang yang memiliki kepandaian dalam wirausaha mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Tolok ukur pembangunan

Pembangunan hendaknya tidak hanya mengejar pertumbuhan semata, namun pertumbuhan itu harus berkualitas dan berwawasan lingkungan. Kualitas pembangunan menjadi semakin penting demi menjawab penciptaan lapangan kerja, penurunan kemiskinan, penyediaan pangan dan energi serta masalah lingkungan.

Tujuan utama setiap negara melakukan pembangunan ekonomi adalah untuk memeroleh kemakmuran, baik kemakmuran bagi negara maupun kemakmuran bagi penduduknya. Kemakmuran hanya bisa diperoleh apabila pembangunan ekonomi yang dilakukan suatu negara berhasil. Keberhasilan pembangunan ekonomi tidak hanya dilihat dari sisi ekonomi saja, tetapi juga dari sisi lainnya. Oleh sebab itulah, keberhasilan suatu pembangunan ekonomi ditentukan oleh faktor ekonomi dan faktor non-ekonomi. Perencanaan ini merupakan suatu rangkaian persiapan tindakan untuk mencapai tujuan. Perencanaan merupakan pedoman, garis-garis besar atau petunjuk-petunjuk yang harus dituruti jika menginginkan hasil yang baik sebagaimana direncanakan. Anggaran adalah suatu alat untuk perencanaan dan pengawasan operasi keuntungan dalam suatu organisasi laba dimana tingkat formalitas suatu budget tergantung besar kecilnya organisasi. Setelah adanya penganggaran pemerintah daerah dapat melakukan kegiatan pembangunan. Pembangungan adalah adalah kemajuan ekonomi yang dapat diwujudkan dengan cara mengubah struktur ekonomi yang terdahulu dan berusaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita.

Mahasiswi Administrasi Publik

Universitas Muhammadiyah Jakarta

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image