Peran Media Relations dalam Menangani Krisis Managemen

Image
Dewi Ika wijayanti
Bisnis | Thursday, 23 Jun 2022, 12:08 WIB
Foto : Dokumen Pribadi

Media public relations adalah kegiatan komunikasi untuk menjalin hubungan baik dengan media massa agar dalam rangka pencapaian publikasi organisasi yang maksimal serta berimbang. Bagi seorang publik relations, media relations sangat penting karena tujuan utamanya yaitu untuk menaikan reputasi perusahaan. Melalui media, citra sebuah perusahaan akan terbangun. Hubungan media akan sangat berpengaruh, karena dapat menaikan kepercayaan publik kepada perusahaan sebab pesan yang disampaikan oleh media dapat diterima dengan baik oleh publik.

Dalam public relations, media relations sering kali digunakan untuk menangani sebuah krisis atau isu negatif tentang perusahaan. Hal ini dikarenakan pentingnya hubungan baik antara perusahaan dengan media sehingga dapat membantu perusahaan dalam menangani krisis. Misalnya, ada sebuah rumor yang beredar humas dapat memanfaatkan media relation untuk membantu menyelesaikan rumor tersebut. Untuk itu ada beberapa peran media relations dalam penanganan krisis perusahaan, diantaranya :

1. Media relations sebagai media publikasi

Media sebagai alat untuk mengomunikasikan pesan agar dapat tersampaikan dengan baik kepada publik. Adanya krisis yang terjadi, perusahaan akan membutuhkan media untuk publisitas. Misalnya, beredar sebuah rumor negatif, perusahaan akan membutuhkan media untuk menyebarkan informasi mengenai rumor negatif tersebut tidak benar, atau bisa disebut dengan melakukan klarifikasi. Maka dari itu, menjalin hubungan dengan banyak media sangat penting karena akan membantu informasi dari perusahaan dapat tersebar dengan luas.

2. Media relations sebagai pembentuk persepsi publik

Media sangat berpengaruh dalam persepsi publik. Banyaknya media yang melakukan pemberitaan terkait perusahaan, akan dapat menguntungkan korporasi dalam menangani krisis dan mengembalikan citra perusahaan. Banyaknya media yang memberitakan juga dapat memengaruhi persepsi publik, tergantung pada berita yang dibawakan.

3. Media relations sebagai analisis permasalahan

Hal pertama yang dilakukan dalam menghadapi krisis adalah dengan menganalisa permasalahan. Menganalisis pemberitaan di media akan menghasilkan banyak hal mulai dari akar permasalahan dan opini publik mengenai permasalahan tersebut.

Menjalin hubungan baik dengan media sangat dibutuhkan dalam public relations, karena ketika terdapat krisis manajemen media akan sangat membantu dalam menyelesaikan krisis tersebut dan dapat mengembalikan citra baik perusahaan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image