Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image vina fitrotun nisa

Tips Memasak Untuk Ibu Pekerja

Eduaksi | Tuesday, 21 Jun 2022, 10:23 WIB
Sumber Foto: https://dinkes.sumselprov.go.id/2021/06/tips-memasak-di-rumah/

Sebenarnya saya tidak ingin membedakan mana ibu yang bekerja atau ibu rumah tangga. Menurut saya seorang ibu yang tinggal di rumah itu sama-sama pekerja juga. Namun bedanya mereka tidak dibayar untuk apa yang telah mereka kerjakan.

Nah, berbicara tentang rutinitas di rumah, sebagai seorang ibu saya yakin betul, semuanya pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Termasuk dalam menyajikan makanan. Baiklah, tak apa jika kita tidak terlalu sempurna dalam menyajikan makanan. Apa maksudnya? Kita tak perlu terlalu mematok diri seperti ahli gizi yang kerajinan mengukur berapa gram protein yang harus anak kita makan atau berapa banyak sayur dan buah yang harus ia makan dalam sehari.

Menurut saya seorang ibu cukup menyajikan makanan yang aman bagi anaknya. Aman dari alergi, aman dari potensi tersedak dan aman dari gangguan pencernaan. Selain itu, seorang ibu juga cukup memastikan makanan yang anak-anak makan bersih, tidak dilalatin. Oleh karenanya mom perlu memastikan makanan yang akan diberikan pada anak tersimpan di tempat yang tertutup. Mo dapat menyimpan makanan di dalam kotak, atau dalam kuali yang ada tutupnya.

Nah berbicara masak bagi para moms, kegiatan ini memang bukan kegiatan yang bisa disambi sambil ngemong anak. Berbahaya mom, anak bisa kena wajan panas atau kena kompor. Oleh karenanya ada beberapa tips buat moms yang ingin tetap memasak di jam kerja.

1. Pilih waktu yang tepat. Moms bisa pilih waktu di hari weekend atau di malam hari. jika jadwal moms sangat sibuk targetkan saja di dua waktu tersebut. pertimbangannya, pada saat weekend biasanya para suami atau anggota keluarga lainnya sedang libur juga. Waktu ini dapat moms gunakan untuk menitipkan anak sejenak kepada mereka. Pertimbangan kedua, moms dapat memasak di malam hari. Tapi, agar beban kerja moms tidak terlalu berat pastikan semua bahan yang akan dimasakn sudah ada semua di kulkas ya, supaya moms gak terlalu cape.

2. Tidak perlu dilakukan sendiri, Moms tidak harus memasak sendiri di rumah. jika di rumah ada asisten rumah tangga dan seandainya rasa masakan mereka kurang cocok dengan kita, kita bisa mengarahkan dan mengawasi mereka saja. Ingat, tujuan utama moms masak dirumah adalah memastikan kalau makanan tersebut aman dan sehat untuk anak-anak.

3. Jangan lupa stok makanan di kulkas. Sebagai seorang ibu, beban multitasking rasanya sudah menjadi hal yang biasa. Oleh karenanya, jangan sia-siakan waktu di akhir pekan. Luangkan waktu untuk membersihkan bumbu, sayur dan lauk pauk mentah untuk disimpan sebagai stok di dalam kulkas selama seminggu. Cara ini akan mempermudah pekerjaan moms di hari-hari berikutnya jika ingin memasak.

4. Pelajari tips menyimpan makanan. Jika moms hobi sekali masak. Akhir pekan dapat digunakan sebagai waktu yang menyenangkan untuk menyimpan stok makanan jadi. Namun ada catatan jika moms ingin menyimpan makanan matang didala kulkas. Moms harus mempelajari Teknik menyimpoan dan mengawetkannya di dalam kulkas agar kualitas makanan tetap terjaga dalam waktu tertentu. Beberapa makanan rumahan yang dapat menjadi rekomendasi untuk disimpan di dalam kulkas antara lain rendang dan ungkep ayam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image