Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kamariah bulan fitriah Kamariah

menejmen keuangan bank syariah

Agama | Monday, 20 Jun 2022, 14:08 WIB

Tugas individu pertama

MATAKULIAH : Manajemen Keuangan Bank Syariah

NAMADOSEN : Dr. Aries Mufti, SE, SH., MH

: Aji Erlangga, SE, Ak, CA, Msi

NAMA : Kamariah. L

NIM : 2061101064

PROGRAMSTUDI : KEUANGANSYARIAH

PROGRAM PASCA SARJANA

ITB AHMAD DAHLANJAKARTA

TAHUN 2022

1. Berapa nilai tukar IDR terhadap USD dan mata uang utama dunia pada saat ini?

Nilai Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Termasuk diantaranya. Sejumlah negara memiliki nilai tukar mata uang terendah dengan dolar AS ataupun euro. Mata uang merupakan satuan uang yang berlaku di satu negara dan disepakati pemerintah. Setiap negara memiliki mata uang dengan nilai tukar berbeda dibandingkan dengan mata uang negara lain. Tingi rendahnya nilai tukar dari mata uang masing-masing negara menjadi indikasi dari kondisi perekonomiannya. Perlu diketahui saat ini mata uang tertinggi di dunia adalah dinar Kuwait (KWD). Umumnya untuk mengetahui nilai konversi tersebut, setiap mata uang terendah di dunia atau sebaliknya akan dibandingkan dengan dolar AS serta pound sterling atau pounds. Nilai tukar rupiah masih bergerak dilapisan rendah dari 1,5 terakhir terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di tengah kenaikan suku bunga dan inflasi. Bank sentral AS Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga Fed Funds Rate (FFR) pada Maret lalu sebesar 25 basis poin menjadi 0,25-0,5%. Bulan ini The Fed lebih agresif lagi dengan menaikkan FFR sebesar 50 basis poin menjadi 0,75-1%. Kenaikan ini menjadi yang terbesar dalam 22 tahun terakhir. Presiden Komisioner HFX International Berjangka. Sutopo Widodo mengatakan, rupiah telah menyentuh level tertinggi di sesi Asia pada hari ini meskipun surplus perdagangan Indonesia melebar tajam ke level tertinggi sepanjang masa. "Surplus sebesar US$ 7,56 miliar dolar pada April 2022 dari US$ 2,29 miliar pada bulan yang sama tahun sebelumnya dan jauh di atas konsensus pasar sebesar US$ 3,25 miliar, di tengah melonjaknya harga komoditas,". Kenaikan ekspor didukung oleh produk non-migas sebesar 47,70% dan produk minyak dan gas sebanyak 48,92%. Sementara impor naik lebih rendah 21,97% menjadi US$ 19,76 miliar. Ini adalah kenaikan paling tipis sejak Februari 2021. Impor non migas naik 12,47% dan impor minyak dan gas melonjak 88,48%.

https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx" />
Sumber : https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx
https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx" />
Sumber : https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi-bi/Default.aspx

2. Apakah hubungan antara kebijakan moneter BI dengan nilai tukar?

Dalam melaksanakan kebijakan moneter, Bank Indonesia menganut kerangka kerja yang dinamakan Inflation Targeting Framework (ITF). ITF merupakan suatu kerangka kerja (framework) dengan kebijakan moneter yang diarahkan untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan ke depan dan diumumkan kepada publik sebagai perwujudan dari komitmen dan akuntabilitas bank sentral. Setelah sebelumnya menggunakan kerangka kebijakan moneter dengan uang primer (base money) sebagai sasaran kebijakan moneter. Salah satu pelajaran penting yang mengemuka adalah perlunya fleksibilitas yang cukup bagi bank sentral untuk merespons perkembangan ekonomi yang semakin kompleks dan peran sektor keuangan yang semakin kuat dalam memengaruhi stabilitas ekonomi makro.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image