Pelatihan Teknis Instrumentasi di PPSDM Migas Tingkatkan Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Image
Rizka Yenidiniarti
Eduaksi | Thursday, 23 Jun 2022, 14:17 WIB
foto kegiatan

Pusat Pengembangan Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Teknis Instrumentasi Tingkat Dua pada Senin, 20 Juni 2022. Pelatihan tersebut diikuti oleh para pegawai dari Eni Indonesia Ltd. Kegiatan Pelatihan berlangsung selama 2 hari melalui platform zoom meeting.

Diketahui bahwa Eni Indonesia Ltd adalah anak perusahaan Eni dari Italia yang merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang melakukan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Dengan dilaksanakannya Pelatihan Teknis Instrumentasi oleh para pegawai, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi di bidang oil and gas.

Dalam Pelatihan Teknis Instrumentasi tersebut, peserta mendapatkan materi seputar karakteristik dan sifat gas alam, liquefied natural gas, planned maintenance, unplanned maintenance, transmitor, pemahaman komunikasi di tempat kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, pembagian tugas di lapangan, dan evaluasi pekerjaan.

Selain materi wajib seputar Instrumentasi, pada pelatihan atau refresh kali ini para peserta menurut Wardojo selaku pengajar dalam pelatihan tersebut menjelaskan tentang beberapa pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja.

“Baik petugas maupun pekerja harus tanggap terhadap kemungkinan kecelakaan yang akan muncul di tempat kerja. Kita perlu melakukan pemeriksaan secara berkala guna mencegah adanya hal yang tidak diinginkan, untuk mencari penyebab dari terjadinya kecelakaan, dan memberikan rekomendasi koreksi akibat dari kecelakaan yang terjadi,” ungkapnya.

Sebagai upaya untuk melindungi karyawan dari segala hal yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan merugikan kesehatan akibat kerja, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para karyawan, melakukan perawatan dan pemeriksaan lingkungan tempat kerja, serta penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia ialah untuk menurunkan stress yang akan dihadapi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image