Desain Mobil Listrik ' Arcana' UGM Juara 1 di Jakarta E-Prix 2022

Teknologi  
Mahasiswa UGM memperlihatkan hadiah sebagi juara pertama pada kompetisi desain mobil listrik. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Desain mobil listrik 'ARCANA' karya Tim Arjuna Electric Vehicle UGM menyabet juara pertama pada ajang Sustainable World Electric Vehicle Design Competition Jakarta E-Prix 2022. Desain ARCANA menyisihkan berbagai tim dari perguruan tinggi baik jenjang S1 maupun S2 mulai dari tahap pengumpulan proposal hingga tahap presentasi.

Ketua Komunitas Arjuna UGM, Thariq Faros menjelaskan kompetisi bergengsi itu dilaksanakan di Jakarta International Velodrome (JIV) Sabtu (4/6/2022). ARCANA didesain dengan bentuk mobil bertipe sport utiluty vehicle (SUV). Mobil dikembangkan dengan fitur autonomus level 3. "Fitur ini disesuaikan denhan kondisi infrastruktut di Indonesia sehingga mobil dapat mengambil alih fungsi mengemudi dalam kondisi tertentu," jelas Thariq.

BACA JUGA : Mahasiswa Magang dari FTI UII Sumbang Solusi pada Perusahaan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mobil ini, lanjut Thariq, dilengkapi dengan tiga mode kemudi (driving mode) yang meliputi eco mode, sport mode, dan normal mode. Perbedaan dari ketiga mode tersebut terletak pada limitasi penarikan arus baterai ke motor dan penggunaan fitur tersebut disesuaikan dengan driving mode yang digunakan pengemudi. "Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan kemanan yang tinggi yakni 71 safety systems," katanya.

Sementara Kepala Departemen Elektronis Arjuna UGM, Lenoard Fidelcristo Supittidak menyebutkan tim Arjuna tidak hanya sekedar merancang sebuah desain mobil saja. Tetapi tim juga menciptakan mobil dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara mobil. "Dalam pengembangannya juga mengembangkan komponen mobil secara mandiri," kata Lenoard.(*)

BACA JUGA : International Student Mobility untuk Ciptakan Agile Global Leader

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image