Berkurban Hewan Saat Idul Adha dengan Berkah Reksa Dana

Image
Setyo Sudirman
Gaya Hidup | Wednesday, 22 Jun 2022, 11:56 WIB

Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tinggal menghitung hari. Meski sedikit terganggu dengan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang banyak hewan ternak, toh perayaan kurban ini tetap harus dirayakan. Untungnya jumlah hewan untuk kurban pada Idul Adha yang terjamin sehat pun sudah banyak tersedia, meski harus diakui harganya lebih mahal.

Dari penelusuran penjualan hewan kurban secara online ditemukan deretan harga hewan kurban, semisal untuk sapi berbobot +/-230 kg dijual dengan harga Rp18.997.000, bobot -/+280 kg dijual Rp22.997.000, bobot -/+330 kg dijual Rp 26.997.000 dan bobot -/+380 kg dihargai Rp30.997.000.

Ada juga domba gibas berbobot 20-24 kilogram (kg) seharga Rp2,3 juta, domba gibas berbobot 30-34 kg seharga Rp3,2 juta, domba gibas berbobot 35-39 kg Rp3,8 juta.

Lalu kambing yang berbobot 25-30 kg dijual dengan harga Rp2.840.500, bobot 40-45 kg dihargai Rp4.265.500 hingga bobot 60-80 kg dihargai Rp7.495.500.

Ada juga domba tanduk berbobot 20-24 kg dihargai Rp2,5 juta, bobot 25-29 kg seharga Rp3 juta, bobot 30-34 kg seharga Rp3,5 juta dan bobot 35-39 kg seharga Rp4 juta.

So, karena berkurban hewan kurban saat Idul Adha adalah sunnah Rasul yang sarat dengan hikmah dan keutamaan, tentu perlu disiapkan dengan bijaksana, terutama persiapan finansial yang wajib disiapkan jauh hari sebelum Idul Adha biar tidak membebani uang bulanan. Apalagi, uang untuk beli hewan kurban tidak sedikit.

Strategi cerdas diperlukan agar uang yang akan digunakan untuk membeli hewan kurban benar-benar tersedia. Apalagi, tidak semua dari kita bisa rutin berkurban setiap tahunnya. Tidak semua dari kita memiliki uang yang berkelimpahan dan tidak sedikit dari kita yang kondisi keuangannya pas-pasan.

Uang untuk hewan kurban perlu disiapkan jauh-jauh hari sebelum Idul Adha, semisal melalui reksa dana yang memberikan imbal hasil (return) di atas bunga tabungan konvensional dan deposito. Reksa dana yang dimaksud tentunya reksa dana syariah yang sesuai dengan nilai-nilai islami.

Berhubung jangka waktu untuk beli hewan kurban masih setahun dari sekarang, pasalnya tahun ini tidak bisa ditunaikan karena keterbatasan dana, tentunya reksa dana syariah yang berjangka pendek di bawah satu tahun, yakni reksa dana pasar uang lah, yang layak dijadikan sebagai sarana untuk menyiapkannya.

Menariknya, investasi reksa dana syariah ini sekarang sudah sangat mudah dilakukan dengan berbagai gadget di supermarket reksa dana online yang ada di Indonesia, semisal dengan IPTFund milik Indo Premier Sekuritas yang sudah terintegrasi dalam aplikasi IPOT. So, menyiapkan hewan kurban untuk Idul Adha dengan reksa dana syariah adalah strategi paling bijak dan pantas dilakukan karena sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam.

Ada kepuasan dan kebahagiaan batin tersendiri saat kita bisa ikut berkurban saat Idul Adha. Ibadah kurban ini mendekatkan diri kepada Allah dan dengannya seseorang diharapkan akan memaknai hidupnya untuk mencapai ridha Allah semata.

Berkurban saat Idul Adha memang bukan ajang untuk menyombongkan diri dalam harta dan kekayaan duniawi karena hal yang demikian tidak akan mendatangkan pahala, melainkan momen untuk semakin dekat dengan Allah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image