Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image hendra bob

PEMBAHASAN SUB BAB CHAPTER 10 BUKU THE ECONOMICS OF MONEY, BANKING, DAN FINANCIAL MARKETS, EDISI 10,

Edukasi | Thursday, 23 Jun 2022, 10:45 WIB

TUGAS INDIVIDU

NAMA: Hendra setiawan

NIM : 2061101050

dosen : Dr. Aries Mufti, SE, SH., MH. / Aji Erlangga, SE, Ak, CA, M.Si

Mata Kuliah : MANAJEMEN KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH

“Tugas Bersama (hal 239-240 Question Nomor 3 & 4)”

PROGRAM S2 KEUANGAN SYARIAH

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN JAKARTA 2022

SOAL :

3. The bank you own has the following balance sheet : if the bank suffers a deposit outflow of $50 million with a required reserve ratio on deposit of 10%, what action should you take?

(jika bank mengalami arus keluar deposito sebesar $50 juta dengan rasio cadangan yang diperlukan pada setoran sebesar 10%, tindakan apa yang harus Anda ambil?)

ASSET (HARTA)

LIABILITIES (KEWAJIBAN)

CADANGAN $75 JUTA

PINJAMAN $ 525 JUTA

DEPOSITO $500 JUTA

MODAL BANK $100 JUTA

JAWABAN :

a. Analisa berdasarkan neraca diatas, terjadi pengurangan kewajiban (Liabilitas), Ada Penarikan Deposito sebesar $50 juta. Sehingga pada Deposito menjadi $500 juta - $50 juta = $450 juta.

b. Pada sisi asset bank (rasio cadangan yang wajib pada bank) dari penarikan $50 juta berdampak pada pengurangan cadangan bank sebesar $75 juta - $50 juta = $25 juta.

c. Dilihat posisi dana cadangan yang kurang sesuai ketentuan bahwa dana cadangan harus sebesar 10% dari deposito yaitu $450 juta x 10% = $45 juta, Setelah terjadinya transaksi arus keluar yang mengakibatkan adanya pengurangan terhadap dana cadangan wajib yang ada pada bank, dan yang tersisa $25 juta , karena itu, disarankan bank harus mendapatkan dana tambahan yang bisa dilakukan dengan cara meminjam dana bank lainnya untuk memenuhi dana cadangan wajib bank.

4. If a deposit outflow of $50 million occurs, which balance sheet would a bank rather have initially, the balance sheet in question 3 or the following balance sheet? why?

(Jika arus keluar deposito sebesar $50 juta terjadi, neraca mana yang akan dipilih bank pada awalnya, neraca yang di soal Nomor 3 atau neraca berikut? Mengapa?)

ASSET (HARTA)

LIABILITIES (KEWAJIBAN)

CADANGAN $100 JUTA

PINJAMAN $ 500 JUTA

DEPOSITO $500 JUTA

MODAL BANK $100 JUTA

JAWABAN :

Defisit dana cadangan terlihat pada neraca kasus no. 3, sedangkan pada kasus ini (neraca no. 4) tidak terjadi adanya defisit dana cadangan. Kenapa? Karena dana cadangan tidak boleh kurang dari 10% dari deposito, jika cadangan asetnya $100 juta maka ketika terjadi pengurangan akibat adanya arus kas keluar dan yang berdampak pada pengurangan dana cadangan kas sebesar $50 juta maka jika menggunakan neraca nomor 4, bank masih memiliki cadangan aset sebesar $50 juta ($100 juta - $50 juta).

Jika cadangan aset bank yang tersisa masih sebesar $50 juta (total seharunya $45 Juta) maka masih terjadi surplus $5 juta atau di angka 11% dari asset bank. maka bank masih dalam kategori aman dan tidak perlu melakukan pinjaman kepada bank lain yang berdampak pada perubahan neraca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image