Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Masyarakat Bercerita

Agama Islam Mengajurkan Pemeluknya Untuk Bekerja Dengan Baik Dan Jujur

Agama | Saturday, 25 Jun 2022, 22:24 WIB

Dalam sebuah hadis riwayat Bukhori, Rosulullah menjelaskan bahwa 'seandainya ada seseorang diantara kamu pergi membawa setumpuk kayu, dan kayu tersebut dijualnya, dengan jalan tersebut, ia telah menjaga kehormatan dirinya, perbuatan itu lebih baik ketimbang meminta-minta, diberi atau tidak.'

Sumber Gambar : pixabay.com

Melihat hadis diatas, Islam sangat mengajarkan pada umatnya untuk bekerja keras, selagi mampu, tidak ada pekerjaan hina bagi Agama Islam, semua yang dikerjakan dengan cara halal dan benar itulah pekerjaan yang mulia, bahkan menjual kayu bakar sekalipun.

Perbuatan mengemis atau meminta-minta sangat dikecam dan dilarang dalam Islam, walaupun kita harus tetap memberi kepada mereka yang meminta-minta, jika kita punya.

Islam memberikan pahala berkali lipat bagi mereka yang bekerja dengan benar dan jujur, bahkan jika kita meninggal dalam keadaan bekerja, ia akan mendapat gelar syahid, ini adalah bukti bahwa Islam sangat menghargai dan menyukai mereka yang bekerja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image