Ga bersyukur, Apa penyebabnya?

Image
Mayones
Agama | Sunday, 19 Jun 2022, 18:52 WIB

Bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagian setiap manusia. Seperti yang telah dijelaskan dalam al-qur’an surah Ibrahim ayat 7 sebagai berikut :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Dalam ayat tersebut jelas menyebutkan bahwa Allah swt akan menambah nikmat bagi mereka yang mau bersyukur, begitupun sebaliknya. Namun saat ini menanamkan rasa syukur bukanlah hal yang mudah, meskipun kita telah memiliki segalanya, semua akan terasa kurang bila kita tidak mau bersyukur. Banyak hal yang menyebabkan kita tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. Sebagai berikut :

1. Berekspektasi terlalu tinggi. Mengharapkan sesuatu tidaklah salah jika hal itu tidak berlebihan. Sebab, ketika ekspektasi tidak terpenuhi sesuai harapan kelak akan menimbulkan kekecewaan. Ini menjadi salah satu penyebabkan kita sulit bersyukur.

2. Kurang bersabar. Sabar adalah salah satu kunci supaya kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah swt. Dan ketika rasa sabar itu tidak dapat kita kendalikan, berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali, maka hal ini akan membuat kita merasa gagal, tidak puas, dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya akan membuat kita sulit bersyukur.

3. Membandingkan diri dengan yang lain. Minder atau insecure bahkan sudah menjadi hal yang biasa dikalangan modern seperti saat ini, ditambah dengan adanya akses teknologi yang menampakkan dengan jelas keadaan dunia maya. Hal ini membuat diri akan selalu melihat apa yang dimiliki, diperoleh orang lain sehingga menurunkan rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan oleh Allah swt.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

It's okey

Berkhalwat Sudah Biasa

Ga bersyukur, Apa penyebabnya?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

Image

TOP 15 SE-INDONESIA INI SEDERET PRESTASI UMPO VERSI UNIRANK

Image

NOVEL LELAKI YANG TAK TERLIHAT KAYA

Image

Lapas Pagar Alam Ikuti Webinar Implikasi Pengesahan UU Pemasyarakatan

Image

Persiapan Upacara HUT RI dan HDKD ke-77, Rupbasan Palembang Bersih-Bersih Kantor

Image

Sebanyak 270 WBP Rutan Banda Aceh Diusulkan Remisi 17 Agustus 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image