Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ladyna Chelsiandra

Cara Merawat Buku Supaya Awet

Eduaksi | Saturday, 25 Jun 2022, 23:30 WIB
Buku-buku penulis

Pada zaman yang serba canggih ini, buku fisik masih menjadi pilihan utama dibanding e-book. Alasannya karena ada sensasi tersendiri ketika membaca buku fisik, salah satunya adalah aroma khas buku baru yang tidak ada dalam e-book.

Tidak seperti e-book yang cenderung lebih awet dan tahan lama, buku fisik lama kelamaan bisa rusak. Rusaknya buku bisa terjadi karena kelalaian dari kita sendiri yang tidak merawat buku atau mungkin karena sudah lama usia buku itu.

Kalian para pencinta buku pasti kesal kan? Jika buku-buku koleksi kita kotor, rusak, terlipat, berjamur dan masalah-masalah lainnya yang membuat buku kita tidak secantik seperti sediakala? Nah, masalah ini pasti sudah sering terjadi, tapi kita bingung harus melakukan perawatan buku mulai dari mana.

Cara merawat buku itu tidak terlalu susah, tapi masih saja banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat buku yang benar supaya buku kita selalu awet dan terhindar dari jamur. Berikut beberapa cara mudah merawat buku supaya lebih awet dan terhindar dari jamur:

1. Berikan sampul buku

Cara yang pertama adalah membungkus buku menggunakan sampul plastik. Usahakan setelah membeli, buku itu langsung diberi sampul. Jika kamu tidak terlalu senang bukumu diberi sampul, kamu bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan cara memasukan bukumu ke dalam kantung plastik khusus. Setelah itu, kamu bisa menatanya di tempat yang kamu inginkan.

2. Simpan buku dengan posisi berdiri

Setelah menyampul buku, letakkan buku dengan posisi berdiri. Karena jika kita meletakkan buku dengan posisi ditumpuk, itu akan membuat sirkulasi udara pada buku menjadi lembap dan akan menimbulkan jamur. Menumpuk buku juga bisa menyebabkan pudarnya tinta pada kertas karena kertas yang saling menempel.

3. Perhatikan tempat menyimpan buku

Simpanlah buku di tempat terbuka dan tidak lembap supaya tidak terkena jamur. Kemudian susun yang rapi dan beraturan. Kamu juga bisa menyimpan buku di kamar atau kamu juga bisa menyimpannya di ruangan khusus yang sudah kamu sediakan.

4. Jangan melipat halaman buku

Sebaiknya jika ingin membaca, gunakan pembatas halaman alih-alih melipatnya. Karena jika kamu melipat halamannya, maka itu akan meninggalkan bekas pada halamannya. Saat kamu ingin menggunakan pembatas halaman, perhatikan juga ketebalannya. Jika terlalu tebal, maka akan meninggalkan bekas lengkungan atau bisa membuat jilid buku lepas. Oleh karena itu, jangan gunakan pembatas halaman yang terlalu tebal.

5. Bersihkan tempat penyimpanan buku

Jika sudah disimpan, jangan lupa untuk membersihkan bukunya. Debu-debunya akan terus menempel jika tidak dibersihkan dan membuat buku semakin kotor. Bersihkan debu dari buku menggunakan kain yang bersih, kemoceng atau juga bisa memakai penyedot debu.

6. Gunakan silica gel

Dan cara yang terakhir adalah menggunakan silica gel. Silica gel fungsinya untuk menyerap air yang dibawa udara agar tidak melembapkan buku. Selain itu, silica gel bertujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada buku . Lalu jangan lupa untuk mengganti silica gel secara berkala.

Ituah beberapa cara merawat buku agar selalu awet dan terhindar dari jamur. Jika kamu melakukan cara-cara di atas, pastinya buku-buku kesayanganmu akan selalu dalam kondisi yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image