Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thresia Antiq

Operation Research Dalam Pengambilan Keputusan.

Edukasi | Sunday, 19 Jun 2022, 17:07 WIB

Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu dihadapkan pada masalah, mulai dari masalah-masalah kecil bahkan masalah yang sangat kompleks. Permasalahan kompleks yang dapat dimodelkan dalam matematika akan lebih terstruktur, sehingga memudahkan dalam penyelesaian dan pengambilan keputusannya. Pengambilan keputusan yang logis dalam manajemen organisasi sebaiknya didukung oleh bukti ilmiah, yang mana perencanaan dan penyelesaiannya dapat ditempuh melalui penerapan riset operasi atau Operation Research (OR).

Riset operasi adalah metode yang digunakan untuk memformulasikan dan merumuskan sebuah permasalahan ke dalam suatu pemodelan matematis untuk mendapatkan solusi yang optimal. Pada riset operasi, masalah diuraikan menjadi komponen dasar. Kemudian, permasalahan diselesaikan dalam langkah-langkah ilmiah simulasi, optimisasi, serta probabilistik dengan melibatkan data statistik. Permodelan matematis disusun sesuai data yang ada. Model matematika merupakan usaha untuk menggambarkan suatu fenomena ke dalam bentuk rumus matematis sehingga mudah untuk dipelajari dan dilakukan perhitungan.

Riset operasi mengalami perkembangan dalam perjalanan sejarahnya. Sejalan dengan perkembangan dunia industri dan didukung dengan kemajuan dibidang komputer, riset operasi semakin diterapkan di berbagai bidang untuk menyelesaikan masalah yang cukup kompleks. Pada bidang akuntansi dan keuangan, OR digunakan dalam penentuan jumlah kelayakan kredit, alokasi modal investasi dari berbagai alternatif, dan peningkatan efektivitas akuntansi biaya. Pada bidang pemasaran, OR digunakan dalam penentuan kombinasi produk terbaik berdasarkan permintaan pasar, alokasi iklan diberbagai media, penugasan tenaga penjual ke wilayah pemasaran secara efektif, penempatan lokasi gudang untuk meminimumkan biaya distribusi, serta evaluasi kekuatan pasar dari strategi pemasaran pesaing. Dalam bidang produksi, OR dapat diaplikasikan dalam penentuan bahan baku yang paling ekonomis, meminimumkan inventory, dan peningkatan kualitas dalam proses manufaktur. Dalam manajemen kontruksi, OR digunakan dalam pengambilan keputusan perihal kebijakan pemeliharaan dan jumlah karyawan, pengaturan proyek, dan alokasi sumber daya.

Hasil-hasil yang diperoleh dari perhitungan riset operasi berupa nilai-nilai yang akan dipakai dalam kriteria pengambilan keputusan. Implementasi dari hasil ini digunakan dalam perumusan strategi, target, langkah kebijakan untuk disajikan kepada pengambil keputusan dalam bentuk alternatif-alternatif pilihan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image