Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nuri Ninik

Cara Kerja SEO

Bisnis | Friday, 29 Oct 2021, 11:22 WIB

Banyak orang yang sering mengatakan ingin “jago” SEO tapi tidak paham betul bagaimana cara kerja SEO sendiri. Padahal, mengetahui cara kerja SEO tentu sangat diperlukan untuk bisa menyusun strategi di kemudian hari.

Nah, untuk Anda yang masih bingung dan ingin tahu bagaimana cara kerja SEO, di bawah ini terdapat sedikit ulasan singkat mengenai cara kerja SEO. Simak ulasannya ya!

Cara Kerja SEO

Crawling

Perayapan atau Crawling ini merupakan sebuah proses dalam mengambil semua halaman web yang sudah terhubung dalam situs website. Tugas utama ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut dengan crawler dalam mesin pencari.

Indexing

Merupakan sebuah proses pembuatan indeks pada semua halaman web yang sudah diambil dan tersimpan pada database mesin pencari. Pada dasarnya proses ini merupakan identifikasi kata-kata dan tulisan yang menjadikan halaman itu masuk pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Calculating Relevancy

Pada sebuah halaman web biasanya memiliki jumlah kata kunci yang bisa di input pada mesin pencari. Sehingga akhirnya mesin pencari bisa melakukan proses menghitung relevansi pada setiap halaman yang sudah terindeks kata kunci.

Processing

Ketika mesin pencari sudah menerima request dari user untuk mengetik kata kunci maka mesin pencari akan melakukan proses dengan membandingkan kata kunci pada request pencarian dengan halaman lainnya.

Retrieving Result

Ini merupakan langkah terakhir yang terjadi dalam mesin pencari yaitu dengan mengambil hasil yang relevan dari kata kunci yang sudah diproses sebelumnya. Kemudian menampilkan di dalam daftar mesin pencari yang ada di browser.

Kini setiap bulannya mesin pencari akan terus melakukan pembaruan terhadap banyaknya algoritma yang berhubungan dengan relevansi pada tampilan hasil mesin pencari. Semua ini dilakukan agar hasil pencarian bisa sesuai dengan kata kunci yang sudah dimasukkan.

Walaupun prinsip dasar pencarian ini sama namun tetap saja yang menjadi pembeda adalah algoritma.

Jadi, bagaimana? Mudah bukan untuk memahami cara kerja SEO? Jika Anda rasa kesulitan untuk membuat website Anda berada di halaman pertama, Anda bisa menggunakan Jasa Google Ads.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image