Persyaratan dan Prosedur Gadai BPKB Kendaraan di Pegadaian

Image
Venecia Calista Limiago
Bisnis | Tuesday, 21 Jun 2022, 20:52 WIB

 

Gadai BPKB kendaraan merupakan salah satu solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Banyak tempat pilihan instansi perbankan dan leasing yang menerima pinjaman tunai dengan jaminan BPKP.

Salah satu rekomendasi gadai BPKB kendaraan yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat adalah di Pegadaian. Pegadaian adalah lembaga resmi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga memilih menggadaikan BPKB di Pegadaian sudah terjamin keamanannya.

Persyaratan Gadai BPKB di Pegadaian

Sebelum memutuskan untuk melakukan proses menggadaikan BPKB kendaraan, Anda perlu menyiapkan berbagai persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan. Berikut beberapa persyaratan gadai BPKB kendaraan di pegadaian yang perlu Anda perhatikan.

· Usia pemohon yang mengajukan pinjaman minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun

· Memiliki pekerjaan atau usaha atau sedang bekerja minimal 1 tahun

· Kendaraan yang akan digadaian adalah kendaraan legal yang dibuktikan dengan BPKB, STNK, atau kwitansi atas nama pemohon

· Usia maksimal untuk sepeda motor adalah 15 tahun dan mobil 20 tahun (surat lengkap)

· Mempersiapkan dokumen pelengkap seperti KK, KTP, fotokopi BPKB dan STNK, surat keterangan usaha (jika ada), dan buku nikah (sudah menikah).

Prosedur Gadai BPKB di Pegadaian

Prosedur gadai BPKB di pegadaian tidaklah terlalu rumit. Namun ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar Anda bisa mendapatkan pinjaman. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Membawa Persyaratan

Langkah awal untuk melakukan pinjaman dengan gadai BPKB adalah mendatangi kantor pegadaian. Jangan lupa untuk membawa beberapa persyaratan yang telah dijelaskan diatas dan kendaraan yang akan digadaikan.

Kendaraan yang akan dijaminkan haruslah milik Anda pribadi. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Pastikan bahwa BPKB dan STNK kendaraan sesuai dengan nama nama pemohon yang ada di KTP.

2. Mengisi Formulir

Langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pengisian formulir peminjaman uang. Sertakan segala dokumen persyaratan yang Anda bawa agar petugas bisa melakukan pengecekan dokumen.

3. Menaksir Nilai Kendaraan

Proses gadai BPKB selanjutnya adalah petugas pegadaian akan menaksir nilai kendaraan yang dijaminkan. Hasil taksiran maksimal dari barang dijaminkan akan menjadi plafon pinjaman yang akan disampaikan kepada pihak pemohon pinjaman.

Jika pihak pemohon setuju dengan plafon tersebut, maka petugas akan melanjutkan proses pinjaman. Tapi jika plafon masih kurang sesuai dengan jumlah yang diinginkan, maka pengajuan bisa dibatalkan.

4. Membuat Surat Bukti Kredit

Untuk melanjutkan proses pinjaman dengan gadai BPKB, petugas akan membuat surat bukti kredit (SKB). Anda cukup menunggunya saja karena prosesnya tidak terlalu lama.

Setelah pembuatan SKB selesai, nama Anda akan dipanggil untuk mendapatkan penjelasan dari petugas pegadaian. Penjelasan tersebut seputar jatuh tempo, jumlah kredit yang harus dibayarkan, dan waktu pelelangan jaminan.

5. Membayar Biaya Administrasi

Setelah pemohon pinjaman telah memahami dan menandatangani SKB, maka pemohon akan diminta membayar biaya administrasi. Nilai besaran angka biaya administrasi adalah 10% dari plafon pinjaman.

Biaya administrasi tersebut bisa langsung dibayar ketika proses gadai BPKB itu telah selesai. Untuk meringankan biaya administrasi, Anda bisa membayar dengan cara memotong dari plafon pinjaman.

6. Membayar Angsuran Gadai BPKB

Setelah semua proses dilalui, maka Anda bisa membawa uang tunai hasil gadai BPKB kendaraan. Untuk BPKB dan STNK asli akan disimpan di pegadaian sebagai bukti gadai barang.

Pegadaian saat ini sudah memudahkan nasabahnya untuk melakukan pembayaran angsuran. Anda bisa melakukan pembayaran non tunai lewat mesin ATM, pembayaran di minimarket, internet banking, dan aplikasi Pegadaian.

