PELAKSANAAN MC DAN KEPROTOKOLAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI

Image
Bella Alizah
Eduaksi | Thursday, 23 Jun 2022, 06:32 WIB

Cara dalam berkomunikasi akan menunjukkan bagaimana suatu hubungan dapat terbentuk dan memberikan kontribusi. Adanya anggapan baha komunikasi bersifat umum karena setiap orangpasti mengetahui bagaimana cara berbicara dengan baik, tapi tidak semua orang dapat berbicara dengan lancar dan menarik di depan umum. Terampil berkomunikasi dan terlebih lagi mampu menguasai komunikasi formal, mengasah keterampilan berkomunikasi di depan publik dan mengetahui tata cara keprotokolan adalah hal yang sangat penting, dengan terampil berkomunikasi dapat menjadi kunci keberhasilan baik secara pribadi serta karir. Seni berbicara di depan umum merupakan jembatan utama dalam meniti karir, kehidupan bermasyarakat yang harmonis, dan bahkan sebagai sarana atau alat untuk menyelesaikan masalah.

Protokol berkaitan dengan segala aktivitas keprotokolannya yang dalam setiap penyelenggaraan acara perlu diketahui tentang tata ruang, tata upacara, tata tempat, tata busana dan tata warkat.Untuk menjadi seorang protol membutuhkan kemampuan keteramplan dalam berkomunikasi yang baik, dari segi teknik, serta memahami etiket dan tata cara dalam sebuah aktivitas acara. Sementara MC adalah bagian dari keprotokolan yang tugas utamanya memandu acara dari awal hingga akhir dan bekerjasama dengan protocol lainnya untuk kelancaran sebuah acara. Hal yang perlu diperhatikan bila bertugas menjadi MC diantaranya adalah teknik berkomunikasi ketika memandu acara seperti cara bersikap sebagai MC, teknik vokal, dan teknik MC. MC memiliki kedudukan yang utama karena MC merupakan sosok yang dapat menentukan sukses tidaknya suatu acara, maka MC tetap harus memiliki semangat rendah hati dan menghargai orang lain.

Menurut UU No 9 Tahun 2010, mendefinisikan ‘keprotokoleran’, sebuah kegiatan yang masih berkaitan dengan tata aturan dalam penyelenggaraan berbagai acara resmi, meliputi beberapa komponennya seperti tempat acara.

Konsep awal tentang public speaking adalah mengenai komunikasi, unsur penting dalam proses komunikasi adalah adanya komunikator, pesan, dan komunikan serta melibatkan saluran atau media komunikasi.

Monroe menjelaskan tentang motivated sequence, yaitu pesan haruslah disusun sesuai dengan proses berpikir manusia atau dapat dikatakan bagaimana seseorang mampu berbicara menyampaikan pesan atau gagasa yang diinginkannya agar dapat diketahuioleh audiens

Menurut kamus Merriam-Webster: Public Speaking adalah Seni komunikasi oral (lisan) yang efektif dengan audiens (the art of effective oral communication with an audience)

Petugas protokoler yang baik harus memahami bagaimana berkomunikasi dengan audiens, memastikan semua komponen pendukung acara berjalan dengan baik. Pelaksanaan MC dan keprotokolan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran akan peran pentingnya public speaking dalam komunikasi. Dengan terampil berkomunikasi dan terlebih lagi mampu menguasai komunikasi formal, dapat mengasah keterampilan berkomunikasi di depan publik dan mengetahui tata cara keprotokolan adalah hal yang sangat penting, dengan terampil berkomunikasi dapat menjadi kunci keberhasilan bagi seseorang baik secara pribadi serta karir.

Sumber:

Alamianti, D., Yudhakusuma, D., & Mukhlisiana, L. (2019). Pelaksanaan MC dan Keprotokolan dalam Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi. DIALEKTIKA, 6(1), 89-94.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Administrasi Publik

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image