Gavle, Tradisi Bakar Kambing Raksasa Saat Natal di Swedia

Image
Abu Ubaidillah
Wisata | Saturday, 30 Oct 2021, 14:30 WIB

Setiap negara memiliki tradisi yang berbeda untuk merayakan Natal yang jatuh setiap tanggal 25 Desember. Mulai dari menghias pohon cemara, menikmati jamuan makan malam, sampai tukar kado antara anggota keluarga dan teman.

Tapi beberapa negara memiliki tradisi yang unik dan berbeda, sehingga membuat para wisatawan tertarik untuk menyemarakkannya. Salah satu tradisi unik pada malam perayaan Natal adalah tradisi Gavle.

Tradisi Gavle Saat Natal di Swedia

doapengasih" />
Sumber gambar: doapengasih

Tradisi ini dilakukan di kota kecil bernama Gavle, masyarakat setempat memiliki tradisi merangkai replika kambing raksasa setinggi 43 kaki atau lebih dari 13 meter. Replika kambing tersebut terbuat dari berbagai macam bahan, seperti sedotan, daun pinus, dan lainnnya.

Pada malam perayaan Natal, kambign raksasa tersebut dibakar di tengah keramaian dan disaksikan ratusan orang. Masyarakat setempat maupun wisatawan pun tertarik untuk melihat tradisi yang hanya berlangsung setahun sekali ini.

Apa Makna Tradisi Gavle di Swedia?

Gavlebocken: Shutterstock

Sebenarnya, tradisi awal masyarakat Gavle adalah kambing raksasa tersebut tidak dibakar. Kambing menjadi simbol Natal ala Suku Scandinavia. Di Gavle, kambing yang dibuat diberi nama Gavlebocken.

Tapi, ada saja insiden yang menyebabkan replika itu terbakar setiap tahunnya. Dalam 50 kali perayaan ulang tahun Kota Gavle, Gavlebocken dibakar sebanyak 35 kali sampai benar-benar hangus.

Pada tahun 2001 misalnya, turis asal Amerika Serikat sengaja membakar Gavlebocken karena mengira replika kambing raksasa tersebut sudah waktunya dibakar. Namun dia kemudian didenda sebesar USD 10 ribu atau lebih dari Rp 100 juta.

Saking seringnya kambing replika tersebut terbakar, banyak yang mengira bahwa pembakaran adalah bagian dari tradisi Gavle. Maka dari itu tidak heran bila Gavlebocken sering dibakar menjelang perayaan Natal.

Tidak heran pula, selain menyanyikan lagu Natal, perayaan tradisi unik di Kota Gavle ini sangat dinantikan masyarakat setempat. Bahkan perayaan tersebut menjadi salah satu tradisi Natal paling unik di dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang yang senang berbagi.

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

GB Whatsapp Versi Terbaru, Lihat Kelebihan yang Dimilikinya

Image

Apakah Pinjaman Online Itu Menguntungkan atau Malah Merugikan?

Image

PEREMPUAN MULIA DENGAN ISLAM

Image

Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android dan Iphone

Image

Ingin Irit Kuota Download Youtube Go Apk, Youtuban Gratis Tanpa Kuota

Image

Heboh Kini Muncul Link Download Youtube Go Apk Versi Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image