Alasan Memilih Menggadaikan BPKB di Pegadaian

Anda perlu selektif untuk menentukan tempat mana yang akan dituju untuk menggadaikan BPKB kendaraan. Berikut beberapa kemudahan ketika Anda melakukan gadai BPKB kendaraan di Pegadaian.

1. Persyaratan Mudah dan Proses Cepat

Memilih pegadaian sebagai tempat gadai BKPB kendaraan adalah satu langkah yang tepat. Selain persyaratan yang cukup mudah, proses pencairan dana pinjaman bisa langsung di cairkan hari itu juga.

Waktu yang dibutuhkan dari proses pengajuan hingga dana pinjaman cair hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Sangat cocok bagi Anda yang sangat membutuhkan uang dalam kondisi yang snagat mendesak.

2. Plafon Tinggi dan Tenor Bisa Diperpanjang

Nilai plafon pinjaman yang diberikan oleh pihak Pegadaian terbilang cukup tinggi. Hal tersebut sangat menguntungkan nasabah karena Anda bisa mengajukan pinjaman mulai 1 juta hingga 100 juta rupiah.

Pihak pegadaian akan mempersiapkan tenor untuk Anda yang gadai BPKB kendaraan dengan jangka waktu selama 12, 18, 24, hingga 36 bulan. Anda memiliki kesempatan untuk memperpanjang waktu tenor tersebut jika masuk memerlukan dana.

3. Pinjaman Aman dan Terpercaya

Pegadaian adalah lembaga resmi yang merupakan anak bisnis dari Bank Rakyat Indonesia. Pengalaman pegadaian sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah bertahun-tahun berkecimpung di bidang jasa pinjaman uang ini.

Kantor pegadaian juga tidak sulit untuk ditemukan. Bahkan kantor cabangnya sudah tersebar hampir di setiap kota di seluruh Indonesia. Pegadaian sangat terpercaya dan terjamin keamanannya karena juga diawasi oleh OJK.

4. Pegadaian Memiliki Banyak Produk Pilihan

Pegadaian memiliki beberapa produk gadai BPKB kendaraan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya adalah kredit cepat aman (KCA), kreasi, rahn, dan arrum.

Setiap produk yang ada di pegadaian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.

Untuk keterangan lebih detailnya, Anda hanya perlu meminta petugas untuk menjelaskannya. Petugas akan menjelaskan dan merekomendasikan jenis produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Tidak Perlu Buka Rekening Bank Baru

Seseorang yang mengambil keputusan untuk gadai BPKB artinya sudah dalam kondisi terdesak keuangan. Pegadaian memiliki tagline andalan yaitu “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, sehingga untuk memberikan solusi kepada nasabahnya tidak akan semakin mempersulit.

Dalam pengurusan dana pinjaman, beberapa lembaga keuangan biasanya memberikan persyaratan untuk memiliki akun bank tertentu. Hal ini tentu akan membuat beberapa nasabah kesulitan untuk memenuhinya.

Jika Anda melakukan pinjaman dengan gadai BPKB di pegadaian maka tidak perlu ribet membuat rekening baru. Proses pengajuan pinjaman di Pegadaian sangat memudahkan nasabah untuk keluar dari masalah keuangan.

6. Masa Pelunasan Dapat Diperpanjang

Keuntungan jika Anda melakukan pinjaman di pegadaian adalah bisa mengajukan perpanjangan masa pelunasan. Jadi ketika waktu jatuh tempo telah tiba dan Anda belum bisa melunasi maka Anda bisa mengajukan perpanjangan.

Anda akan diberikan masa tenggang atau dispensasi waktu selama 2 minggu setelah jatuh tempo. Kabar gembiranya adalah Anda tidak akan dikenakan bunga keterlambatan.

Itulah penjelasan singkat seputar persyaratan dan prosedur melakukan pinjaman uang dengan gadai BPKB di Pegadaian. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman karena suatu kebutuhan yang mendesak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Muaradua Sosialisasikan Layanan Kunjungan dan Pembinaan dari Pihak Luar Kepada WBP

Image

LP Narkotika Samarinda Hapus Buta Huruf Pada WBP Dengan Belajar Membaca

Image

Jika Belum Mampu Berkurban Setiap Tahun, Berkurbanlah Setiap Minggu

Image

Mengenal Lebih Dekat Tentang Keutamaan Memakmurkan Masjid

Image

Menepis Kerinduan, KYM Menggelar Acara Seseruan

Image

PEMBINAAN JASMANI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEBUGARAN WBP

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image