Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image mustika rahayu

Menjadi Mahasiswa yang Produktif

Eduaksi | Saturday, 25 Jun 2022, 19:02 WIB

Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang bisa mengatur atau memanajemen waktunya dengan baik guna untuk melakukan hal- hal yang menghasilkan manfaat baik itu untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Menjadi mahasiswa produktif meneurut saya sedikit sulit, karena kebanyakan dari mahasiswa banyak dihadapkan dengan berbagai tugas dari setiap mata kuliahnya, baik tugas individu maupun tugas kelompok, sehingga mahasiswa akan merasa mempunyai sedikit waktu untuk mengerjakan tugas perkuliahan.

Kita sebagai mahasiswa seringkali merasa pusing karena di akhir pekan masih banyak tugas yang belum terselesaikan, sehingga membuat waktu quality time bersama keluarga maupun sahabat menjadi sangat berkurang. Meningkatkan produktivitas dan mengatur waktu sebaik mungkin merupakan hal terpenting untuk menjadi seorang mahasiswa produktif.Salah satu contoh mahasiswa produktif ialah mahasiswa yang aktif dan tekun dalam kegiatan perkuliahan baik didalam maupun di luar kampus.

Salah satu ciri- ciri mahasiswa produktif ialah ia yang bisa mengatur waktunya dan bisa membedakan mana yang terpenting yang harus didahulukan dan dikerjakan, ia lebih giat dan tidak bermalas- malasan, selain itu menjadi mahasiswa produktif tidak hanya aktif di dalam kelas tetapi juga di luar kelas seperti contohnya mengikuti salah satu organisasi kampus seperti himpunan mahasiswa prodi, Badan Eksekutif mahasiswa dan lain sebagainnya.

Untuk apa memang organisasi itu? organisasi seperti itu sangatlah berguna, manfaatnya yaitu untuk membentuk karakter kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, kita akan mendapatkan banyak pengalaman sebagai bekal kita untuk terjun dimasyarakat yang akan mendatang, serta kita akan lebih berani untuk maju didepan umum dll.

Berikut ada tips untuk menjadi mahasiswa yang produktif

1. Membuat daftar to-do list adalah cara klasik yang tidak akan lekang oleh waktu. Dengan membuat daftar tugas yang harus dikerjakan lebih dulu untuk beberapa minggu atau hari mendatang, dan menetapkan rencana tentang cara mengerjakannya.

2. Mengerjakan atau mendahulukan segala sesuatu yang terpenting tidak menunda – nundanya

3. Tidak menyia-yiakan waktu, memanfaatkan waktu dengan sebaik- baiknya.

4. Menghindari semua gangguan baik itu dari teman dll, karena biasanya mahasiswa lebih asik nongkrong dan sampai lali terhadap tugasnya, ini merupakan salah satu bahanyanya.

5. Tidak lupa juga harus menjaga kesehatan dan mengatur pola makan dengan baik. kita juga membutuhkan banyak nutrisi untuk melakukan kegiatan oleh karena itu makan adalah menjadi hal yang wajib dan tidak boleh dilupakan.

6. Mencari pengetahuan lebih banyak lagi, pada dasarnya kita tidak boleh 100% berfantung kepada dosen karena kita mahasiswa kita harus mandiri selain mendapatkan penjelasan dari bapak/ibu dosen kita harus banyak belajar memahami materi dan mencari materi- materi dari sumber lain.

7. Kita harus memanajemen waktu dengan baik, jangan sia-siakan waktu karena waktu tidak bisa diputar kembali lagi kecuali di jam.

Itulah sedikit cuplikan tentang mahasiswa produktif. mahasiswa produktif disini sangat berbeda dengan mahasisiwa sibuk,mahasiswa produktif adalah ia melakukan sesuatu pasti bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain sedangkan mahasiswa sibuk ialah ia sibuk melakukan sesuatu tetapi belum tentu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image