Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amalia

Kebakaran Rumah Warga Sukahaji

Info Terkini | Sunday, 26 Jun 2022, 18:31 WIB

Dr. Aida Azizah, S.pd., M.pd ( Dosen PBSI, FKIP, UNISSULA)

Amalia Nurfitriyani Suhaesty ( Mahasiswa PBSI Unissula )

Kebakaran rumah sering terjadi di daerah pemukiman warga. Banyak warga yang kehilangan harta bendanya bahkan kehilangan anggota keluarganya akibat kebakaran. Kebaran rumah dapat terjadi karena beberapa faktor. Beberapa faktor pemicu kebakaran yaitu :

1. Kabel rusak

2. Rokok

3. Colokan listrik

4. Masalah dapur

5. Listrik dekat api

6. Cairan kimia

7. Petir

Sebelum menganalisis masalah kebakaran dengan tindak tutur, sebaiknya kita harus mengetahui apa itu tindak tutur. Tindak tutur merupakan tuturan yang di dalamnya terdapat tindakan. Leech (1983) berpendapat bahwa sebuah tindak tutur hendaknya mempertimbangkan lima aspek situasi tutur meliputi : pentur dan mitra tutur, konteks tuturan, tujuan tuturan, tindak tutur sebagai suatu tindakan, dan tuturan sebagai produk tindak verbal. Ada beberapa jenis tindak tutur yaitu : konstatif, performatif, lokusi, ilokusi, perlokusi, representatif, direktif, ekspresif, komisif, deklarasi atau isbati, lansung, tidak lansung, harfiah, dan tidak harfiah. Nah, Kita akan menganalisis sebuah artikel yang berjudul “ Kebakaran Hebat di Kota Bandung, Enam Rumah Warga Sukahaji Hangus Terbakar “ . Berikut Hasil analisis

1. Lokusi

Tindak tutur lokusi adalah tindak tutur untuk menyatakan sesuatu. Makna tuturan yang disampaikan biasanya adalah sebuah fakta atau keadaan yang sebenarnya. Dalam tindak tutur lokusi, informasi yang disampaikan adalah yang sebenarnya.

Contoh Kutipan : Kebakaran hebat melanda enam rumah milik warga di Jalan Pasirkoja, Gg Satatasariksa, Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Sabtu (25/6/2022).

2. Ilokusi

Tindak tutur ilokusi merupakan tindak tutur yang mengandung makna tersembunyi atau makna lain yang dikehendaki oleh penutur terhadap mitra tutur. Tindak tutur ilokusi adalah tindak tutur yang mengandung daya untuk melakukan tindakan tertentu dalam hubungannya dengan mengatakan sesuatu.

Contoh kutipan : kepada Diskar PB Kota Bandung, Totoy Suherman mengatakan, pihaknya mengerahkan 13 unit untuk mengatasi kebakaran tersebut.

Berdasarkan analisis di atas, mengenai kebakaran rumah, bisa kita jadikan pembelajaran untuk berhati hati. Tidak menutup kemungkinan kebakaran rumah akan terjadi karena masalah kecil. Maka itu dihimbau masyarakat untuk mengecek sumber sumber listrik dan api.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image