Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image suci nisrina

Sastra Indonesia UNPAM Bentuk Jurnalis Kampus

Sekolah | Saturday, 25 Jun 2022, 12:48 WIB

Tanggerang,- Fakultas sastra, Prodi Sastra Indonesia menggelar “pelatihan jurnalis kampus kepada mahasiswa sastra Indonesia” yang akan digelar di Kampus 2 Unpam, Viktor lt.5. Mengulik fakta bahwa dibutuhkan jurnalis kampus (jurkam) yang mempunyai kemampuan dalam mencari data, mengumpulkan, menuliskan dan menyajikan berita dengan kaidah jurnalistik.,

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan ditempat dan waktu yang disesuaikan, akan dimulai tepatnya pada Juli 2022 yang berisi kegiatan penjelasan Teknik serta praktek menulis feature serta reportase. Untuk syarat kelulusa bagu mahasiswa yang sudah mampu menerbitkan karya tulisnya di mediamassa di anggap lulus dan aka mendapatkan sertifikat. Dan bagi mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan acara maka dinyatakan tidak lulus.

Persyaratan mengikuti kegiatan ini pun mudah saja, 1.) mahasiswa aktif prodi sastra Indonesia, 2.) mempunyai minat tinggi terhadap jurnalistik , 3.) mengisi form pendaftaran, 3.) bersedia mengikuti kegiatan sampai akhir.

doc.pri "Deni Darmawan sedang memberikan pengertian tentang kegiatan jurnalis kampus"

Deni Darmawan, pemateri jurnalis kampus. Menjelaskan dalam pernyataan dimana “. Era ini bukan saja ditandai dengan internet, tapi kecerdasan buatan dan meteverse. Peluang di era ini bisa kita manfaatkan untuk mempublikasikan kegiatan dengan menggunakan teknik menulis reportase atau feature. Namun, dalam realitasnya, kemampuan ini jarang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa. Alhasil, banyak kegiatan yang tidak mampu dipublikasikan ke media massa.”

Dengan apa yang dipaparkan penulis tersebut, penulis jelas menginginkan bahwa seharusnya mahasiswa khususnya mahasiswa prodi sastra Indonesia lebih memperhatikan keahlian jurnalistik seperti kemampua menulis feature, teks reportase, dan beberapa keterampilan lainnya yang akan sangat bermanfaat.

Dalam artian bermanfaat untuk mempublikasikan pada dunia tentang kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. Seperti seminar-seminar, workshop, pelatihan dan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) belum dituliskan dengan menggunakan teknis reportase yang sesuai kaidah jurnalistik. Dengan fakta tersebut maka dibutuhkan banyak jurnalis-jurnalis kampus.

Prodi sastra Indonesia diharapkan menjadi garda terdepan dalam hal media massa yang bisa menunjukan segudang kegiatan kampus Universitas Pamulang yang ada. Tentu nya dengan tulisan-tulisa yang menarik dan baik untuk mengundang banyak perhatian mata.

Maka dari itu benar-benar dibutuhkan para penulis-penulis handal yag dapat mendokumentasikan kegiatan-kegiatan bermanfaat kampus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image